NEWSLETTER

5 Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum

Sawal Walker, Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum – Tahukah Anda apa Akibat yang ditimbulkan gempa bumi ?, Jika Anda belum mengetahuinya Anda tepat sekali mengunjungi  artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang Akibat yang ditimbulkan gempa bumi, terhadap kehidupan manusia. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Akibat yang ditimbulkan gempa bumi secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

5 Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum

Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Dan Bahayanya

Bumi terdiri dari sejumlah lempeng daratan yang saling sambung-menyambung. Terkadang terjadi gerakan atau pergeseran lempeng yang menimbulkan guncangan pada tanah di dekat sambungan lempeng. Saat itulah kita merasakan dampak terjadinya gempa bumi.

Di beberapa tempat, lempeng samudra dan lempeng daratan berdampingan. Dasar samudra terus mendesak di bawah lempeng daratan. Lempeng samudra menyeret lempeng daratan ke bawah. Gesekan ini mengakibatkan terjadinya gempa bumi kecil. Tapi jika tarikan itu cukup jauh, lempeng daratan dapat secara tiba-tiba menyentak kembali ke posisi semula dan menimbulkan gempa bumi besar.

Sebelumnya Sawal Walker sudah menjelaskan tentang 5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan. Akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini ada yang bersifat menguntungkan manusia tetapi ada juga yang merugikan manusia. Tetapi kebanyakan bersifat merugikan manusia. Berikut Akibat yang ditimbulkan gempa bumi, yakni :

1. Terangkatnya Mineral Ke Permukaan Bumi

Gempa bumi dapat mengakibatkan terangkatnya mineral – mineral yang ada di dalam lapisan bumi. Hal ini dikarenakan oleh proses tektonik yaitu pergerakan lempeng bumi atau pergerakan sesar. Sesar dapat menyebabkan lapisan bumi terangkat ke permukaan. Sesar ini disebut dengan sesar naik. Tetapi tidak semua proses gempa yang disebabkan oleh sesar atau jenis – jenis patahan ini dapat mengangkat mineral – mineral yang ada di dalam bumi. Hanya lapisan yang mengandung mineral dan juga memang terdapat sesar aktif yang memotong lapisan mineral tersebut.

2. Kerusakan Lingkungan

Getaran yang dihasilkan gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan fungsi lingkungan hidup bagi manusia dan ruang publik untuk kehidupan seperti rusaknya struktur jenis – jenis tanah, erosi tanah terkikisnya lapisan tanah, pencemaran tanah rusaknya fungsi ekosistem terumbu karang jika pusat gempa ada di laut, banyak tanaman yang rusak dan roboh, dan lain sebagainya.

3. Terjadinya Tsunami

Gempa bumi yang menjadi penyebab tsunami ini berjenis gempa tektonik yang terjadi karena adanya pergerakan lempeng akibat dari adanya arus konveksi yang terjadi di dalam bumi dan pusat titik gempanya berada di dasar lautan. Gelombang tsunami yang terjadi dapat merusak dan menenggelamkan apa saja yang ada di pesisir pantai sekitar sumber gempa sampai beberapa kilometer ke daratan tergantung dari besar kecilnya kekuatan gempa dan dekat tidaknya pusat titik sumber gempa dari permukaan. Jika gelombang tsunami ini sering terjadi pada suatu daerah maka tidak menutup kemungkinan daerah tersebut akan terkena dampak abrasi dan erosi pantai.

4. Tanah Mengalami Kerusakan Akibat dari Tanah yang Bergetar

5 Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum

Rusaknya permukaa tanah, juga dapat merusak perkebunan maupun persawahan milik manusia. Selain itu, gempa bumi mampu mematahkan permukaan bumi, bahkan memutuskan sebuah jalan.

5. Banyaknya korban Jiwa

 

5 Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum

Ketika gempa terjadi, banyak korban jiwa berjatuhan karena tertimpa reruntuhan bangunan, terbawa arus gelombang tsunami, atau terkena wabah penyakit.

Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Berdasarkan Kekuatannya

Dibawah ini adalah penjelasan akibat yang ditimbulkan gempa berdasarkan kekuatan gempa dengan skala intensitas Mercalli :

  1. Kekuatan 0,5. Getaran gempa tidak terasa dan hanya dapat diketahui dengan alat deteksi gempa
  2. Kekuatan 1. Sebagian orang merasakan adanya gempa dan sebagian lain tidak menyadarinya
  3. Kekuatan 2. Lampu gantung bergoyang
  4. Kekuatan 3. Lampu gantung bergoyang kencang, getarannya terasa seperti ada kereta berat yang melintas
  5. Kekuatan 5. Vas bunga terjatuh dari atas meja
  6. Kekuatan 7. Dinding pagar yang tak kuat pecah, orang tak mampu berjalan bahkan untuk berdiri
  7. Kekuatan 10. Terjadi tanah longsor, jembatan dan tangga rusak, rel kereta api bengkok
  8. Kekuatan 11. Rumah dan bangunan runtuh, bendungan dan tanggul hancur, kemungkinan disusul dengan tsunami
  9. Kekuatan 12. Semua bangunan hancur lebur. Batu-batu terlempar ke udara. Tanah bergerak seperti gelombang. Kemungkinan disusul longsor besar, kebakaran, banjir, tsunami di daerah pantai, dan aktivitas gunung berapi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi Bagi Kehidupan Manusia Secara Umum, dimana bumi terdiri dari sejumlah lempeng daratan yang saling sambung-menyambung. Terkadang terjadi gerakan atau pergeseran lempeng yang menimbulkan guncangan pada tanah di dekat sambungan lempeng. Saat itulah kita merasakan dampak terjadinya gempa bumi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *