NEWSLETTER

3 Macam-Macam Pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis

Sawal Walker, 3 Macam-Macam Pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis – Tahukah anda macam-macam pembelahan sel?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang macam macam pembelahan sel, diantaranya Amitosis, Mitosis, dan Meiosis. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai macam-macam pembelahan sel secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Proses pembelahan sel yang merupakan proses dimana suatu sel induk akan membelah dan menjadikan individu baru sebagai hasil dari proses tersebut. Tujuan utama adanya proses ini yaitu untuk sel tersebut dapat mempertahankan jenisnya, tumbuh dan berkembang, menggantikan sel lama yang telah rusak ataupun mati, membentuk varian sel yang baru, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas suatu bagian dari proses pembelahan sel yaitu macam atau jenisnya.

Baca juga Tujuan Pembelahan Sel

Macam-Macam Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis, Meiosis)

Pada dasarnya pembelahan sel sendiri terdiri dari 3 macam yaitu Amitosis, Mitosis, dan juga yang terakhir Meiosis. Yang perlu kalian pahami terlebih dahulu yaitu konsep dasar dari pembelahan sel itu sendiri. Bagian sel yang melakukan pembelahan dinamakan sel induk dan bagian sel hasil dari proses pembelahan yang dilakukan oleh sel induk dinamakan sel anak.

Cara dari pembelahan sel sendiri terbagi menjadi 2 cara yaitu baik secara langsung ataupun pembelahan sel yang dilakukan secara tidak langsung. Untuk pembelahan secara langsung dapat disebut dengan Amitosis. Dan untuk pembelahan sel yang dilakukan secara tidak langsung terdiri dari 2 macam yaitu Mitosis dan Meiosis.

1. Pembelahan sel secara Amitosis

macam-macam pembelahan sel - amitosis

Jenis pembelahan yang pertama akan kita bahas yaitu pembelahan amitosis. Secara etimologi pembelahan jenis ini berarti penggabungan 2 kata yang a berarti tidak dan mitos yang berarti benang. Dari kedua arti tersebut dapat kita simpulkan pembelahan sel jenis ini merupakan pembelahan sederhana yang didahului dengan pembelahan init tanpa didahului pembentukan kromosom, spindel, dan ciri lainnya.

Pembelahan Amitosis (Pembelahan biner) berlangsung secara spontan tanpa melalui tahap-tahap pembelahan sel. Contohnya pada organisme prokariotik (bakteri). Karena sel bakteri tidak memiliki membran inti yang membatasi nukleopasma dengan sitoplasma. Maka dari itu biasanya pembelahan jenis ini dilakukan oleh makhluk hidup yang memiliki sel tunggal atau uniseluler seperti amoeba, alga biru, dan lain-lain.

Ciri yang dihasilkan dari pembelahan sel ini dimana sel anak akan mewarisi sifat yang berasal dari sel induk yang sangat identik bahkan sama persis.

Proses dari pembelahan sel secara amitosis ini dimana pertama inti terbelah menjadi 2 bagian, kemudian inti tersebut langsi didistribusikan pada sel anak yang akan dihasilkan, selanjutnya diikuti dengan pembelahan pada bagian sitoplasma dan membran sel. Untuk ringkasnya pembelahan sel secara amitosis ini memiliki ciri khusus dibandingkan dengan jenis pembelahan lainnya. Yaitu biasanya pembelahan sel ini dilakukan oleh makhluk yang bersel tunggal dan pada prosesnya setipa sel akan membelah menjadi 2 sel.

2. Pembelahan sel secara Mitosis

macam-macam pembelahan sel

Pemebelahan selanjutnya yaitu secara Mitosis. Pembelahan ini termasuk dalam pembelahan sel yang dilakukan secara tidak langsung. Dikarenakan dalam prosesnya, nukleus atau inti ridak langsung membelah namun hal pertama yaitu dilakukannya pembentukan kromosom atau benang-benang pembentuk sperma. Proses ini biasanya terjadi pada sel-sel tubuh dan sel nutfah.

Proses pembelahan secar mitosis akan menghasilkan 2 individu baru atau sel anak yang baru dimana setiap sel yang dihasilkan tersebut akan memiliki sel kromosom yang jumlahnya sama dengan sel induk. Tetapi karena satu sel dapat membelah menghasilkan 2 sel anak, maka kecepatan untuk membelah pada setiap selnya berbeda-beda. Kalian dapat menemui proses pembelahan sel ini seperti pada sel germinatikum pada kulit yang bekerja untuk menggantikan sel sel kulit yang telah mati.

Jadi pembelahan mitosis adalah pembelahan yang melalui tahap-tahap tertentu.

  • Terjadi pada sel somatik/tubuh.
  • Terjadi pada awal proses pembentukan gamet.
  • Jumlah sel sel dari hasil pembelahan yaitu 2. Jumlah kromosom anaknya sama dengan induknya.
  • Tujuannya yaitu pertumbuhan, regenerasi/perbaikan jaringan.
  • Tahap pembelahannya hanya terjadi satu kali.

2. Pembelahan sel secara Meiosis

macam-macam pembelahan sel

Dan macam pembelahan yang terakhir yaitu pembelahan sel secara Meiosis. Proses ini akan melakukan pembelahan sel dengan cara dimana setiap sel kromosomnya juga dibagi menjadi dua. Pembelahan yang juga sering disebut reduksi ini akan menghasilkan sel anak yang memiliki jumlah sel kromosom setengah dari induknya.

Tujuan dari pembelahan sel meiosis sendiri adalah mereduksi kromosom atau mengurangi jumlah sel kromosom pada sel sebelumnya. Lalu juga untuk membentuk gametogenesis dan membentuk hasil zygot dari pertemuan sel goand yang selalu sama dari sel induk. Pada pembelahan meiosis dikarenakan sel kromosom sel anak memiliki setengah dari sel induknya maka akan menghasilkan 4 individu baru. Tetapi sel anak yang telah dihasilkan tidak dapat membelah menghasilkan individu baru.

Nah itu semua merupakan jenis-jenis pembelahan sel yang ada. Pada dasarnya pembelahan sel hanya dibedakan dengan proses terbelahnya sel itu sendiri. Dan dengan cara lain kalian juga dapat mengidentifikasikan jenis pembelahan yang terjadi dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh setiap proses pembelahan yang terjadi.

Atau cara paling sederhana yaitu kalian cukup mengklasifikasikan organisme atau mahkluk hidup apa yang kalian sedang amati. Apakah uniseluler atau multiseluler, jika uniseluler maka biasanya makhluk tersebut akan membelah diri dengan atau secara langsung yang termasuk amitosis. Dan jika kalian sedang mengamati makhluk multiseluler kalian harus menganalisisnya lebih lanjut dengan hasil pembelahan yang didapat apakah termasuk ke pembelahan secara mitosis atau meiosis.

Semua ciri khusus yang ada pada setiap jenis pembelahan ada baiknya kalian pahami atau jika bisa kalian dapat menguasainya di luar kepala dengan begitu akan sangat mudah untuk mengidentifikasikan pembelahan apa yang sedang terjadi.

Baca juga Struktur Pembelahan Sel Beserta Fungsi dan Gambarnya

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 3 macam-macam pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *