NEWSLETTER

10 Kebudayaan Indonesia Yang Diklaim Oleh Negara Asing

Sawal Walker, Budaya Indonesia diklaim negara asing – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan sumber daya, terkadang juga dengan kekayaan tersebut akan memberikan warisan budaya dari leluhur kita sendiri, nah tidak heran juga bahwa keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia terbilang banyak sekali dan harus dilestarikan oleh generasi bangsa, namun apa jadinya bila jaman sekarang tepatnya jaman modernisasi ini telah memberikan pengaruh buruk yakni budaya indonesia diklaim negara asing. Hal ini tentunya akan memicu kontroversi yang tidak ada pemecahan masalahnya kecuali dengan adanya generasi muda yang melestarikan budaya indonesia agar tidak diklaim negara luar.

Untuk faktor yang menjadi penyebab budaya indonesia diklaim negara lain adalah dikarenakan generasi yang tidak ingin mengakui budaya indonesia tersebut, padahal tanah air nusantara sudah mempunyai banyak sekali budaya yang terbilang perlu dilestarikan, pastinya anda tidak ingin jika budaya negara sendiri diklaim oleh negara luar, padahal hal tersebut harus dipertahankan seutuhnya. Nah apabila anda penasaran apa saja jenis budaya yang diambil oleh hak milik negara asing, tentunya jawaban yang paling tepatnya yaitu ada di penjelasan artikel bawah ini, sebenarnya sebelumnya sudah direbut kembali menjadi hak milik negara indonesia kembali.

Kebudayaan Indonesia Yang Telah Diklaim Negara Asing

Berikut beberapa kebudayaan negara kita yang sudah diklaim oleh negara asing, yaitu:

1. Angklung

budaya indonesia diklaim negara asing
Angklung, sumber: listiarahmandaru.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal alat musik angklung, yang satu ini memang terdengar merdu sekali bila dimainkan, nah sebelumnya ternyata angklung yang dikembangkan berasal dari Pulau Jawa tepatnya suku sunda telah diklik negeri Malaysia, mereka banyak menganggap hal tersebut merupakan warisan dari leluhur mereka sendiri.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut ternyata angklung diklaim dalam situs internet yang mempunyai alamat website www.malaysiana.pnm.my, jika anda mengunjungi situs tersebut pastinya akan disuguhi tentang alat, bahan, dan fungsi dari alat musik angklung tersebut, bahkan dalam hal ini juga telah disisipkan musik asli suara angklung.

Nah sebagian masyarakat Indonesia tidak terima atas pernyataan pengklaim budaya asli leluhur warisan suku sunda tersebut pastinya akan melaporkannya ke UNESCO, atas pengukuhan yang dilakukan terkadang akan memberitahukan kepada masyarakat indonesia sebagai arti bahwa alat musik angklung merupakan asli budaya negara indonesia dan bukan asli warisan negara luar.

2. Batik

budaya indonesia diklaim negara asing
Batik, sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Kain yang menonjol pada sebuah lukisan adalah corak batik tersebut, memang pada dasarnya batik adalah salah satu warisan budaya asli dari negara indonesia, dengan keindahannya tersebut akan memberikan rasa menarik bagi siapa saja yang melihatnya, tak heran juga bahwa batik saat ini sudah mulai di lirik oleh masyarakat luas hingga negara asing, untuk harga jual batik tergolong mahal sekali karena coraknya lebih bagus dan menonjol.

Dengan corak yang sangat unik pada lukisan kain maupun baju, batik tentunya sering di anggap orang luar sebagai asli milik mereka sendiri, padahal hal tersebut batik adalah salah satu keindahan asli buatan negara indonesia, untuk salah satu negara asing yang pernah mengklaim bahwa batik adalah milik mereka sendiri yakni negara Malaysia.

Tidak terima kalau budaya Indonesia di klaim budaya luar maka polemik pun terjadi, yakni secara pengukuhan paten Indonesia mengambil tindakan ke UNESCO, dengan adanya hal tersebut pada tanggal 2 oktober presiden SBY telah meresmikan merayakan hari batik nasional agar negara indonesia dan negara luar dapat tahu bahwa batik merupakan asli warisan budaya Indonesia yang sampai sekarang ini masih terlihat sangat indah.

3. Reog

Reog, sumber: penakecil.com

Tahukah anda bahwa tidak hanya angklung dan batik saja yang menjadi pengklaiman budaya indonesia oleh budaya asing, namun ternyata tari reog yang asli berasal dari Jawa Timur ini pernah diakui asli dari negara Malaysia, tarian yang digunakan hampir serupa dengan asli reog, akan tetapi diubah menjadi nama tari Barongan saja oleh masyarakat malaysia.

Semenjak itu timbulah kontroversi yang oleh masyarakat Indonesia ketika masyarakat malaysia meragakan tari yang hampir serupa dengan reog menggunakan topeng Ponorogo, namun pada bagian atasnya diberikan tulisan yang bernama malaysia. Tentunya dengan adanya kabar berita tersebut terkadang akan memicu protes banyak orang termasuk salah satunya masyarakat indonesia yang mengetahui bahwa reog asli berasal dari kota Ponorogo, padahal sebelumnya asli wujud reog telah memiliki kisah rakyat yang diangkat oleh budaya indonesia.

Yang menjadi pertanyaan adalah sebenarnya masyarakat indonesia tidak pernah melakukan pengklaim atau budaya bangsa Indonesia tersebut, namun sebelumnya pernah ditemukan atas kabar berita diatas, setelah mendengar kabar tersebut maka Indonesia melakukan pengukuhan secara paten di UNESCO, semenjak itu pada tahun 2015 tarian reog sudah dianggap asli berasal dari budaya masyarakat Indonesia terutama dari kota Ponorogo.

4. Tari Pendet

budaya indonesia diklaim negara asing
tari pendet, sumber: merahputih.com

Pada poin keempat ini yang menjadi suatu alasan budaya indonesia diklaim secara diam adalah karena ketidaktahuan masyarakatnya sendiri, namun ternyata tari pendet asli berasal dari budaya Bali ini sebelumnya pernah diklaim negara Malaysia dalam pemasukan tari pendet ke dalam model iklan pariwisata yang nama judulnya adalah “Enigmatik Malaysia” di tahun 2009 lalu.

Akan tetapi hal tersebut pemerintah asli malaysia tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang pernah klaim budaya negara Indonesia, mereka mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan kesalahan oleh penayang asli pembuatan iklan yakni adalah karena Discovery TV, atas kesalahan yang dilakukan pastinya penayang iklan meminta maaf atas kesalahan yang ketidaksengajaan tersebut kepada dua belah pihak dengan, surat permohonan maaf dikirimkan terutama kepada masyarakat indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya tari pendet adalah salah satu tari pemujaan khas suku bali, untuk memberikan peraga ibadah kepada umat hindu, sebenarnya hal tersebut adalah bertujuan untuk disajikannya penyambutan terhadap alam dewata. Akan tetapi semenjak perkembangan modernisasi sekarang ini suku khas Bali memberikan penyambutan menggunakan tari pendet sebagai ucapan selamat datang, jadi tidak memanfaatkannya lagi dalam penyambutan dewata, sebab sudah adanya perkembangan teknologi.

5. Lagu Rasa Sayange

Pernah mendengar lagu rasa sayange, bila anda sebelumnya pernah mendengar pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu merdu satu ini yang sering dinyanyikan oleh anak-anak, pada dasarnya lagi rasa Sayange berasal dari daerah suku Maluku, semenjak lagu tersebut sering diputar, maka negara luar akan tahu bahwa budaya indonesia telah diklaim mereka yakni salah satunya adalah negara Malaysia yang melakukan pengklaiman terhadap lagu tersebut dengan menyertakan ke iklan pariwisata pada tahun 2007 lalu.

Namun yang menjadi timbulnya kontroversial adalah menteri malaysia mengatakan bahwa lagu rasa sayange yakni berasal dari nusantara Malay Archipelago, namun dibalik anggapan tersebut ternyata lagu rasa sayange adalah asli dari rakyat Maluku dan tidak ada campur tangan dari negara luas salah satunya Malaysia.

6. Tari Tor-Tor

budaya indonesia diklaim negara asing
Tari Tor-Tor, sumber: www..merdeka.com

Tarian kelima yang termasuk dalam pengklaiman adalah tari tor-tor ,pada sebelumnya negara Malaysia telah mengatakan bahwa tari tor-tor adalah hal milik mereka sendiri, namun anggapan tersebut salah besar sebab tarian tor-tor merupakan asli berasal dari suku batak, setelah mendengar hal tersebut maka masyarakat indonesia akan melakukan pengukuhan ke UNESCO pada tahun 2005 silam.

7. Wayang Kulit

budaya indonesia diklaim negara asing
Wayang Kulit, sumber: bisniswisata.co.id

Tahukah anda bahwa seni wayang kulit dengan memakai pentas bayangan ini ternyata pernah diklaim oleh negara Malaysia, namun hal tersebut menurut pengungkapan dr.rais yatim mengatakan bahwa seni wayang kulit tidak termasuk klaim oleh negara mereka, karena hal ini sudah berasal dari tradisi sejak nenek moyang Hinduisme. Padahal sebenarnya seni pertunjukan bayangan ini merupakan asli suku jawa, hal tersebut adalah pengungkapan dari sejaharawan asli Belanda.

8. Rendang

budaya indonesia diklaim negara asing
makanan rendang, sumber: ramesia.com

Rendang adalah masakan terenak nomor satu di dunia, bagaimana tidak bahwa cita rasa bumbu yang digunakan adalah asli dari tanah air nusantara, namun sebelumnya bahwa malaysia pernah mengklaim bahwa rendang adalah salah satu masakan asli dari negara mereka, karena ada banyak orang Sumatera yang bertempat tinggal disana dan memasak rendang.

9. Kuda Lumping

budaya indonesia diklaim negara asing
kuda lumping, sumber: bisniswisata.co.id

Kuda lumping adalah pertunjukan masyarakat yang sering dipentaskan ketika ada acara penyambutan tertentu saja, meski berasal asli dari suku Jawa, ternyata kuda lumping pernah dimainkan oleh tetua suku Jawa di Malaysia, dan dilariskan kepada anak cucunya yang tinggal di Malaysia, maka dari itu banyak yang beranggapan bahwa kuda lumping sebagai seni pertunjukan asli budaya malaysia.

10. Kerajinan Perak Desak Suwarti

budaya indonesia diklaim negara asing
sumber: yyunissaputro.wordpress.com

Kebudayaan lain yang menjadi suatu pengklaiman terhadap negara asing adalah kerajinan perak desak sewarti, sebenarnya kasus ini telah lama sekali terjadi pada beberapa tahun yang lalu, negara Amerika mengaku bahwa kepemilikan desain kerajinan tangan tersebut merupakan hasil karya negara mereka sendiri, dan dari hasil tersebut mereka menjadikan kerajinan perak sebagai alat yang bisa dikomersialkan.

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang budaya indonesia diklaim negara asing. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *