NEWSLETTER

Apa Tujuan Dilakukan Pembelahan Meiosis

Sawal Walker, Apa Tujuan Dilakukan Pembelahan Meiosis – Tahukah anda apa tujuan dilakukan pembelahan Meiosis?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tujuan dilakukan pembelahan meiosis. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai apa tujuan dilakukan pembelahan Meiosis secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Pada pertumbuhan dan perkembang makhluk hidup terdapat sebuah proses pembelahan salah satu tahapan atau jenis pembelahan sel ini adalah Meiosis. Meiosis merupakan tahapan yang berupa cara sel untuk melakukan pembelahan. Ciri dari pembelah ini adalah sebagai berikut.

1. Tempat terjadinya proses ini adalah di alat reporduksi atau kelamin
Proses – prose pada tahapan ini dilakuan di alat kelamin hal ini justru akan bermanfaat guna untuk membentuk pembelahan sel yang sempurna.

2. Jika dihitung jumlah dari sel anaknya sejumlah 4
Ciri khas dari pembelahan sel pada tipe ini adalah jumlah dari sel; anaknya adalah 4 buah.

3. Komosrom induk merupakan 2 X kromosom anak
Kromosom yang ada di anak berjumlah 4.

4. Adanya 2 kali pembelahan.

Gambar pembelahan Meiosis

Meiosis umumnya hanya terjadi pada fase seksual atau reproduksi , dan pada jaringan yang dinamakan nuftah. Pada saat proses ini dilakukan makan akan adanya perpasangan dari kromosom homolog adanya juga yang mengakibatkan kurangnya jumlah kromosom induk pada sel anak. Pada tahap ini terjadi dua kali pembelahan pada meiosis 1 dan 2.

Baca juga Pembelahan Sel Pada Tumbuhan

Pada bagian meiosis pertama akan dibungkus dalam sebuah kromosom. Di akhir profase I akan terbentuk kromosom jenis homolog yang akan membentuk menjadi sebuah pasangan tetrad. Bagian dari profase I dibagi kedalam beberapa jenis yang pertama adalah Laptronema terajdi akibat dari benang kromoatin semakin memendek dan melakukan penebalan. Akan juga menyerat zat warna yang akan membentuk sebuah kromosom yang mengalami proses yang dinamakan kondensasi. Yang kedua merupakan fase zigonema pada bagian ini sentromer akan melakukan pembelahan menjadi dua bagian dan melakukan pergerajkan menuju arah kutub yang berbeda atau berlawanan satu sama lain. Pada bagian ini kromosom homolog akan saling berpasangan.

Setelah proses ini akan terjadi juga sebuah proses yang dinamakan pakinema yakni proses duplikasi sebuah kromosom. Setalah di duplikasi tadi akan melanjutkan proses diplonema yang dimana saat kormosom yang berjenis homolog akan saling menjauh satu sama lain.

Namun, terjadi pelekatan berbentuk yang ada adalah pada bagian ini tedapat klasma. Yang terakhir adalah diakeneis yakni sebuah proses terbentuknya sel yang ada menjadi sebuah benang – benang yang akan berlawanan arah dengan spindel. Setelah melewatti profase I maka tahapan selanjutnya adalah metaphase II pada bagian ini pasangan bagian sel yang berjenis homolog bederet pada daerah ekuator. Pengeluaran benang spinderl dan proses menuju kutub dilakukan benang sentromer.

Selanjutnya adalah Anafase I pada bagian kromosom yang berjenis homolog melakukan pergerakan berpisah menuju bagian kutub yang memiliki arah berlawanan. Benang spindel dan semua isi sel menajang di sepanjang arah menuju kutub. Sebagai referensi proses meliosis pada tumbuhan terjadi pada bagian tanaman yakni anthers dan ovaries yang akan menghasilkan sebuah melospor kemudian menjadi sel gamet juga.

Yang selanjutnya adalah transaksi yang dilakukan dan merupakan tujuan dari pembelahan ini adalah sebagai berikut.

  1. Membentuk sebuah sel untuk kelamin
    Pada pembelahan tipe ini akan menghasilkan sebuah sel untuk kelamin pada sel – sel yang ada guna melakukan reproduksi
  2. Mereduksi untuk mengurangi kormosom
  3. Membentuk hasil zygot dari pertemuan sel kelamin yang selalu sama dengan individu sebelumnya

Itulah beberapa tujuan dari pembelahan sel yang dilakukan pada jenis meiosis. Pada dasarnya jika kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai pembelahan sel pada tumbuhan maupun hewan kita dapat mempelajari berbagai buku mengenai biologi. Jika Anda ingin benar- benar serius akan menghasilkan hasil yang baik pula. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai referensi mempelajari materi biologi yang terkadang membosankan atau terkesan tidak menarik sama sekali.

1. Simulasikan pelajaran yang ada

Jika kita hanya melihat kumpulan teks yang ada tanpa melihat asli dari apa yang kita pelajari kita akan berada pad fase bosan yang luar biasa. Untuk menghindari itu coba simulasikan berbagai pelajaran biologi yang memungkinkan untuk di simulasi.

2. Pelajari hal – hal yang ada dengan gambar

Gambar akan membuat mata kita lebih fokus serta mempermudah menguatkan ingatan kita akan materi oleh karena itu gunakan segala materi biologi dengan gambar – gambar yang relevan dengan materi yang ada

3. Jangan lupa untuk melakukan segala sesuatu dengan ikhlas

Jika Anda melakukan segala sesuatu dengan ikhlas maka akan dengan mudah mendapatkan manfaat dari apa yang Anda pelajari. Cukup ikhlas saja dan jangan terburu – buru.

4. Selalu berusaha menyukai pelajaran biologi

Suka biasanya terjadi karena biasa.

5. Tetapkan tujuan untuk apa Anda belajar materi ini

Misal dikemudian hari dengan mempelajari materi biologi Anda ingin menjadi seorang yang ahli dalam hal mikroba dan seterusnya.

6. Jangan lekas menyerah dan selalu katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa

Jika Anda mengirim sugesti ke diri Anda maka itulah yang akan terjadi pada diri Anda. yakinlah bahwa keyakinan yang Anda buat bisa mengubah segalanya yang ada dalam hidup Anda.

Baca juga Fungsi Pembelahan Sel Secara (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang apa tujuan dilakukan pembelahan Meiosis. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *