NEWSLETTER

5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Sawal Walker, 5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan – Tahukah Anda tentang Dampak gempa bumi terhadap lingkungan?, Jika Anda belum mengetahuinya, Anda tepat seklai mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang Dampak gempa bumi terhadap lingkungan, alam dan sosial. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan tentang mengenai Dampak gempa bumi terhadap lingkungan secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

Gempa bumi adalah getaran kulit bumi yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya kegiatan magma (aktivitas gunung berapi), terjadinya tanah turun, maupun karena gerakan lempeng di dasar samudera. Manusia dapat mengukur intensitas gempa, namun sama sekali tidak dapat memprediksi kapan terjadinya gempa.

Tenaga yang menghasilkan gempa bumi adalah tenaga endogen. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga yang yang dihasilkan, menyebabkan tekanan pada permukaan bumi. Tekanan tersebut menyebabkan terjadinya patahan atau lipatan. Proses terjadinya patahan atau lipatan tersebut, menyebabkan timbulnya akibat bencana alam gempa bumi.

Akibat yang ditimbulkan gempa bumi sendiri, tidak hanya di hasilkan melalui proses terjadinya lipatan atau patahan. Akibat gempa bumi juga bisa terjadi melalui letusan gunung api, gerakan lempeng- lempeng, bahkan akibatnya tindakan dari manusia. Gempa bumi yang diakibatkan oleh manusia, biasanya berasal dari ledakan yang berkekuatan besar. ledakan ini biasanya untuk meruntuhkan gedung- gedung yang terbengkalai.

Oleh karena itu, bahaya yang ditimbulkan oleh gempa lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan gunung berapi. Pada saat gempa berlangsung, terjadi beberapa peristiwa sebagai dampak gempa bumi terhadap lingkungan alam dan sosial baik itu langsung maupun tidak langsung, yaitu :

Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan Alam

Gemap bumi memiliki dampak yang beruntut, kerusakan yang satu akan mempengaruhi pada kerusakan yang lainnya, baik terhadap tanah, air maupun udara. Hal ini mengakibatkan rusaknya keseimbangan ekosistem, dan mengalami penurunan kualitas lingkungan karena adanya perubahan lingkungan. Berikut 5 dampak gempa bumi terhadap lingkungan alam, yakni :

1. Berbagai Bangunan Roboh

Gempa bumi mampu menghancurkan gedung maupu rumah. Selain itu, mampu merusak sumber daya yang dibutuhkan manusia untuk terus hidup.

2. Tanah di Permukaan Bumi, Jalan Menjadi Putus

Tanah mengalami kerusakan akibat dari tanah yang bergetar. Rusaknya permukaa tanah, juga dapat merusak perkebunan maupun persawahan milik manusia. Selain itu, gempa bumi mampu mematahkan permukaan bumi, bahkan memutuskan sebuah jalan.

3. Tanah Longsor Akibat Guncangan

5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Tanah pada daratan tinggi, atau tebing memiliki kemungkinan mengalami longsor akibat dari tanah yang bergetar Getaran itu, memicu perubahan bentuk bumi. Longsor akibat gempa bumi juga mampu terjadi di kota. Tercipta sebuah lubang yang sangat dalam di tengah kota, juga dapat diakibatkan oleh adanya gempa bumi, sehingga mengakibatkan tanah menjadi ambles.

4. Terjadi Banjir, Akibat Rusaknya Tanggul

Gempa berkekuatan tinggi bisa memicu retakan di dinding bendungan yang kemudian menyebabkan runtuhnya bendungan. Air yang terbendung akan mengirim dan mengamuk ke daerah-daerah terdekat yang menyebabkan banjir besar-besaran.

5. Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan tsunami (gelombang pasang)

Adanya Tsunami di laut. Tsunami adalah ombak besar yang terjadi di laut akibat adanya gempa bumi. Gempa bumi besar yang terjadi di laut, memicu terjadinya tsunami. Gempa bumi di laut, menyebabkan tekanan yang berubah secara drastis di laut. Tekanan yang terjadi secara tiba- tiba ini, mendorong air laut menjadi naik.

Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan Sosial

Gempa bumi juga memberikan dampak terhadap kehidupan dan juga sosial ekonomi masyarakat. Berikut 5 dampak gempa bumi terhadap lingukungan sosial, yakni :

1. Kebakaran

5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan

Kebakaran juga salah satu akibat dari gempa bumi. Akibat dari gempa bumi, rumah menjadi hancur, terjadi hubungan arus pendek dan akhirnya menyebabkan kebakaran.

2. Tanah Mengalami Kerusakan Akibat dari Tanah yang Bergetar

Rusaknya permukaa tanah, juga dapat merusak perkebunan maupun persawahan milik manusia. Selain itu, gempa bumi mampu mematahkan permukaan bumi, bahkan memutuskan sebuah jalan.

3. Banyaknya Kematian

Kematian adalah hal yang biasa terjadi akibat gempa bumi dengan skala yang besar. selain itu, matinya perekonomian juga salah satu akibat dari gempa bumi. Gempa bumi mengakibatkan kerugian besar pada satu daerah.

4. Polusi Udara

Kebakaran karena rusaknya installasi bangunan mengakibatkan tercemarnya udara karena meningkatnya gas karbondioksida CO2.

5. Munculnya Wabah Penyakit

Timbulnya penyakit adalah hal yang paling di khawatirkan, terutama di negara berkembang dan negara miskin. Hal itu disebabkan karena tidak memadainya air, sanitasi dan fasilitas kesehatan. Dengan demikian, penyakit dan infeksi akan mudah berkembang dan menyebar.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang 5 Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan, dimana akibat gempa bumi juga bisa terjadi melalui letusan gunung api, gerakan lempeng- lempeng, bahkan akibatnya tindakan dari manusia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *