NEWSLETTER

Cabang Ilmu Geografi Fisik dan Contohnya

Sawal Walker, Cabang ilmu geografi fisik dan contohnya – Ilmu geografi memiliki beberapa cabang, dan salah satunya adalah geografi fisik. Cabang ilmu geografi fisik, ruang lingkupnya terdapat di daratan dan lautan dimana banyak makhluk hidup tinggal. Lalu, apa saja yang masuk dalam kategori cabang ilmu geografi fisik ? Untuk menjawab pertanyaan Anda, kali ini kami akan membahas tentang cabang ilmu geografi fisik, dan penjelasannya. Nah, mari simak penjelasan cabang ilmu geografi fisik berikut ini.

Cabang Ilmu Geografi Fisik dan Penjelasannya

Gambar Cabang Ilmu Geografi Fisik

Berdasarkan bidang kajiannya, geografi terbagi atas tiga cabang ilmu, yaitu geografi fisik, geografi manusia, dan geografi teknik. Cabang ilmu geografi fisik mempelajari bentang lahan (Landscape) yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Perhatian utama geografi fisik adalah lapisan hidup (Life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zone tipis dari daratan dan lautan yang di dalamnya terdapat sebagain besar kehidupan. Berikut cabang ilmu geografi fisik, antara lain :

1. Klimatologi

Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim. klimatologi berasal dari 2 kata dari bahasa yunani yaitu “klima” dan “logos” yang artinya klima yaitu kemiringan (slope) dan logos artinya ilmu. Jadi klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan iklim, baik itu sifat, terjadinya iklim dan penyebab perbedaan iklim tiap daerah dan juga termasuk pengaruh iklim terhadap kehidupan manusia. Klimatologi memerlukan statistik dalam mengerjakannya karena perlunya interpretasi dari banyak data. Orang yang mempelajari tentang klimatologi disebut klimatologis.

2. Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu penunjang yang mempelajari tentang atmosfer. Dalam cabang ini kita akan mempelajari segala tentang atmosfer seperti suhu, udara, angin dan cuaca. Meteorologi digunakan untuk memprediksi atau prakiraan cuaca. Oleh sebab itu arti lain dari meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses fisis cuaca di atmosfer yang digunakan untuk mengetahui ciri fisik dan kimia atmosfer serta gejala cuaca untuk meramal atau memperkirakan cuaca di seluruh dunia.

3. Oceanografi 

Oceanografi adalah ilmu pengetahuan dan studi eksplorasi mengenai lautan serta semua aspek yang terdapat di dalamnya termasuk sedimen, batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik tenaga yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar.

4. Hidrografi

Hidrografi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang deskripsi dan pengukuran baik sifat maupun bentuk dari dasar perairan. Hal yang dipelajari meliputi topografi dan batimetri dasar laut, morfologi dasar laut, dan material yang terdapat di dasar laut. Hidrografi juga mempelajari pasang surut air laut serta arus air laut.

5. Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pergerakan, distribusi, perputaran, penyebaran serta kualitas air yang ada di bumi. Selain itu hidrologi juga mempelajari hubungan siklus air dengan lingkungan dan manusia serta juga dengan siklus hidrologi itu sendiri.

6. Geologi

Geologi adalah cabang ilmu geografi fisik yang mempelajari segala sesuatu tentang bumi. Geologi berasal dari kata geos dan logos yang artinya bumi dan ilmu. Ilmu geologi mempelajari tentang material-material yang ada dibumi, pembentukan dan asal mula bumi, proses pembentukan bumi, struktur bumi, penyusun bumi dan kerak bumi, serta proses perubahan bumi dari masa ke masa hingga menjadi bumi yang sekarang ini.

7. Geomorfologi

Geomorfologi berasal dari 3 kata dari bahasa yunani yaitu geo, morphe dan logos. Geo artinya bumi, morphe artinya bentuk sedangkan logos artinya ilmu. Jadi dari pengertian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi. Tapi artian luas geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, bentangan alam. Selain itu geomorfologi juga mempelajari penyebab dan proses yang terjadi saat pembentukan permukaan bumi atau lahan alam.

Baca Juga Ilmu Penunjang Geografi

8. Geografi Tanah

Geografi tanah adalah cabang ilmu geografi fisik yang mempelajari tentang persebaran tanah-tanah yang ada di bumi. Selain itu ilmu ini juga mengkaji tentang sifat, karaktersistik tanah serta manfaat tanah bagi kehidupan manusia. Cabang ini juga mempelajari perbedaan jenis tanah dari setiap daerah yang ada di bumi.

9. Ilmu tanah

Ilmu tanah adalah ilmu penunjang geografi fisik yang mempelajari segala sesuatu tentang tanah dan sifat-sifat tanah. Hal yang di bahas adalah komposisi tanah, struktur tanah, jenis tanah, sifat tanah, kerusakan tanah, fisika dan kimia tanah, fisis dan biologis tanah serta manfaat tanah bagi kehidupan.

10. Biogeografi

Cabang ini mempelajari kajian dari makhluk hidup dalam ruang dan waktu. Artinya adalah mempelajari organisme atau makhluk hidup dari masa lampau hingga yang sekarang dan juga mempelajari populasi dan penyebaran makhluk hidup tersebut diberbagai daerah. Ilmu biogeografi juga mempelajari tentang faktor atau pengaruh yang dapat mempengaruhi makhluk hidup.

11. Glasiologi

Glasiologi Merupkan cabang ilmu geografi fisik yang mempelajari tentang es dan salju. Ruang lingkup cabang ini meliputi, sifat-sifat fisika es dan salju, sifat-sifat kimia es dan salju, pembentukan formasi dan proses terbentuknya es dan salju, pergerakan dari es dan salju dan juga evolusi dan perubahan dari zaman ke zaman es dan salju.

12. Biologi

Sebagaimana yang kita tahu dan sudah di pelajari, biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup beserta lingkungan. Biologi ternyata termasuk juga dalam cabang ilmu geografi fisik.

13. Pedologi

Pedologi adalah cabang ilmu geografi fisik yang merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek geologi tanah. Ruang lingkung ilmu dalam pedologi adalah pembentukan tanah, morfologi tanah, sifat dan ciri tanah baik fisika maupun kimia tanah, dan juga klasifikasi tanah.

Baca Juga Ruang Lingkup Geografi

14. Paleogeografi

Paleogeografi adalah cabang ilmu geografi fisik yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan proses yang terjadi pada muka bumi di masa lalu. Ruang lingkupnya adalah bentuk muka bumi, faktor pembentuk muka bumi, proses terjadinya muka bumi di masa lalu hingga menjadi sekarang dengan mempelajari bukti fisik lapisan bumi.

15. Geografi pesisir

Geografi pesisir merupakan cabang ilmu geografi fisik yang mempelajari tentang hubungan antara daratan dan lautan yang terjadi secara dinamis. Ruang lingkup geogarfi fisik membahas tentang proses pelapukan dipesisir, interaksi manusia dengan pantai, cuaca di pesisir dan pantai, pengendapan yang terjadi di pantai dan mempelajari gerakan dan faktor gelombang laut dipesisir.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang  Cabang ilmu geografi fisik dan contohnya, dimana cabang ilmu geografi fisik mempelajari bentang lahan (Landscape) yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Perhatian utama geografi fisik adalah lapisan hidup (Life layer) dari lingkungan fisik, yaitu zone tipis dari daratan dan lautan yang di dalamnya terdapat sebagain besar kehidupan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *