NEWSLETTER

4 Macam Prinsip Geografi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sawal Walker, 4 Macam prinsip geografi dalam kehidupan sehari-hari –  Setiap bidang ilmu mempunyai konsep dan prinsip tersendiri, meskipun terkadang ada kesamaan prinsip antara beberapa bidang ilmu. Lalu, bagaimana dengan 4 macam prinsip geografi ? Apakah Anda sudah mengetahuinya ?, Jika Anda belum mengetahui 4 macam prinsip geografi, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang 4 macam prinsip geografi, dan contohnya. Nah, mari simak penjelasan 4 macam prinsip geografi, berikut ini.

4 Macam Prinsip Geografi dan Contohnya

4 Macam Prinsip Geografi

Prinsip dalam belajar geografi ini meliputi distribusi, interrelasi, deskripsi, dan korologi. Prinsip-prinsip ini menjadi dasar pada uraian, pengkajian dan pengungkapan gejala, faktor, variabel dan masalah Geografi. Berikut 4 macam prinsip geografi dan contoh prinsip geografi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

1. Prinsip Distribusi (Penyebaran)

4 Macam prinsip geografi yang pertama yang digunakan untuk menelaah dan mengkaji gejala dan fakta geografi adalah prinsip distribusi atau penyebaran. Geografi menganut prinsip ini karena adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di muka Bumi ini. Fenomena tersebut bisa berupa bentang alam, tumbuhan, hewan dan manusia.

Tugas geografi memberikan gambaran tentang penyebaran fenomena tersebut dan penyebab terjadinya. Dengan memperhatikan penyebaran suatu fenomena yang terjadi, pengungkapan persoalan yang berkenaan dengan fenomena tersebut dapat terarah degan baik. Tidak hanya itu, penggunaan prinsip penyebaran juga dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan yang lain secara menyeluruh.

Misalnya, penyebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya, penyebaran limbah cair dalam tanah, penyebaran polusi udara, dan sebagainya.

2. Prinsip Interrelasi Geografi

Prinsip konsep interrelasi ini menyatakan bahwa terdapat hubungan dari fenomena geografi yang satu dengan gejala-gejala geografi yang lain di muka bumi. Oleh karena itu setelah dilihat persebaran gejala pola geografi dari satu ruang atau wilayah tertentu maka memungkinkan pula dikaji hubungan dari fenomena satu bersama gejala lainnya.Selain itu da`pat pula diteliti keterkaitan antara gejala-gejala yng ada di permuka`an bumi. Misalnya hubungan dari antara gejala fisik dengan gejala fisik, antara gejal`a fisik dngn gejala sosial dan antara gejala sosial dengan gejala sosial. Dengan prinsip pada geografi interrelasi tadi, dapat diungkapkan karakteristik geografi dari suatu area.

Baca Juga Contoh Konsep Geografi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Misalnya, fenomena banjir yang terjadi akibat penebangan hutan di wilayah hulu atau kekeringan yang berkepanjangan sebagai dampak adanya La Nina.

3. Prinsip Deskripsi (Penggambaran)

Ketika pola penyebaran suatu fenomena dan keterkaitannya dalam suatu ruang, tugas geografi selanjutnya adalah mendeskripsikan hal-hal tersebut. Geografi menganut prisnip ini ditujukan untuk menggambarkan fenomena geosfer yang memerlukan deskripsi baik melalui tulisan, table, gambar atau grafik yang disajikan melalui fakta, gejala, dan masalah sebab-akibat secara kualitatif maupun kuantitatif. Misalnya, peta persebaran lempeng tektonik di dunia.

4. Prinsip Korologi

4 Macam prinsip geografi yang terakhir, yaitu prinsip korologi. Konsep dari korologi ini melihat permasalahan geografi dari sudut pandang persebaran, interelasi dan interaksinya dari suatu wilayah (region) dan ruang tertentu. Ruang ini menunjukkan karakteristik kesatuan gejala ciri geografi, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk. Misal kita melihat definisi geografi bumi, tidak hanya meliputi bagian luar dari kerak bumi tetapi mencakup pula lapisan dari atmosfer yang mengelilinginya, termasuk air yang ada di bumi, baik air yang ada di permukaan bumi maupun air dari tanah, serta makhluk hidup yang ada di dalamnya merupakan prinsip korologi.

Baca Juga Prinsip Dasar Geografi dan Contohnya

Contoh dari penerapan prinsip korologi, secara keseluruhan dapat dikemukakan bahwa dalam mengkaji gejala penelitian geografi dari suatu wilayah baik sempit maupun luas harus ditunjukkan mengenai persebaran dari gejala, interrelasi antargejala, deskripsi masing-masing gejala dan hubungan keruangannya untuk menerapkan prinsip ini.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang 4 Macam prinsip geografi dalam kehidupan sehari-hari, dimana kesimpulan prinsip geografi meliputi distribusi, interrelasi, deskripsi, dan korologi. Prinsip-prinsip ini menjadi dasar pada uraian, pengkajian dan pengungkapan gejala, faktor, variabel dan masalah Geografi. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *