NEWSLETTER

Ilmu Penunjang Geografi dan Contohnya

Sawal Walker, Ilmu penunjang geografi dan contohnya – Sebagai ilmu geografi mempunyai cakupan dan karakteristik yang sangat luas, hal ini tentu saja karena geografi ditunjang oleh ilmu-ilmu lainnya. Ilmu penunjang geografi juga disebut sebagai cabang-cabang ilmu geografi. Jika Anda belum paham tentang ilmu penunjang geografi, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang ilmu penunjang geografi, dan contohnya. Langsung saja mari simak penjelasan ilmu penunjang geografi berikut ini.

Ilmu Penunjang Geografi Secara Spesifik

Gambar Ilmu Penunjang Geografi

Kajian geografi mempelajari bumi secara fisik, gejala sosial, teritorial, dan interaksi antarmanusia. Hal ini menjadi ciri geografi yang spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Geografi berada pada posisi sentral di dalam sistem pengetahuan karena berada dalam dua bagian ilmu. Di satu pihak mempelajari hal-hal yang bersifat fisik, dan di lain pihak mempelajari hal-hal yang bersifat sosial.

Dengan demikian, tampak dengan jelas bahwa geografi tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari ilmu penunjang lainnya. Berikut 20 ilmu penunjang geografi secara spesifik yang bisa Anda lihat di bawah ini dan contohnya, antara lain :

Baca Juga Ruang Lingkup Geografi

  1. Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan proses terjadinya.
  2. Hidrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang air baik di permukaan maupun di bawah permukaan tanah.
  3. Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi, meliputi asal terjadinya, struktur, komposisi sejarah, serta proses alamiahnya.
  4. Botani adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia tumbuhan dan persebarannya.
  5. Oceanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang perairan laut dan isinya, antara lain, sifat-sifat air laut, terjadinya pasang surut, kedalaman, arus, geologi dasar laut, tumbuhan, binatang, serta hubungan antara laut dan atmosfer.
  6. Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan cuaca.
  7. Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keadaan iklim.
  8. Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup di permukaan bumi.
  9. Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, migrasi, dan persebaran penduduk.
  10. Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.
  11. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pola pergaulan manusia dalam masyarakat.
  12. Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.
  13. Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mencapai kemakmuran.
  14. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar atmosfer bumi, seperti matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa, baik sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan sampai pada proses kejadian benda langit. Baca Juga Contoh Pendekatan Keruangan
  15. Geografi politik adalah cabang ilmu geogarfi yang khusus mempelajari tentang kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.
  16. Geografi fisik adalah ilmu penunjang geografi fisik ini cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi.
  17. Geografi manusia adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk.
  18. Geografi regional adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi Asia tenggara dan geografi timur tengah.
  19. Kartografi adalah ilmu tentang peta, baik teknis pembuatan, jenis, maupun pemanfaatannya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Ilmu penunjang geografi dan contohnya, dimana sebagai ilmu geografi mempunyai cakupan dan karakteristik yang sangat luas, hal ini tentu saja karena geografi ditunjang oleh ilmu-ilmu lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *