Mengenal Tentang Apa Itu Karya Ilmiah dan Fungsinya

Bagi seorang mahasiswa atau pelajar, tentu istilah karya ilmiah sudah tidak asing lagi. Karya ilmiah merupakan laporan tertulis yang berisi tentang paparan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Ada banyak sekali jenis-jenis karya ilmiah, seperti laporan penelitian, makalah, seminar atau simposium, dan artikel jurna. Lalu apa sih sebenarnya fungsi karya ilmiah?

apa itu dan fungsi karya ilmiah

Karya ilmiah yang identik dengan kegiatan pembelajaran ini tidak boleh dibuat secara sembarangan lho! Ada teknik khusus untuk membuat karya ilmiah agar memenuhi standar yang berlaku sehingga hasil yang ditulis bisa dipertanggungjawabkan keasliannya dan kelogisannya. Selain memiliki teknik khusus, dalam pembuatan karya ilmiah juga harus memperhatikan susunan yang benar, bahasa yang digunakan, dan hal lain yang tidak kalah pentingnya. Bisa bisa karya yang dibuat bisa dikatakan plagiat jika tidak mengetahui ciri ciri plagiat karya ilmiah. Inilah mengapa kebanyakan dari mahasiswa atau pelajar terkadang merasa kesulitan jika sudah diberikan tugas untuk membuat karya ilmiah. Hal ini disebabkan karena karya ilmiah berbeda dengan karya tulis lainnya.

Sebelum mengetahui tentang fungsi karya ilmiah, berikut ini tujuan dari pembuatan karya ilmiah yaitu untuk memecahkan suatu masalah tertentu, mencapai tujuan khusus, menambah pengetahuan, ilmu, dan konsep pengetahuan tentang satu pokok masalah, membina kemampuan meulis ilmiah bagi penulis, dan yang terakhir adalah untuk membina kemampuan berfikir ilmiah bagi penulis. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika penulisan karya ilmuiah harus bisa dipertanggungjawabkan keasliannya dan kelogisannya.

Baca juga 7 Situs Perpustakaan Online Gratis Yang Bisa Jadi Referensi

Fungsi Karya Ilmiah

Karya ilmiah disusun menggunakan metode dengan sistematika penulisan yang tepat, lugas, mudah dimengerti, logis, serta menggunakan bahasa yang formal sehingga dapat dipertanggungjawabkan keasliannya dan kelogisannya. Saat seorang peneliti menulis sebuah hasil peneletiannya, maka ia telah berhasil menulis sebuah karya ilmiah yang bisa digunakan sebagai bahan kajian atau referensi untuk pembaca lainnya. Ini merupakan fungsi karya ilmiah yang utama, adapun fungsi lainnya adalah sebagai berikut :

1. Berfungsi Sebagai Sebuah Penjelasan

Karya ilmiah bisa menjelaskan suatu hal yang sebelumnya masih belum diketahui atau tidak pasti. Namun, ketika telah diteliti dan dijadikan sebagai sebuah karya ilmiah maka hal yang sebelumnya belum diketahui atau tidak pasti tersebut akan menjadi lebih jelas dan bisa menjadi suatu ilmu pengetahuan.

2. Berfungsi Sebagai Ramalan

Penulisan karya ilmiah bisa membantu adanya kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari karena sudah dilakukan penelitian terlebih dahulu. Hipotesis yang ada akan menentukan benar atau tidaknya kejadian yang akan terjadi dimasa mendatang.

3. Berfungsi Sebagai Kontrol

Maksud dari kontrol disini adalah karya ilmiah bisa digunakan untuk mengontrol, mengawasi, atau mengoreksi benar atau tidaknya suatu permasalahan karena sebelum membuat suatu karya tulis, peneliti atau penulis harus mengkaji dan membandingkan masalah yang menjadi objek penelitian.

4. Berfungsi Mengembangkan Keterampilan Membaca Yang Efektif

Penulis akan mampu mengembangkan keterampilan membaca yang efektif karena sebelum melakukan penulisan karya ilmiah, peneliti akan membaca beberapa kajian yang ada hubungannya dengan objek yang akan dibahas.

5. Berfungsi Menggabungkan Hasil Bacaan Dari Berbagai Sumber

Penulis akan mampu menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya, dan mengembangkannya ke tingkat pemikiran yang lebih matang.

6. Berfungsi Untuk Memperluas Cakrawala Ilmu Pengetahuan

Penulis akan bisa memperluas cakrawala ilmu pengetahuian masyarakat yang membaca karya yang dihasilkan oleh penulis tersebut.

Baca Juga : Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin

Nah, itu dia beberapa fungsi karya ilmiah yang sangat penting. Ada beberapa fungsi lainnya yang bisa didapat dari karya ilmiah seperti meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis, memperoleh kepuasan intelektual, dan manfaat lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Karya ilmiah ternyata bukan hanya tugas yang memberatkan, namun juga memiliki fungsi atau manfaat yang luar biasa ya! Jadi kerahkan seluruh kemampuanmu untuk bisa menghasilkan karya ilmiah yang hebat.

Leave a Comment