Cara Mengatasi the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect

Apakah Anda sedang mencari Cara Mengatasi the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect windows 10 dan 11, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Cara Mengatasi the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect

Apakah Anda pernah mengalami pesan error “the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect” ketika mencoba menjalankan atau menginstal sebuah program atau aplikasi di Windows? Jika ya, maka Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Windows yang menghadapi masalah ini dan merasa bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Pesan error ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan file sistem yang berkaitan dengan Microsoft Visual C++ Redistributable Package, yaitu sebuah komponen yang dibutuhkan oleh banyak program atau aplikasi untuk berjalan dengan baik di Windows. Jika file sistem ini rusak, hilang, atau tidak kompatibel dengan versi Windows atau program yang Anda gunakan, maka Anda akan mendapatkan pesan error tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah lima cara yang paling umum dan efektif untuk mengatasi pesan error “the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect” di Windows.

1. Hapus dan Instal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Package

Cara pertama dan paling sederhana adalah dengan menghapus dan menginstal ulang Microsoft Visual C++ Redistributable Package di komputer Anda. Ini bertujuan untuk memperbarui file sistem yang mungkin sudah usang atau tidak sesuai dengan versi Windows atau program yang Anda gunakan.

BACA JUGA  Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Control Panel dan pilih Program and Features.
  • Cari semua program yang bernama Microsoft Visual C++ Redistributable Package dan hapus satu per satu dengan klik kanan dan pilih Uninstall.
  • Setelah semua program terhapus, restart komputer Anda.
  • Kunjungi situs web Microsoft dan download Microsoft Visual C++ Redistributable Package versi terbaru yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi Anda (32-bit atau 64-bit).
  • Jalankan file instalasi yang telah Anda download dan ikuti instruksi yang muncul di layar.
  • Setelah proses instalasi selesai, restart komputer Anda lagi dan coba jalankan atau instal program yang bermasalah.

2. Jalankan System File Checker

Cara kedua adalah dengan menjalankan System File Checker, yaitu sebuah alat bawaan Windows yang berfungsi untuk memindai dan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang. Ini bisa membantu Anda mengatasi pesan error “the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect” jika penyebabnya adalah file sistem yang korup.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Start Menu dan ketik cmd di kotak pencarian.
  • Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.
  • Ketik perintah berikut di jendela Command Prompt dan tekan Enter:

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

  • Tunggu sampai proses selesai dan kemudian ketik perintah berikut dan tekan Enter:
BACA JUGA  Cara Membuka Aplikasi Tik Tok Yang Diblokir Oleh Kominfo

sfc /scannow

  • Tunggu sampai proses selesai dan lihat apakah ada pesan yang mengatakan bahwa file sistem telah berhasil diperbaiki. Jika ya, maka restart komputer Anda dan coba jalankan atau instal program yang bermasalah.

3. Instal Update Windows Terbaru

Cara ketiga adalah dengan menginstal update Windows terbaru di komputer Anda. Ini bisa membantu Anda mengatasi pesan error “the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect” jika penyebabnya adalah bug atau kesalahan pada sistem operasi Windows. Update Windows juga bisa meningkatkan kinerja dan keamanan komputer Anda secara umum.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Start Menu dan ketik update di kotak pencarian.
  • Klik pada Check for updates dan tunggu sampai Windows mencari update yang tersedia untuk komputer Anda.
  • Jika ada update yang tersedia, klik pada Install now dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Restart

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Cara Mengatasi the application has failed to start because its side-by-side configuration is incorrect. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tekno berikutnya.

Leave a Comment