NEWSLETTER

Cabang-Cabang Ilmu Geografi Beserta Penjelasannya

Sawal Walker, Cabang-cabang ilmu geografi beserta penjelasannya – Dalam mempelajari ilmu geografi, kita harus paham tentang cabang-cabang ilmu geografi. Apakah Anda sudah paham, tentang cabang-cabang ilmu geografi ?, Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjugi artikel ini. Karena kali ini kami akan menjelaskan tentang cabang-cabang ilmu geografi, dan penjelasannya. Berikut penjelasan cabang-cabang ilmu geografi di bawah ini.

Cabang-Cabang Ilmu Geografi dan Penjelasannya

Gambar Cabang-Cabang Ilmu Geografi

Sebagai ilmu penunjang geografi, tampak dengan jelas bahwa geografi tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari ilmu penunjang lainnya. Cabang-cabang ilmu geografi terdiri atas 3, antara lain : geografi fisik. geografi manusia dan geografi teknik.

Baca Juga Ilmu Penunjang Geografi

Ilmu geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di geosfer (muka bumi) dengan sudut padang kelingkungan (ekologis) dan kewilayahan (regional) dalam konteks keruangan (space). Berikut cabang-cabang ilmu geografi, meliputi aspek antara lain :

Menurut Huntington

Cabang-cabang ilmu geografi menurut Huntington, antara lain :

  1. Geografi Fisik, yang mempelajari faktor fisik alam
  2. Pitogeografi, yang mempelajari tanaman
  3. Zoogeografi, yang mempelajarai hewan
  4. Antropogeografi, yang mempelajari manusia.

Menurut Muller dan Rinner

Cabang-cabang ilmu geografi menurut Muller dan Rinner, antara lain :

  1. Geografi Fisik, yang terdari atas geografi matematika, geografi tanah dan hidrologi, klimatologi, geografi mineral dan sumberdaya, geografi tanaman, dan geografi tata guna lahan
  2. Geografi Manusia, meliputi geografi budaya (geografi penduduk, geografi sosial, dan geografi kota),  geografi ekonomi (geografi pertanian, geografi transportasi dan komunikasi) geografi politik
  3. Geografi regional,

Cabang ilmu geografi fisik

Geografi fisik mempelajari bentang lahan (landscape), yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh adanya interaksi dan inter dependensi bentuk lahan. Perhatian utama geografi fisik adalah lapisan hidup (life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zona tipis dari daratan dan lautan yang di dalamnya terdapat sebagian besar fenomena kehidupan. Cabang ilmu geografi fisik, antara lain :

  1. Meteorologi dan klimatologi, merupakan ilmu yang mempelajari gejala cuaca di atmosfer.
  2. Oceanografi adalah ilmu pengetahuan dan studi eksplorasi mengenai lautan serta semua aspek yang terdapat di dalamnya termasuk sedimen, batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik tenaga yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar.
  3. Hidrologi mempelajari gerakan dan distribusi air di bumi.
  4. Hidrografi adalah suatu cabang ilmu geografi fisik yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air di permukaan bumi.
  5. Geologi menjelaskan bagaimana bumi terbentuk dan bagaimana bumi berubah dari waktu ke waktu.
  6. Geomorfologi mempelajari bentuk permukaan lahan dan sejarahnya.
  7. Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari hal ihwal atau sifat-sifat tanah.
  8. Geografi tanah ialah ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi sifat, genesis, penyebaran, dan penerapannya terhadap kehidupan manusia.
  9. Biologi adalah ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup, baik manusia maupun tumbuhan dan hewan.
  10. Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari penyebaran organisme dalam ruang dan waktu, serta faktor-faktor yang memengaruhi, membatasi atau menentukan pola penyebaran jarak.

Cabang Ilmu Geografi Sosial (Manusia)

Geografi manusia mempelajari manusia dalam ruang termasuk di dalamnya jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial, dan budayanya. Cabang-cabang geografi sosial, di antaranya sebagai berikut.

1. Ilmu Ekonomi dan Geografi Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya, dan hubungan timbal balik dari usaha tersebut. Adapun Geografi Ekonomi membahas bagai mana usaha manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasil kan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran dari suatu kegiatan industri.

2. Ilmu Politik dan Geografi Politik

Politik adalah kegiatan pada suatu negara yang berhubungan dengan proses menentukan tujuan-tujuan yang telah dipilih suatu negara dalam rangka menggapai tujuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Adapun Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayah , perbatasan, serta ibu kota suatu region dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.

Baca Juga Cabang Ilmu Geografi Manusia

3. Demografi dan Geografi Penduduk

Demografi adalah ilmu yang mempelajari keadaan dan dinamika perubahan-perubahan penduduk. Adapun Geografi Penduduk adalah cabang disiplin ilmu geografi yang mengemukakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk. Selain itu, Geografi Penduduk mempelajari konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya diberikan oleh unit atau suatu daerah.

Cabang-Cabang Ilmu Geografi Teknik

Geografi Teknik mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu Geografi Teknik yaitu sebagai berikut:

1. Kartografi

Kartografi adalah ilmu dan seni membuat peta. Peta dibuat dengan menggunakan hasil-hasil pengukuran dan pengumpulan data dari berbagai unsur dipermukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, dan kartograf.

2. Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat. Tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.

3. Sistem Informasi Geografis

Sistem informasi geografis adalah sistem informasi berbasis komputer dimana dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun non-geografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Cabang-cabang ilmu geografi beserta penjelasannya, dimana cabang-cabang ilmu geografi terdiri atas 3, antara lain : geografi fisik. geografi manusia dan geografi teknik. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *