NEWSLETTER

10 Bentuk Penipuan Online Yang Sering Terjadi

Sawal Walker, Bentuk penipuan online – salah satu kasus yang paling marak di internet adalah penipuan online, pada dasarnya ketika kita ingin bertransaksi pastinya akan ditakutkan masalah seperti ini, padahal dunia internet sangat luas sekali, dengan itu tak jarang juga kasus seperti ini sering terjadi entah itu karena hawa nafsu atau hal lainnya.

Bentuk penipuan online

Biasanya kasus penipuan online sering terjadi pada aktivitas jual beli internet, dengan itu banyak pelaku tersebut sangat cerdas sekali untuk membohongi korbannya supaya mudah terjebak dalam perangkapnya tersebut. Memang maksud dari penipuan tersebut yakni ada banyak sekali, salah satunya adalah seperti ingin mendapatkan uang dengan cara yang sangat instans sekali, maka dari itu tak heran juga pelaku sering menggunakan berbagai macam cara agar tidak diketahui identitas asli mereka.

Tahukah anda bahwa ada banyak sekali faktor penyebab penipuan online yang kurang diketahui oleh anda sendiri, terkadang juga kasus tersebut hanya untuk memberikan keuntungan saja bagi si penipu, maka dari itu anda perlu menghindari atau waspada terhadap pemborongan tersebut supaya uang yang anda keluarkan tidak menjadi hak milik si penipu, nah jika anda penasaran apa saja bentuk penipuan online yang sering terjadi, tentunya jawaban yang sangat tepatnya yaitu ada di penjelasan artikel bawah ini, silakan simak baik-baik agar lebih mudah memahami nantinya.

Contoh Penipuan Online Yang Sering Terjadi

Berikut kami sudah rangkum beberapa bentuk penipuan online yang sering terjadi, yaitu sebagai beriku:

1. Undian Berhadiah

Pernahkah anda menerima pesan di handphone yang berisikan undian berhadiah, pastinya sudah tidak asing lagi dengan hal ini karena biasanya pengguna handphone telkomsel sering mendapatkan isi pesan undian berhadiah yang merupakan uang ratusan juta, nah dalam perintah sms tersebut pastinya anda harus melakukan suatu transfer terlebih dahulu sebelum mengambil uang atau mobil yang di undikan, padahal secara logika jika anda adalah pemenangnya tidak perlu melakukan transfer.

Kasus penipuan di internet seperti ini sudah sekali terjadi bagi orang yang terlalu awam untuk menggunakan handphone, memang pelaku tersebut sangat pandai sekali untuk membujuk korban sehingga melakukan transfer kepada rekening si penipu, biasanya nilai nominal yang di transfer bisa sekitar 1 – 2 juta rupiah.

Untuk tips sederhana dalam mencegah kasus penipuan tersebut adalah dengan memperhatikannya terlebih dahulu, bila diperintahkan untuk transfer terlebih dahulu pastinya bisa dianggap undian tersebut adalah penipuan, alangkah baiknya jangan mudah percaya terhadap harian yang diberikan kepada anda secara gratis tanpa diketahui sumber penyebabnya.

2. Bisnis Palsu

bentuk penipuan online

Bisnis ini biasanya sering ditemukan pada jenis usaha MLM, memang dapat dipastikan bisnis palsu tersebut adalah mengandung unsur yang sangat instans, bagaimana tidak bahwa apapun bisnis yang mempunyai kategori instans adalah termasuk penipuan, karena pada dasarnya untuk mendapatkan uang di internet perlu memerlukan banyak cara, dan tidak termasuk menggunakan cara yang sangat instans, untuk contoh sederhananya adalah anda harus melakukan investasi terlebih dahulu, setelah itu korban ditipu akan mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat banyak sesudah melakukan deposit.

Hal tersebut dapat dipastikan adalah kasus penipuan jaman sekarang 2018 yang paling marak sekali. Dalam cara mengatasinya tergolong mudah sekali, alangkah baiknya sebelum bergabung anda harus bisa melakukan analisis terlebih dahulu terhadap bisnis yang ditawarkan tersebut, apakah sudah mempunyai member lainnya atau badan hukum, jika termasuk abal-abalan maka dapat dipastikan sudah termasuk penipuan.

3. Phising

bentuk penipuan online

Apakah anda sebelumnya pernah mendengar arti dari phising, bila sebelumnya anda tidak tahu apa itu phising, maka untuk pengertian phising adalah upaya untuk menjebak akun seseorang, misalnya adalah anda harus login menggunakan akun bri, sedangkan website yang disajikan adalah bukan asli bri, jika berhasil login tentunya data penting akun tersebut akan tersimpan secara otomatis oleh si penipu. Jadi jangan heran lagi apabila rekening bank bri anda sering mengalami kehilangan uang tanpa diketahui penyebabnya, padahal salah satu hal tersebut dikarenakan oleh faktor phising.

Untuk tips mencegah hal tersebut sangat mudah sekali, yang perlu anda lakukan adalah melihat link url asli yag dituju pada website tersebut, apakah sudah berdomain .com atau tidak, biasanya yang memiliki domain agak aneh bisa saja dapat dipastikan situs tersebut adalah phising.

3. Program Pay To

Apakah anda pernah mendengar bisnis referal, jika pernah pastinya anda diharuskan untuk melakukan aksi dengan mengundang teman sebanyak-banyaknya jika undangan telah mencapai ambang batas tentu anda akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dalam uang, nah bentuk penipuan jaman sekarang yang satu ini memang cukup populer dikalangan pengguna internet, karena anda bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang banyak, namun hal tersebut salah besar karena faktanya bisnis yang dinamakan sebagai program Pay To lebih condong terhadap penipuan, sehingga apa yang anda dapatkan tidak akan pernah dibayar oleh pemilik website tersebut.

Memang kenyataannya jika telah mencapai ambang batas pembayaran, tentunya anda tidak akan mendapatkan jumlah bayaran tersebut ke akun rekening, melainkan ditipu oleh pemilik website, jadi alangkah baiknya sebelum memulai bisnis tersebut anda harus bisa melihat secara detail mengenai apa saja TOS dan bukti pembayaran kepada member lainnya.

Atau kalau bisa anda tidak perlu mengikuti bisnis tersebut hanya karena adanya embel-embel tertentu saja, cari tahu terlebih dahulu apakah bisnis tersebut sudah berdiri sejak lama atau belum, jika sudah berdiri sejak lama pastinya sudah termasuk golongan bisnis yang sangat terpercaya, namun begitu juga sebaliknya apabila baru berdiri anda harus bisa lebih waspada, jangan mudah tergiur atas embel-embel tersebut karena sudah menjadi jenis bentuk penipuan online.

5. Pencucian Uang

Salah satu bentuk penipuan yang sangat marak terjadi adalah jenis pencucian uang, perlu diketahui juga bahwa pencucian uang adalah salah satu kasus penipuan yang sering sekali terjadi kepada masyarakat awam, hal ini dikarenakan biasanya anda diminta untuk mengirim nomor rekening kepada si penipu, lalu penipu mengatakan bahwa ia akan mengirimkan sejumlah uang hasil harta warisan kepada anda, pahala uang yang dikirim sebenarnya tidak ada, walaupun ada, maka bisa saja uang tersebut didapatkan hasil dari pemborongan orang lain, sehingga nantinya anda akan menjadi korban penipuan saja, karena uang yang dikirim juga hasil dari korban yang lainnya.

Untuk pencegahan tersebut alangkah baiknya anda jangan mudah tergiur atas tawaran harta warisan yang didapatkan secara gratis, karena bisa saja hal tersebut adalah salah satu rencana cerdas dari si penipu untuk mendapatkan keuntungan.

6. Hacking & Cracking

bentuk penipuan online

Mencuri data di internet adalah pekerjaan seorang hacker, sebab dengan cara tersebut mereka bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat banyak dan lebih instans, bentuk penipuan internet yang satu ini memang terdengar unik sekali karena anda disuguhi dengan tampilan yang laman website, misalnya anda ingin login di internet banking, tentunya hacker akan melakukan sebuah manipulasi agar bisa mendapatkan data anda yakni dengan meniru tampilan website banking tersebut, jadi ketika anda login pastinya data penting tersebut akan diketahui oleh si penipu.

Maka jangan heran lagi apabila saat ini uang di rekening anda lebih cepat hilang tanpa diketahui penyebabnya sama sekali. Alangkah baiknya lihatlah tampilan website tersebut atau kalau bisa anda bisa mengetahuinya melalui link URL yang digunakan, bila terlihat aneh janganlah mencoba untuk login.

Sebelum itu anda harus lebih berhati-hati lagi, janganlah mencoba login akun internet banking di warnet umum sebab bisa saja sudah disisipkan malware tertentu untuk mencuri data penting anda seperti uang, dan hal yang lainnya.

7. Rekber Abal-abal

Sudah tidak disangka lagi bahwa sistem rekber adalah salah satu cara untuk menghindari dari kasus penipuan, namun apa jadinya bila jasa rekber yang anda gunakan adalah salah satu orang penipu, alangkah baiknya gunakan jasa rekber terpercaya seperti tokopedia dan shopee.

8. Bisnis Investasi Hoax

Banyak orang menyarankan ketika berselancar di dunia internet pastinya selalu berkaitan dengan uang, untuk tips meraup uang dengan cepat adalah melakukan investasi online, akan tetapi tidak semuanya bisnis seperti ini terpercaya sebab sudah ada salah satu bisnis investasi yang tergolong penipuan.

9. Penjual Pulsa Online Penipu

Berbelanja di internet memang dikaitkan dengan hal yang sangat instans sekali, salah satunya adalah membeli pulsa online, perlu anda ketahui juga bahwa penjual pulsa tidak semuanya terpercaya, al hasil uang yang dikirim tidak kunjung juga pulsanya sampai, pilih saja penjual yang lebih terpercaya.

10. Penjual Produk Harga Termurah

Jangan pernah tergiur dengan harga yang sangat murah, karena bisa saja tawaran produk yang harganya murah tersebut dapat menipu anda hingga membujuk untuk melakukan pengiriman uang padahal produk tak kunjung sampai, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah mempunyai testimon atau belum.

Penutup

Demikian penjelasan artikel mengenai bentuk penipuan online, untuk disarankan lagi alangkah baiknya anda bisa lebih berhati-hati sebab dunia internet sangat luas sekali, dan lebih rentan terhadap semacam penipuan yang dapat merugikan orang lain.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *