NEWSLETTER

Contoh Pendekatan Ekologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sawal Walker, Contoh pendekatan ekologi dalam kehidupan sehari-hari – Pendekatan geografi dalam geografi modern atau geografi terpadu, merumuskan tiga jenis pendekatan ilmu geografi, salah satunya pendekatan ekologi dan contoh pendekatan ekologi. Sudah paham kah Anda tentang contoh pendekatan ekologi ?, Jika belum, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang contoh pendekatan ekologi, dalam kehidupan sehari-hari. Langsung saja mari simak penjelasan contoh pendekatan ekologi di berikut ini.

Contoh Pendekatan Ekologi Dalam Geografi

Gambar contoh pendekatan ekologi

Pengertian pendekatan geografi adalah cara pandang yang digunakan dalam ilmu geografi untuk menelaah suatu masalah dalam ruang lingkup geografi. Lantas untuk apa pendekatan geografi tersebut digunakan? Sistem terdiri dari tiga komponen, yaitu bagian komponen, bagian input, dan bagian output. Sebuah sistem dikatakan dapat berfungsi dengan baik jika seluruh komponen tersambung bersama. Dalam contoh pendekatan ekologi melakukan analisis dengan melihat perubahan komponen biotik dan abiotik dalam keseimbangan ekosistem suatu wilayah.

Baca Juga Metode Pendekatan Geografi

Pendekatan dan metode dalam kajian geografi sejak awal pertumbuhan pada masa Yunani hingga saat ini selalu mengalami perubahan. Menurut Peter Hagget untuk menemukan masalah geografi, maka digunakan tiga bentuk pendekatan, yaitu pendekatan spasial (keruangan), pendekatan ekologi (lingkungan), dan pendekatan regional (kompleks wilayah). Dari ketiga pendekatan tersebut memilki contoh masing-masing, seperti contoh pendekatan keruangan, contoh pendekatan ekologi, dan contoh pedekatan regional. Berikut contoh pendekatan kelingkungan, antara lain :

Contoh Pendekatan Ekologi

Dalam pendekatan ekologi, kita tidak hanya mendasarkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, tetapi juga dikaitkan dengan fenomena yang ada dan juga perilaku manusia. Karena pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku dan fenomena lingkungan.

Dalam pendekatan ekologi, kita tidak hanya mendasarkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, tetapi juga dikaitkan dengan fenomena yang ada dan juga perilaku manusiPendekatan ekologi melakukan analisis dengan melihat perubahan komponen biotik dan abiotik dalam keseimbangan ekosistem suatu wilayah. Misalnya, suatu padang rumput yang ditinggalkan oleh kawanan hewan pemakan rumput akan menyebabkan terjadinya perubahan lahan dan kompetisi penghuninya.

Pendekatan ini tidak hanya mendasarkan pada interaksi organisme dengan lingkungan, tetapi juga dikaitkan dengan fenomena yang ada dan juga perilaku manusia. Karena pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku mencakup dua aspek, yaitu pengembangan gagasan dan kesadaran lingkungan. Karena pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku dan fenomena lingkungan.

Perhatikan contoh pendekatan ekologi analisis mengenai terjadinya banjir di Sinjai berikut dan Anda akan menemukan perbedaannya dengan pendekatan keruangan. Untuk mempelajari banjir dengan pendekatan kelingkungan dapat diawali dengan tindakan sebagai berikut :

  1. Identifikasi kondisi fisik yang mendorong terjadinya bencana ini, misalnya jenis tanah, topografi, dan vegetasi di lokasi itu.
  2. Identifikasi perilaku dan sikap masyarakat dalam mengelola alam di lokasi tersebut.
  3. Menganalisis hubungan antara budi daya dan dampak yang ditimbulkannya hingga menyebabkan banjir.
  4. Identifikasi budi daya yang ada kaitannya dengan alih fungsi lahan.
  5. Menggunakan hasil analisis ini mencoba menemukan alternatif pemecahan masalah ini.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Contoh pendekatan ekologi dalam kehidupan sehari-hari, dimana dari ketiga pendekatan di atas memilki contoh masing-masing, seperti contoh pendekatan keruangan, contoh pendekatan ekologi, dan contoh pedekatan regional. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

 

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *