NEWSLETTER

Cabang Ilmu Geografi Manusia dan Contohnya

Sawal Walker, Cabang ilmu geografi manusia dan contohnya – Geografi berada pada posisi sentral, di dalam sistem pengetahuan karena berada dalam dua bagian ilmu. Di satu pihak mempelajari hal-hal tentang cabang ilmu geografi fisik, dan di lain pihak mempelajari hal-hal tentang cabang ilmu geografi manusia atau sosial. Tahukah Anda tentang cabang ilmu geografi manusia?, Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang cabang ilmu geografi manusia, dan persebarannya. Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan cabang ilmu geografi manusia berikut ini.

Cabang Ilmu Geografi Manusia dan Penjelasannya

Gambar Cabang Ilmu Geografi Manusia

Apa yang kamu ketahui tentang geografi manusia?, cabang ilmu geografi manusia adalah cabang ilmu yang mempelajari dan membahas aspek keruangan, lingkungan, dan hubungan geografi dengan aktivitas serta interaksi manusia. Geografi manusia mempelajari manusia dalam ruang termasuk di dalamnya jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, aktivitas ekonomi, politik, sosial, dan budaya, pembangunan, kesehatan, sejarah, demografi, agama transportasi dan pariwisata. Berikut 10 cabang ilmu geografi manusia, antara lain :

1. Ilmu Ekonomi dan Geografi Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya, dan hubungan timbal balik dari usaha tersebut. Adapun Geografi Ekonomi membahas bagai mana usaha manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasil kan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran dari suatu kegiatan industri.

2. Ilmu Politik dan Geografi Politik

Politik adalah kegiatan pada suatu negara yang berhubungan dengan proses menentukan tujuan-tujuan yang telah dipilih suatu negara dalam rangka menggapai tujuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Adapun Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayah , perbatasan, serta ibu kota suatu region dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.

3. Demografi dan Geografi Penduduk

Demografi adalah ilmu yang mempelajari keadaan dan dinamika perubahan-perubahan penduduk. Adapun Geografi Penduduk adalah cabang disiplin ilmu geografi yang mengemukakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk. Selain itu, Geografi Penduduk mempelajari konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya diberikan oleh unit atau suatu daerah.

Baca Juga Cabang Ilmu Geografi Fisik 

4. Geografi budaya

Geografi budaya merupakan cabang geografi manusia yang membahas dan mempelajari budaya serta norma yang terdapat di dalam kebudayaan tersebut dan juga membahas variasi yang terdapat dalam budaya dan norma tersebut dalam lingkupan ruang dan waktu.contohnya adalah pembahasan mengenai globalisasi.

5. Geografi Pembangunan

Geografi pemabngunan merupakan cabang geografi manusia yang membahas dan mempelajari standar dari pembangunan dan kualitas hidup masyarakat serta ruang lingkup ekonomi regional dan dunia dalam pembanguan.

6. Geografi Kesehatan

Geografi kesehatan merupakan cabang geografi yang membahas dan mempelajari penerapan cabang geografi terhadap kesehatan, baik itu untuk mengcegah dan mengobati serta dampak wilayah geografi pada kesehatan.

7. Geografi Sejarah

Geografi sejarah merupakan cabang geografi yang membahas dan mempelajari tentang geografi manusia yang terjad di masa lampau atau masa lalu atau zaman dulu serta perubahan dan perkembangan yang terjadi dari masa ke masa.

8. Geografi Agama

Merupakan cabang geografi manusia yang membahas dan mempelajari pengaruh geografi terhadap perkembangan agama dan kayakinan kepercayaan setiap orang. Jadi cabang ini membahas wilayah serta kepercayaan yang di anut oleh orang pada wilayah tersebut dan penyebaran agama atau jalur penyebaran dan perkembangan agama di suatu wilayah.

9. Geografi Transportasi

Merupakan cabang geografi manusia yang mempelajari dan membahas alat transpotasi dengan wilayah dan manusia.

Baca Juga Ruang Lingkup Geografi

10. Geografi Pariwisata

Merupakan cabang geografi manusia yang membahas dan mempelajari tentang pariwisata dan hubungannya dengan aspek geografi seperti engaruh wilayah atau letak tempat wisata tersebut.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Cabang ilmu geografi manusia dan contohnya, dimana cabang ilmu geografi manusia adalah cabang ilmu yang mempelajari dan membahas aspek keruangan, lingkungan, dan hubungan geografi dengan aktivitas serta interaksi manusia. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *