NEWSLETTER

Dimanakah Proses Terjadinya Pembelahan Sel

Sawal Walker, Dimanakah Proses Terjadinya Pembelahan Sel – Tahukah anda dimana proses terjadinya pembelahan sel?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang dimanakah proses terjadinya pembelahan sel. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai dimanakah proses terjadinya pembelahan sel secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Dimanakah Proses Terjadinya Pembelahan Sel
source: id.wikipedia.org

Pembelahan sel atau juga bisa di sebut sebagai regenerasi dari sebuah sel, pastinya terjadi pada semua makhluk hidup yang ada. Proses terjadinya pembelahan sel memiliki fungsi yang beragam. Tak bisa di pungkiri, pembelahan sel ini menunjang kehidupan semua makhluk hidup, agar terus ada dan dapat melangsungkan hidup mereka tanpa adanya kendala.

Dalam hal pembelahan sel, pastinya terdapat sebuah tempat tertentu yang nantinya akan terjadi suatu proses pembelahan sel, pada tempat tersebut. Ada beberapa tempat yang biasanya di tempat tersebut dapat terjadi proses pembelahan sel mitosis maupun meiosis.

Baca juga 3 Macam-Macam Pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis

Pada proses pembelahan sel secara mitosis terjadinya pada sel seluruh bagian tubuh, atau yang bisa di sebut juga dengan sel somatik. Di semua sel somatik ini, akan terjadi proses pembelahan sel yang nantinya akan menghasilkan sebuah perkembangan biakan yang terus terjadi setiap waktunya. Pembelahan sel secara mitosis di bagi menjadi dua lagi yaitu ada pada hewan serta manusia dan tumbuhan.

Proses Pembelahan Sel Pada Hewan dan Manusia

Proses pembelahan sel pada hewan dan manusia terjadi di beberapa tempat pada bagian tubuh mereka. Bagian tubuh tersebut adalah pada Seluruh kulit,

1. Otot-otot manusia dan hewan merupakan tempat yang dapat terjadi proses pembelahan sel.

2. Setiap helai rambut pada manusia dan hewan juga mengalami pembelahan sel.

3. Pada bagian hati jangan kalian kira karena hati itu kecil jadi tidak akan melakukan sebuah pembelahan sel, hati merupakan organ dalam, pada tubuh manusia maupun hewan yang dapat melakukan pembelahan sel dan meregenerasi kembali sel-selnya yang rusak maupun hilang, jadi apabila seseorang menyumbangkan setengah hatinya kepada orang lain, hati mereka akan tumbuh kembali dengan berjalannya waktu tak ada yang perlu ditakutkan.

4. Pembelahan sel juga terjadi pada zigot, kenapa? Karena zigot perlu berkembang biak agar dapat selalu memiliki cadangan zigot pada tumbuh jantan atau laki-laki, zigot sendiri melakukan pembelahan sel untuk mempertahankan generasinya agar tidak pernah punah dan dapat membuahi betina yang ada untuk meneruskan generasi yang masih sejenis dengan mereka sendiri.

5. Pernahkan kalian mendengar istilah morula ataupun morulasi? Dalam kasus ini, di morula juga terjadi proses pembelahan sel mitosis, yaitu saat terjadinya pembelahan sel secara terus-menerus sehingga terjadilah morula, sel yang terbelah akan menjadi berbentuk bulat karena membelah terus itu, dari bentuknya yang bulat membuat letak antara sel satu dan yang lainnya berdekatan letaknya.

6. Blastula juga merupakan tempat terjadinya proses pembelahan sel secara mitosis, blastula merupakan proses pembelahan sel setelah terjadinya morula yang terus mengalami pembelahan, proses terjadinya blastula ini ditandai dengan adanya perubahan pada sel yaitu adanya lekukan dan bentuk sel yang sudah tidak beraturan setelah pembelahan morula sebelumnya, di dalam blastula terdapat sebuah cairan yang disebut dengan Blastosoel.

Proses Pembelahan Sel Pada Tumbuhan

Proses pembelahan sel pada tumbuhan juga terjadi di beberapa tempat. Pembelahan sel ini yang membuat tumbuhan dapat berkembang menjadi lebih besar.

Baca juga Pembelahan Sel Pada Tumbuhan

• Di bagian ujung akar pada tumbuhan terjadi proses pembelahan sel yang fungsinya untuk memperluas jangkauan akar dalam mendapatkan sumber makanan bagi tumbuhan, dengan adanya pembelahan sel pada akar membuat akar dapat memanjang sesuai kebutuhan dari akar tumbuhan tersebut,

• Pada ujung Batang tumbuhan tentunya juga terjadi proses pembelahan sel, proses pembelahan sel membuat Batang dapat berkembang menjadi lebih besar, misalnya saja pada tumbuhan kayu-kayuan pastinya akan menjadi besar pada bagian batangnya, proses inilah yang biasanya terjadi sebuah proses pembelahan sel di Batang tumbuhan,

• Tumbuhan juga meregenerasi bagian tubuh mereka, yaitu dengan memperbaharui bagian tubuh mereka yang terluka, apabila ada suatu bagian pada tumbuhan misalnya kulit batang pada tumbuhan terkelupas atau tergores sedikit, tumbuhan dapat meregenerasi sel pada bagian yang rusak tersebut dan membuatnya kembali menutup seperti semula, sangat hebat dan luar biasa ternyata tumbuhan juga dapat melakukan regenerasi seperti yang dapat dilakukan oleh hewan dan manusia,

• Ternyata di bagian kelopak bunga pada tumbuhan juga terjadi proses pembelahan sel, pada bagian kelopak bunga proses pembelahan sel terjadi guna membuat bunga tersebut dapat berkembang menjadi lebih besar dari ukuran yang sebelumnya,

• Di bagian mahkota bunga yang kecil dan biasanya tidak begitu diperhatikan ini, terjadi pembelahan sel juga, pada mahkota bunga terjadi suatu proses reproduksi pada tumbuhan maka dari itu terjadilah pembelahan sel pada mahkota bunga karena, fungsi dari mahkota bunga juga sama seperti fungsi alat reproduksi pada hewan maupun manusia,

• Pada bagian yang terakhir pada tumbuhan yang melakukan proses pembelahan sel adalah daun, pada pastinya daun ini akan melakukan proses pembelahan sel karena daun merupakan hidung dan tempat pemroses makanan bagi tumbuhan itu sendiri, dengan adanya proses pembelahan sel membuat daun tersebut menjadi lebih besar dan lebar, sehingga dalam proses memasak untuk semua bagian tubuh tumbuhan dapat daun lakukan dengan baik dan benar.

Baca juga Apa Tujuan Dilakukan Pembelahan Meiosis

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang dimanakah proses terjadinya pembelahan sel pada hewan, manusia dan tumbuhan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *