NEWSLETTER

Mengenal Bahaya Gempa Bumi Bagi Manusia

Sawal Walker, Mengenal Bahaya Gempa Bumi Bagi Manusia – Bagi Anda yang belum tahu bahaya gempa bumi, Anda harus mengetahui apa bahaya gempa bumi. Maka itu, tepat sekali telah mengunjungi artikel ini. Karena kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bahaya gempa bumi, bagi manusia. Gempa kerap memicu kepanikan pada masyarakat, karena takut dengan bahaya gempa bumi. Untuk lebih jelasnya, marilah simak penjelasan tentang bahaya gempa bumi yang ada dibawah berikut ini.

Gambar Bahaya Gempa Bumi dan Upaya Penanggulangannya

Bahaya Gempa Bumi Bagi Manusia

Pulau Jawa merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang rentan terhadap resiko gempa bumi, dengan jumlah penduduk yang padat bila dilihat dari sudut mitigasi bencana, dan salah satu kawasan penentu meningkatnya indeks kerentanan gempa bumi. Tidak heran bila bencana sering terjadi di pulau Jawa, selain itu banyak juga orang yang tinggal di daerah rawan bencana. Setiap masyarakat harus waspadah terhadap musibah gempa bumi, dan pastikan bahwa struktur rumah dan daerah tempat tinggal Anda terhidar dari bahaya gempa bumi.

Baca juga Penyebab Gempa Bumi

Indonesia dikenal dengan daerah rawan bahaya gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia,dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat. Jalur pertemuan lempeng berada di laut sehingga apabila terjadi gempabumi besar dengan kedalaman dangkal, maka akan berpotensi menimbulkan tsunami sehingga Indonesia juga rawan tsunami.

Beberapa sesar (patahan) aktif yang terkenal di Indonesia adalah sesar Sumatra, sesar Cimandiri di Jawa Barat, sesar Palu – Koro di Sulawesi, sesar naik Flores, sesar naik Wetar, dan sesar geser Sorong. Keaktifan setiap sesar, ditandai dengan terjadinya gempa bumi. Gempa dangkal (kedalaman 0 – 50 km) yang terjadi pada periode 1900 – 1995 dengan 5,5 skala Richter atau lebih membuktikan bahwa, beberapa lokasi merupakan daerah aktif gempa di Indonesia.

Pada tahun 2017, Pulau Jawa paling banyak mengalami musibah bencana alam dibanding pulau lainnya di Indonesia. Wilayah Jawa tersebut meliputi Jawa Tengah dengan angka kejadian bencana sebanyak 600 kali, disusul Jawa Timur sebanyak 419 kali, dan Jawa Barat sebanyak 316 kali kejadian bencana.

Baca juga Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi

Bahaya gempa bumi ini ada yang bersifat menguntungkan bagi manusia, tetapi ada juga yang merugikan manusia. Namun kebanyakan bersifat merugikan manusia, karena banyaknya yang kehilangan keluarga dan tempat tinggal. Dibawah ini petemaan wilayah rawan gempa bumi di Indonesia, yakni :

Gambar Mengenal Bahaya Gempa Bumi Bagi Manusia

  1. Wilayah sangat aktif, memiliki magnitudo lebih dari 8 skala richter.Wilayah ini meliputi daerah Halmahera, Kepulauan Maluku, danPanatai Utara Papua.
  2. Wilayah aktif, memiliki magnitudo 8-7 skala richter. Wilayah inimencakup daerah lepas Pantai Sumatera, pantai selatan Jawa, NusaTenggara dan Pulau Banda di Kepulauan Maluku.
  3. Wilayah lipatan dan retakan, memiliki magnitudo kurang dari 7 skalarichter. Wilayah ini meliputi pantai barat Sumatera, Kepulauan Suna,Sulawesi Tengah.
  4. Wilayah lipatan dengan/tanpa retakan, memiliki magnitudo kurangdari 7 skala richter. Wilayah ini meliputi Sumatera, Jawa bagian utara,dan Kalimantan bagian timur
  5. Wilayah gempa kecil, memiliki magnitudo kurang dari 5 skala richterdan jarang terjadi gempa bumi. Wilayah ini meliputi pantai timurSumatera dan Kalimantan Tengah
  6. Wilayah stabil, yaitu wilayah yang tidak pernah mengalami gempa(tidak ada catatan wilayah gempa). Wilayah ini meliputi pantai selatanPapua dan Kalimantan bagian barat.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Mengenal Bahaya Gempa Bumi Bagi Manusia, dimana Indonesia merupakan daerah rawan dengan bahaya gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi  di artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *