Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Dimulai Dari Diri Sendiri

Sawal Walker – Apakah Anda sedang mencari contoh pidato tentang kedisiplinan dimulai dari diri sendiri, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat. Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan contoh naskah teks pidato tentang tema kedisiplinan dimulai dari diri sendiri.

Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Dimulai Dari Diri Sendiri

Contoh Pidato Tema Kedisiplinan Dimulai Dari Diri Sendiri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/ Ibu guru dewan juri Serta teman-teman sekalian yang berbahagia.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. karena rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di siang hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan para sahabatnya hingga akhir zaman.Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato mengenai “Disiplin dimulai dari diri sendiri”.

Kedisiplinan mungkin adalah momok bagi kita, jika kita tidak terbiasa melakukannya. Sebenarnya, banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sikap disiplin diri yang kita miliki. Kehidupan kita akan lebih teratur, kebersihan terjaga, dan semua kegiatan kita akan lebih terarah.

Hadirin yang saya hormati,

coba bayangkan jika kita tidak memiliki disiplin diri yang baik. Apalagi teman-teman sebagai pelajar, jika kita tidak memiliki disiplin diri, semua kegiatan kita akan berantakan, banyak tugas yang tidak terselesaikan, dan tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk belajar, sehingga nilai akademik kita juga akan turun.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan disiplin diri kita. Yang paling utama adalah menentukan target dan memerangi rasa malas. Kita juga bisa mengambil beberapa langkah kecil yang konsisten sebagai langkah awal kedisiplinan diri.

Memang kita tidak besa melakukannya hanya dalam waktu sekejap saja. Menumbuhkan kedisiplinan diri memerlukan waktu yang lama dan konsisten. Kita berusaha agar kita tidak tergoda lagi untuk melakukan tindakan yang tidak disiplin. Hal-hal kecil ibu bisa kita mulai dari kegiatan sehari-hari dirumah. Misalnya bangun pagi pukul 5. Kita harus selalu berusaha bangun jam 5 stiap hari. Kita bisa atur alarm jam untuk membantu kita melaksanakan hal itu.

Hadirin yang saya hormati,

kebiasaan menunda pekerjaan juga merupakan salah satu kebiasaan yang tidak disiplin. Terlebih lagi, jika kita sebagai pelajar, kebiasaan kita menunda pekerjaan atau tugas sekolah akan merugikan diri sendiri. Jika waktunya sudah mepet, kita akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas yang harus kita selesaikan. Kebisaan menunda-nunda ini sebaiknya segera kita atasi.

Kita bisa membuat daftar pekerjaan yang akan kita selesaikan menurut skala prioritas. Kita harus menempatkan tugas yang harus secepatnya kita selesaikan pada daftar yang paling atas. Kemudian, mengurutkannya dengan prioritas selanjutnya. Dengan cara ini, kita bisa menyelesaikan tugas-tugas kita tepat waktu.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Untuk membantu kita menumbuhkan rasa disiplin diri, kita perlu seseorang sebagai pembimbing kita, misalnya orang tua kita atau teman kita yang bisa kita percaya. Orang tua kita akan membantu kita untuk bersikap disiplin. Orang tua kita yang akan selalu untuk mengingatkan kita untuk bangun tepat waktu.

Orang tua kita yang akan mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan, pulang sekolah tepat waktu, dan belajar setiap hari. Untuk teman kita di sekolah, kita bisa memintanya untuk membantu kita membuat daftar tugas yang harus kita selesaikan terlebih dahulu.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Marilah kita menjaga disiplin agar meraih prestasi yang terbaik.
Prestasi terbaik adalah prestasi sang juara.
Maukah teman-teman meraih prestasi sang juara?
Mau…?
Marilah kita menjaga disiplin mulai dari sekarang dan mulai dari diri sendiri
Bila setiap individu bersikap disiplin maka terciptalah ketertiban dan kenyamanan yang didambakan oleh setiap insan sehingga dapat lebih mudah meraih prestasi.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan. Mohon maaf jika terdapat perkataan yang kurang berkenan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca juga: 3 Contoh Pidato Tentang Virus Corona atau Covid-19

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang pidato tentang kedisiplinan dimulai dari diri sendiri. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pidato berikutnya.

Leave a Comment