NEWSLETTER

Kewajiban Setelah Punya NPWP, Ketahui Kewajibannya!

Sawal Walker, Kewajiban Setelah Punya NPWP, Ketahui Kewajibannya! – Tahukah anda kewajiban setelah punya NPWP?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang kewajiban setelah punya NPWP, pribadi maupun bisnis. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai kewajiban setelah punya NPWP secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

kewajiban setelah punya NPWP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Baca juga Biaya Pembuatan NPWP Secara Umum Gratis

Apa Kewajiban Setelah Punya NPWP

Karena kebanyakan masyarakat masih sangat awam di bidang perpajakan maka yang terjadi adalah kesalahpahaman. Dan hal ini sudah bisa terjadi puluhan tahun bahkan hingga sekarang. Dengan setelah buat NPWP bukan berarti selesai sudah urusan Anda.

Malah sebaliknya, setelah mempunyai NPWP maka dimulai pula kewajiban perpajakan Anda untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak atas penghasilan yang Anda dapatkan.

Setelah memiliki NPWP, kewajiban untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak tidak sama untuk masing-masing pemilik kartu NPWP. Sebagai gambaran saja, untuk pegawai/karyawan pajaknya sudah dipotong oleh pemberi kerja setiap bulannya. Sehingga kewajiban menghitung dan membayar sudah diwakilkan oleh pemberi kerja.

Tinggal kewajiban melaporkan pajaknya saja yang dilakukan setahun sekali melalui lapor SPT Tahunan. Melapor pajak bukan membayar pajak, karena sering sekali banyak yang salah paham soal ini. Pajak Anda sudah disetorkan, Anda hanya melaporkan yang sudah disetorkan tersebut.

Sementara jika Anda usahawan, maka setelah punya NPWP, kegiatan menghitung dan membayar pajak harus Anda lakukan sendiri setiap bulannya. Dan di akhir tahun pajak Anda diminta untuk melaporkan pajak yang sudah Anda hitung dan bayarkan tersebut. Namun jika Anda memiliki kewajiban pajak misalkan PPN, maka Anda juga wajib lapor pajak bulanan.

Dan terakhir untuk badan usaha setelah punya NPWP, kegiatan menghitung, membayar, dan melaporkan pajak dilakukan setiap bulannya. Sehingga untuk badan usaha dikenal istilah lapor SPT Masa dan Lapor SPT Tahunan.

Baca juga Mengetahui Tarif Bayar NPWP Berapa

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Kewajiban Setelah Punya NPWP, Ketahui Kewajibannya! Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pajak berikutnya.

Sumber: https://www.pajakbro.com/2017/02/setelah-punya-npwp.html

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *