NEWSLETTER

Macam-Macam Pola Aliran Sungai Dan Keterangannya

Sawal Walker, Macam-macam pola aliran sungai dan keterangannya – Dalam materi Geografi kelas X, kita  akan mempelajari tentang macam-macam pola aliran sungai. Materi macam-macam pola aliran sungai, harus kita kuasai. Bagi Anda yang belum paham tentang macam-macam pola aliran sungai, tepat sekali Anda mengujungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas, tentang macam-macam pola aliran sungai, beserta gambarnya. Nah, bagaimana kira-kira macam-macam pola aliran sungai tersebut? simak penjelasan di bawah ini.

Macam-Macam Pola Aliran Sungai Beserta Gambarnya

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai

Apa itu, pengertian pola aliran sungai? Pola aliran sungai adalah pola dari organisasi atau hubungan keruangan dari lembah-lembah, baik yang dialiri sungai maupun lembah yang kering atau tidak dialiri sungai. Sebuah sungai dan cabangnya dapat membentuk suatu pola aliran. Citra satelit yang paling baik digunakan untuk mengetahui pola aliran adalah citra radar (ifsar) yang menghasilkan kenampakan tiga dimensi yang paling baik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam pola aliran sungai beserta gambar dan keterangannya, antara lain :

Baca juga Pengertian Geografi Secara Umum

1. Pola Aliran Dendritik

Macam-macam pola aliran sungai yang pertama, adalah pola aliran dendritik. Pola ini mirip sebuah gambaran batang pohon dengan cabang-cabangnya, mengalir kesemua arah dan akhirnya menyatu diinduk sungai. Jenis pola aliran ini, maksudnya pola aliran yang tidak teratur.  Sungai yang memiliki pola aliran sungai denditrik terdapat di daerah pantai atau dataran rendah. Aliran sungai ini pada akhirnya, akan bermuara ke pantai. Berikut gambar pola aliran dendritik:

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran Dendritik

2. Pola Aliran Pinnate

Macam-macam pola aliran sungai kedua, adalah pola aliran pinnate. Pola aliran pinnate berbentuk lurus sejajar seperti anak panah dengan sudut lancip dengan sungai induknya, terdapat di daerah hulu sungai yang berlereng terjal/curam. Sungai ini biasanya, terdapat pada bukit yang lerengnya terjal. Berikut gambar pola aliran pinnate:

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran Pinnate

3. Pola Aliran Trellis

Macam-macam pola aliran sungai ke tiga adalah sungai yang memiliki pola aliran trelis. Pola aliran sungai berbentuk sudut siku-siku dan sejajar mengalir tegak lurus dengan anak sungai yang berbentuk ruas daun, terdapat di daerah pegunungan lipatan. Ini dia gambar pola aliran sungai di daerah pegunungan.

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran Trellis

4. Pola Aliran Rectangular

Macam-macam pola aliran sungai ke empat adalah pola aliran rectangular. Pola aliran yang membentuk pola persegi empat dengan sudut siku-siku yang tegak lurus, pola ini terdapat di daerah patahan. Pola aliran rectangular ini mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Berikut gambar pola aliran rectangular :

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Rectangular

5. Pola Aliran Anular

Macam-macam pola aliran sungai ke lima adalah pola aliran anular. Sungai dengan pola aliran ini mempunyai beberapa jenis pola aliran yang bercampur, pada awalnya merupakan pola aliran radial sentrifugal, kemudian muncul sungai dengan aliran subsekuen yang sejajar, lalu ada sungai subsekuen dan sungai resekuen. Pola aliran sungai ini sangat kompleks dan jumlahnya hanya terbatas dan tidak di semua tempat ada. Pola aliran sungai yang melingkar di hilir sungai hasil perkembangan dari pola aliran radial sentrifugal, terdapat di daerah pegunungan kapur/karst. Berikut gambar pola aliran anular:

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran Anular

6. Pola Aliran SentriFugal (F=menyebar)

Macam-macam pola aliran sungai ke enam adalah pola aliran sentriFugal. Pola aliran sungai yang arah aliran airnya menyebar mengalirin lereng-lereng pegunungan ke segala arah, terdapat di daerah perbukitan dan cembungan (kawah gunung berapi) dan yang baru mencapai stadium muda dan arah alirannya menuruni lereng. Berikut gambar pola aliran sentrifugal:

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran SentriFugal

7. Pola Aliran Radial SentriPetal (P=pusat)

Macam-macam pola aliran sungai ke tujuh yaitu pola aliran radial sentripetal. Pola aliran sungai yang arah aliran airnya memusat pada suatu daerah depresi yang lebih rendah, terdapat di daerah cekungan (danau). Arah alirannya, menuju ke pusat depresi. Berikut gambar pola aliran radial sentripetal:

Gambar Macam-Macam Pola Aliran Sungai
Gambar Pola Aliran Radial SentriPetal

Endapan Aliran Sungai

Endapan pada aliran sungai adalah sebagai berikut:

  1. Dataran banjir adalah endapan pada dasar sungai, yang terjadi pada sungai-sungai tersebut sudah mencapai stadium dewasa.
  2. Kerucut aluvial terjadi karena berkurangnya daya angkut yang disebabkan oleh perubahan gradien.
  3. Gosong sungai terjadi karena mengalami gradasi pada musim hujan.
  4. Kipas aluvial terjadi karena sungai mengalami perubahan gradien yang drastis dari daerah pegunungan mencapai dataran rendah.
  5. Gosong meander adalah endapan yang berupa gisik, yang terbentuk pada bagian dalam meander.
  6. Gosong delta adalah endapan yang dibentuk oleh anak sungai pada waktu bertemu dengan induk sungai.
  7. Delta adalah endapan yang terbentuk pada sungai yang mencapai base level. Delta terjadi akibat adanya penurunan kecepatan secara drastis.
  8. Tanggul alam merupakan endapan yang terjadi di tepi sungai.
  9. Endapan sungai liar adalah endapan pada sungai yang alirannya berpindah-pindah dan tidak tetap.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang macam-macam pola aliran sungai dan keterangannya, dimana pola aliran sungai adalah pola dari organisasi atau hubungan keruangan dari lembah-lembah, baik yang dialiri sungai maupun lembah yang kering atau tidak dialiri sungai. Sebuah sungai dan cabangnya dapat membentuk suatu pola aliran. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi selanjutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *