NEWSLETTER

3 Pendekatan Geografi dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sawal Walker, 3 pendekatan geografi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari – Pelajaran geografi, memiliki cakupan yang sangat luas salah satunya mempelajari 3 pendekatan geografi. Pendekatan geografi bisa didefinisikan sebagai suatu langkah atau metode (analisa), untuk dapat memahami bermacam-macam gejala serta fenomena geosfer. Ada 3 pendekatan geografi yakni, pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Apakah Anda sudah paham tentang 3 pendekatan geografi?, Jika belum, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini, kami akan membahas tentang 3 pendekatan geografi, dan contohnya masing-masing. Langsung saja, mari simak penjelasan di bawah ini tentang 3 pendekatan geografi.

3 Pendekatan Geografi Beserta Contohnya

Gambar 3 Pendekatan Geografi

3 pendekatan geografi yang dilakukan dalam lingkup geografi terdapat 3 bagian, yakni Pendekatan Keruangan, Pendekatan Ekologi dan Pendekatan Kompleks Wilayah. 3 pendekatan geografi ini pertama kali dikemukakan oleh Peter Haggett adalah geografi Inggris terkemuka, Profesor Emeritus dan Senior Research Fellow Geografi Regional di Sekolah Ilmu Geografi, Universitas Bristol. Peter Haggett.

Pendekatan geografi secara umum dapat diartikan sebagai penentu atau ciri khas ilmu geografi yang membedakan dengan ilmu sosial dan ilmu alam lainnya. Maka dari itu yang dilakukan dalam pendekatan geografi tidak membeda-bedakan antara bagian elemen fisik serta non-fisik. Berikut 3 pendekatan geografi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

1. Pendekatan keruangan (pendekatan spasial)

Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial akan menekankan pada keruangan. Pendekatan ini mendasarkan pada perbedaan lokasi dari sifat-sifat pentingnya seperti perbedaan struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan terkait dengan elemen pembentuk ruang yang berupa kenampakan titik, garis, dan area. Sedangkan pola keruangan berkaitan dengan lokasi distribusi ketiga elemen tersebut. Distribusi atau agihan elemen geografi ini akan membentuk pola seperti memanjang, radial, dan sebagainya.

Selain itu, proses keruangan sendiri berkenaan dengan perubahan elemen pembentuk ruang. Ahli geografi berusaha mencari faktor-faktor yang menentukan pola penyebaran serta cara mengubah pola sehingga dicapai penyebaran yang lebih baik, efisien, dan wajar. Analisis suatu masalah menggunakan pendekatan ini dapat dilakukan dengan pertanyaan 5W 1H.

Baca Juga Sejarah Singkat Geografi

Salah satu contoh pendekatan keruangan, antara lain :

  1. Sebidang tanah harganya mahal karena tanahnya subur.
  2. Sebidang tanah harganya mahal karena letaknya di pinggir jalan.

2. Pendekatan Kelingkungan (Pendekatan Ekologi)

Pendekatan lingkungan didasarkan pada salah satu prinsip dalam disiplin ilmu biologi, yaitu interrelasi yang menonjol antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Di dalam analisis lingkungan, geografi menelaah gejala interaksi dan interrelasi antar komponen fiskal (alamiah) dengan nonfisik (sosial).

Pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku mencakup dua aspek, yaitu pengembangan gagasan dan kesadaran lingkungan. Interelasi keduanya inilah yang menjadi ciri khas pendekatan ini.

Baca Juga Objek Studi dan Aspek Geografi

Pendekatan ekologi melakukan analisis dengan melihat perubaah komponen biotik dan abiotik dalam kesimbangan ekosistem suatu wilayah. Contoh pendekatan ekologi, antara lain : suatu padang rumput yang ditinggalkan oleh kawanan hewan pemakan rumput akan menyebabkan terjadnya perubahan lahan dan kompetisi penghuninya.

3. Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah)

Pendekatan ini mendasarkan pada kombinasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi. Analisis ini menekankan pengertian ”areal differentiation” yaitu, adanya perbedaan karakteristik tiap-tiap wilayah. Perbedaan ini mendorong suatu wilayah dapat berinteraksi dengan wilayah lain. Perkembangan wilayah yang saling berinteraksi terjadi karena terdapat permintaan dan penawaran.

Contoh analisis kompleks wilayah diterapkan dalam perancangan kawasan permukiman. Langkah awal, dilakukan identifikasi wilayah potensial di luar Jawa yang memenuhi persyaratan minimum, seperti kesuburan tanah dan tingkat kemiringan lereng. Langkah kedua, identifikasi aksesibilitas wilayah. Dari hasil identifikasi ini dirumuskan rancangan untuk jangka panjang dan jangka pendek untuk pengembangan kawasan tersebut.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang 3 pendekatan geografi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari, dimana 3 Pendekatan geografi ini pertama kali dikemukakan oleh Peter Haggett adalah geografi Inggris terkemuka, Profesor Emeritus dan Senior Research Fellow Geografi Regional di Sekolah Ilmu Geografi, Universitas Bristol. Peter Haggett. Dalam 3 pendekatan geografi tidak membeda-bedakan antara bagian elemen fisik serta non-fisik. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

 

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *