NEWSLETTER

Fungsi Pembelahan Sel Secara (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)

Sawal Walker, Fungsi Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis) – Kalian perlu memahami bahwa pembelahan sel merupakan suatu proses yang dilakukan oleh sel induk yang akan membelah menjadi atau menghasilkan sel anak dalam jumlah tertentu dengan sifat-sifat bawaan yang nantinya akan dimiliki. Nah dimana pembelahan sel tersebut memiliki sifat-sifat dan tujuan-tujuannya tersendiri. Selain itu tidak sembarang sel pada makhluk hidup dapat melakukan pembelahan sel jenis tertentu. Karena pembelahan yang dibedakan jenisnya tersebut memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai fungsi pembelahan sel yang terjadi pada organisme atau makhluk hidup.

Sebelum membahas jauh mengenai fungsi pembelahan sel, ada baiknya jika kita tahu apa saja dasar-dasar dari pembelahan sel sendiri. Yang pertama, kami sudah menyebutkan sebelumnya yaitu sel induk. Sel induk ialah sel yang melakukan proses pembelahan dan nantinya akan menghasilkan sel baru atau individu baru. Nah sel baru yang dihasilkan dalam proses tersebut dinamakan sel anak. Kemudian tidaklah semua pembelahan sel memiliki macam atau jenis yang sama.

Baca juga Pembelahan Sel Amitosis dan Penjelasannya

Umumnya pembelahan sel terbagi menjadi 2 yaitu secara langsung dan tidak langsung. Dalam pembelahan langsung sendiri dapat disebut juga dengan pembelahan amitosis. Kemudian jenis pembelahan selanjutnya yaitu secara tidak langsung, dan dalam jenis yang ini terbagi menjadi 2 percabangan lagi yaitu meitosis dan mitosis.

Fungsi Pembelahan Sel Secara Amitosis, Mitosis dan Meiosis

fungsi pembelahan sel

Dan dalam artikel ini kami akan menjelaskan fungsi pembelahan sel berdasarkan macamnya dan juga secara umum atau keseluruhan.

1. Pembelahan Sel Secara Amitosis

Pembelahan jenis amitosis ialah pembelahan sederhana yang pertama-tama didahului dengan pembelahan bagian inti sel tanpa didahului benang spindel, penampakan kromosom, peleburan membran inti dan yang lainnya. Pada proses pembelahan ini, inti pertama-tama akan terbelah menjadi dua bagian dan kemudian inti tersebut langsung dibagikan kepada sel anak yang akan dibentuk dan kemudian diikuti pembelahan pada bagian sitoplasma dan juga membran sel.

Nah fungsi utama untuk pembelahan sel secara amitosis yaitu untuk reproduksi atau memperbanyak diri. Dimana dikarenakan sel ini biasanya dilakukan oles organisme atau makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel atau bersel tunggal maka sarana terbaik untuk melakukan perkembangbiakan.

2. Pembelahan Sel Secara Mitosis Bagi Makhluk Hidup

Pembelahan jenis selanjutnya yaitu pembelahan mitosis yang termasuk dalam pembelahan secara tidak langsung. Dimana pembelahan secara mitosis diawali dengan pembentukan benang-benang kumparan sperma (kromosom), nah hal tersebut biasanya terjadi pada sel-sel somatic (sel tubuh) dan sel nutfah. Nah setiap sel yang dihasilkan nantinya akan memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya.

Nah fungsi utama dari pembelahan sel ini yaitu untuk menggantikan sel-sel yang telah rusak dan mati. Seperti pada kulit kita yang melakukan regenerasi untuk menggantikan sel kulit mati atau rusak. Karena sel yang juga termasuk dalam bagian makhluk hidup tentunya memiliki masa waktu tertentu dalam tenggang masa hidupnya.

Dan juga mungkin sedikit info yang mungkin kalian belum tahu, bahwa sel-sel yang menyusun organ hati juga mengalami siklus pergantian sel semacam ini namun masanya tidak secepat sel pada kulit, yaitu berkisar dalam waktu tahunan. Nah yang membedakan pembelahan mitosis dengan amitosis selain secara langsung atau tidak langsung, pembelahan ini memiliki siklus sel tersendiri.

Baca juga Struktur Pembelahan Sel Beserta Fungsi dan Gambarnya

Dimana siklus sel merupakan urutan atau tahapan-tahapan yang menjadi mekanisme pembelahan sel hingga pembelahan sel selanjutnya terjadi lagi untuk menghasilkan individu yang baru lagi, nah hal ini yang menentukan berapa lama sel harus selalu berganti secara teratur.

3. Pembelahan Sel Secara Meiosis

Nah jenis pembelahan sel terakhir yaitu sel meiosis. Dimana pembelahan ini merupakan jenis pembelahan sel dimana setiap sel kromosomnya terbagi menjadi 2. Nah yang membedakan dari pembelahan sel sebelumnya yaitu jumlah kromosom yang nantinya dimiliki oleh sel anakan. Dimana pembelahan meiosis akan menghasilkan sel anakan yang memiliki jumlah kromosom 50 persen dari milik induknya sebelum membelah diri.

Fungsi utama dari pembelahan meiosis yaitu mengurangi jumlah kromosom yang telah dimiliki sel induk dan juga membentuk hasil zygot dari pertemuan sel goand yang selalu sama dengan individu yang telah ada. Dimana biasanya pembelahan sel ini berlangsung pada organ genetalia atau organ reproduksi. Pembelahan meiosisi terjadi mulai dari masa pubertas yang dialami oleh suatu makhluk hidup termasuk juga manusia. Dan hasil dari pembelahan sel ini, sel anak tidak memiliki kemampuan untuk melakuakan proses pembelahan kembali.

Baca juga Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap)

Penutup

Itu semua merupakan ulasan mengenai fungsi pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel pembentuk organisme atau makhluk hidup. Dimana setiap proses pembelahan juga memiliki kriteria dan fungsi masing-masing untuk tujuan setiap prosesnya. Kalian dapat mengamati berbagai kriteria sebagai pembeda tiap pembelahan sel berdasarkan lokasi pembelahan, jumlah pembelahan, jumlah sel anak hasil pembelahan, jumlah kromosom anak, komponen genetic, dan fungsi tiap pembelahan. Dengan hal tersebut kalian dapat mengetahui bagaimana proses pembelahan sel pada suatu organisme terjadi.

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang fungsi pembelahan sel (Amitosis, Mitosis dan Meiosis), dimana dapat disimpulkan fungsi pembelahan sel adalah untuk Perbaikan pertumbuhan dan perkembangbiakan sel. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pendidikan biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *