NEWSLETTER

Perbedaan Definisi Geografi Menurut Para Ahli Dunia

Sawal Walker, Perbedaan definisi geografi menurut para ahli dunia – Dalam mempelajari ilmu geografi terlebih dahulu kita harus tahu, apa itu geografi dan bagaimana definisi geografi menurut para ahli. Begitu banyak definisi geografi menurut para ahli, yang harus kita ketahui. Untuk Anda yang belum mengetahui definisi geografi menurut para ahli, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang definisi geografi menurut para ahli, dari Indonesia. Bukan hanya dari Indonesia saja, kami juga akan membahas definisi geografi menurut para ahli dari luar negeri. Nah, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Definisi Geografi Menurut Para Ahli Dunia (Dalam Negeri dan Luar Negeri)

Gambar Perbedaan definisi geografi menurut para ahli dunia

Pengertian geografi menurut para ahli salah satunya menurut Bintarto, geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yg bersifat fisik maupun yg menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. Selain pengertian geografi menurut Bintarto, masih banyak definisi geografi menurut para ahli Indonesia lainnya. Berikut ini adalah 10 definisi geografi menurut para ahli, antara lain :

1. James Fairgrive

Definisi geografi menurut para ahli yang pertama yaitu menurut James Fairgrive, geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

Baca Juga Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

2. Harstone

Pengertian geografi menurut Harstone, geografi adalah sebuah ilmu yg menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yg berbeda dari keadaanya di tempat lain.

3. Frank Debenham

Definisi geografi menurut para ahli ke tiga yaitu menurut Frank Debenham, geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

4. I Made Sandy

Pengertian geografi menurut I Made Sandy, geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.

5. Frank Debenham

Definisi geografi menurut para ahli ke lima yaitu menurut Frank Debenham, geografi adalah ilmu yg bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

6. IGI

Pengertian geografi menurut Igi di Semarang tahun 1988 dan dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 1994 (GBPP 1994), pengertian geografi secara umum, geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

7. Herioso Setiyono

Definisi geografi menurut para ahli Indonesia ke tujuh yaitu menurut Herioso Setiyono, geografi merupakan suatu ilmu yg mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

8. Bisri Mustofa

Persamaan definisi geografi menurut para ahli ke delapan yaitu menurut Bisri Mustofa, geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.

9. Haris

Pengertian geografi menurut Haris, Geografi adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi. Pendapat Haris ini dikemukakan di tahun 2012 lalu.

10. Daldjoeni

Pengertian geografi menurut Daldjoeni, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup 3 hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka bumi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Perbedaan definisi geografi menurut para ahli dunia, dimana banyak para ahli, para tokoh dunia yang memaparkan berbagai pengertian atau definisi geografi, namun pada dasarnya mempunyai inti yang sama. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *