NEWSLETTER

25 Nama Kapal PELNI dan Tujuan Pelayarannya

Sawal Walker, 25 Nama Kapal PELNI dan Tujuan Pelayarannya – Tahukah anda nama kapal pelni dan tujuan?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang nama kapal pelni dan tujuan pelayarannya di Indonesia. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai nama kapal pelni dan tujuan secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Kapal Pelni adalah kapal yang mengangkut barang atau orang dengan menyeberangi lautan ini desebut juga sebagai alat transportasi laut. Di indonesia terdapat 25 kapal pelni yang berlayar menyeberangi lautan sehingga sampai ke pulau yang satu ke pulau lain.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) merupakan perusahaan pelayaran nasional menyediakan jasa angkutan transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang & muatan barang antar pulau. Pada saat ini perusahaan mengoperasikan 25 Jenis kapal penumpang & tiga jenis kapal barang. PT PELNI (PERSERO) dalam menjalankan tanggung jawabnya selain terbatas melayani jalur komersial, namun serta melayani pelayaran bersama jalur pulau-pulau terkecil terluar. Dikala ini, ada 92 pelabuhan yang disinggahi kapal PELNI bersama 46 kantor cabang & dilayani di 400 travel agen yang menyebar di Indonesia.

Daftar Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Berikut ini daftar nama dan rute kapal Pelni yang terangkum dalam website kami SMICARGO – Spesial Pengiriman Barang dan Kendaraan Indonesia Timur.

1. Kapal Pelni AWU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar dan nama kapal Pelni yang pertama adalah KM. Awu yang diambil dari nama gunung berapi yang terletak di Pulau Sangihe, Kepulauan Sangihe merupakan Gunung AWU. Kepulauan Sangihe ini terletak di Propinsi Sulawesi Utara. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Awu tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 969 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Awu ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang) dan Kelas Ekonomi (915 penumpang).

KM AWU dibuat pada tahun 1991 di Jerman, yang berarti saat ini Kapal Pelni tersebut telah berusia 27 tahun. Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni awu ini yaitu SURABAYA, KUMAI, BENOA/DENPASAR, BIMA, WAINGAPU, ENDE, SABU, ROTE, KUPANG, LARANTUKA, KALABAHI.

2. Kapal Pelni BINAIYA

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Sebagaimana kebiasaan PT Pelni yang sering menamai nama kapalnya dengan nama bukit atau nama gunung yang ada di Indonesia. KM Binaiya disini mungkin diambil dari nama salah satu gunung yang berada di Pulau Seram yang merupakan bagian dari daerah Provinsi Maluku yang bernama Gunung BINAIA atau BINAIYA atau BINAIJA. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Provinsi Maluku dengan memiliki ketinggian 3.027 m (9.931 kaki) yang terletak pada koordinat 3°10′24″LU 129°27′18″BT.

Gunung BINAIYA ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Mutiara Nusa Ina. Tiket pelni yang dijual untuk Binaiya ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang) dan Kelas Ekonomi (916 penumpang). Kapal pelni ini dibuat pada tahun 1994 di Jerman yang berarti kapal ini telah berusia 24 tahun. Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni binaiya ini yaitu SURABAYA, SAMPIT, SEMARANG, BARRU, BELANG-BELANG, BALIKPAPAN, TANAH GROGOT.

3. Kapal Pelni BUKIT RAYA

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal pelni berikutnya adalah KM. Bukit Raya. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Bukit Raya tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 970 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Bukit Raya ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang) dan Kelas Ekonomi (916 penumpang). Seandainya Anda belum tahu, ada satu buah gunung yang terletak di Kab Katingan yang bernama BUKIT RAYA atau GUNUNG RAYA. Ketinggian gunung ini mencapai 2.278 m (7.474 kaki) sebagai gunung paling tinggi di Kalimantan. Kawasan lebih kurang Bukit Raya jadi cagar alam ini masuk di kawasan (TN) Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

PT Pelni serta menamai salah kapal lautnya dgn nama BUKIT RAYA. Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Bukit Raya ini yaitu SURABAYA, PONTIANAK, SERASAN, MIDAI, NATUNA, TAREMPA, LETUNG, KIJANG, BELINYU, TANJUNG PRIOK.

4. Kapal Pelni BUKIT SIGUNTANG

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Bukit Siguntang tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 2.003 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Bukit Siguntang ini ada 6 macam kelas yaitu Kelas I (64 orang), Kelas IB (80 orang), Kelas IIA (144 orang), Kelas IIB (96 orang), Kelas III (355 orang), Kelas Ekonomi (1.264 orang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Bukit Siguntang ini yaitu BALIKPAPAN, PARE-PARE, MAKASSAR, MAUMERE, LEWOLEBA, KUPANG, TARAKAN, NUNUKAN, BAU-BAU.

5. Kapal Pelni CIREMAI

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Pernahkah anda mendengar nama sebuah gunung di Jawa Barat yaitu GUNUNG CIREMAI. Letak gunung ini berada di tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Titik koordinat gunung ceremai ini berada pada 6,53°LS 108,24°BT yang memiliki ketinggian 3.084 m. Gunung Ceremai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

PT pelni juga menamai salah satu kapal lautnya dengan nama gunung ini yaitu CIREMAI. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Ciremai tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.973 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Ciremai ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 (44 penumpang), Kelas 2 (88 penumpang), Kelas 3 (288 Penumpang), dan Kelas Ekonomi (1.553 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Ciremai ini yaitu SERUI, MANOKWARI, SORONG, BAU-BAU, MAKASSAR, SURABAYA, TANJUNG PRIOK, JAYAPURA.

6. Kapal Pelni DOBONSOLO

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal pelni selanjutnya ada KM. Dobonsolo. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Dobonsolo tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.974 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Dobonsolo ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 untuk 44 orang, Kelas 2 untuk 88 orang, Kelas 3 untuk 288 orang, dan Kelas Ekonomi untuk 1.554 orang.

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Dobonsolo ini yaitu SURABAYA, MAKASSAR, BAU-BAU, SORONG, MANOKWARI, JAYAPURA, TANJUNG PRIOK.

7. Kapal Pelni DOROLONDA

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Dorolonda cukup besar sanggup memuat calon penumpang sampai 2.130 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Dorolonda ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1S (12 penumpang), Kelas 1A (36 penumpang), Kelas 1B (56 Penumpang), dan Kelas Ekonomi (2.026 penumpang). Kapal pelni lainnya yang sejenis dengan Kapal Pelni DOROLONDA adalah KM. Nggapulu.

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Dorolonda ini yaitu TANJUNG PRIOK, SURABAYA, BALIKPAPAN, PANTOLOAN, TOLI-TOLI, BITUNG, TERNATE, SORONG, MANOKWARI, NABIRE, SERUI, BIAK, JAYAPURA.

8. Kapal Pelni EGON

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal Pelni selanjutnya adalah Egon. Anda berencana naik kapal laut dari Pelabuhan Semarang dengan tujuan Pelabuhan Kumai atau sebaliknya naik dari Pelabuhan Kumai dengan tujuan Pelabuhan Semarang, maka salah satu alternatif pilihan yaitu menggunakan kapal pelni.

Salah satu kapal pelni yang dioperasikan pada tahun 2016 yang melayani rute Semarang – Kumai atau rute sebaliknya dari Kumai –Semarang adalah Kapal EGON. Kapal laut ini selain melayani rute Semarang-Kumai atau sebaliknya, juga melayani rute Semarang-Banjarmasin atau sebaliknya Banjarmasin – Semarang.

9. Kapal Pelni GUNUNG DEMPO

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Pernahkah Anda mendengar nama suatu gunung di Sumatera ialah Gunung Dempo. Bila Anda belum mendengarnya sehingga butuh didapati bahwa Gunung ini terletak di perbatasan Sumatera Selatan & Propinsi Bengkulu, tepatnya berada di Kota Pagaralam. Ketinggian gunung ini mencapai 3.173 m (10.410 kaki). Letak koordinat gunung ini berada kepada 4,03°LS 103,13°BT yang dengan cara geologi bertipe gunung Stratovolcano. Letusan Gunung Dempo terakhir yang terdaftar berlangsung terhadap tahun 2009. Daftar nama dan rute kapal Pelni selanjutnya yaitu Kapal Gunung Dempo dibuat pada tahun 2006 di Jerman, yang ini berarti pada tahun 2015 ini usia kapalnya telah mencapai 9 tahun.

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Gunung Dempo juga lumayan besar yaitu sanggup memuat calon penumpang sampai 1.583 orang. Tiket pelni yang dijual untuk GUNUNG DEMPO ini ada tiga macam kelas yaitu Kelas 1A (72 orang), Kelas 1B (24 orang) dan Kelas Ekonomi (1.487 orang). Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Gunung Dempo ini yaitu TANJUNG PRIOK, SURABAYA, MAKASSAR, AMBON, SORONG, BIAK, JAYAPURA.

10. Kapal Pelni KELIMUTU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Kelimutu tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 920 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Kelimutu ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang) dan Kelas Ekonomi (866 penumpang). Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni kelimutu ini yaitu WANCI, BAU-BAU, MAKASSAR, BIMA, BENOA/DENPASAR, SURABAYA, LABUAN BAJO, AMBON, BANDA, SAUMLAKI, TUAL, DOBO, TIMIKA, AGATS, MERAUKE, SAMPIT, SEMARANG.

11. Kapal Pelni KELUD

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute selanjutnya adalah kapal Pelni Kelud, Kapasitas daya angkut Kapal Laut Kelud tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.906 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Kelud ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 (144 penumpang), Kelas 2 (364 penumpang), Kelas 3 (594 Penumpang), dan Kelas Ekonomi (804 penumpang). Kapal pelni lainnya yang sejenis dengan Kapal Pelni Kelud adalah KM. Sinabung.

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Kelud ini yaitu TANJUNG PRIOK, PULAU BATAM, TANJUNG BALAI, BELAWAN.

12. Kapal Pelni LABOBAR

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Labobar cukup besar sanggup memuat calon penumpang sampai 3.084 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Labobar ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1A dengan daya tampung 26 orang, Kelas 1B dengan daya tampung 40 orang, Kelas III wisata dengan daya tampung 1.152 orang dan Kelas Ekonomi dengan daya tampung 1.866 orang.

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni labobar ini yaitu NABIRE, JAYAPURA, WASIOR, MANOKWARI, SORONG, MAKASSAR, SURABAYA, SEMARANG, BALIKPAPAN.

13. Kapal Pelni LAWIT

Nama Kapal PELNI dan tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Lawit tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 920 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Lawit ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 orang), Kelas 2 (40 orang) dan Kelas Ekonomi (866 orang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Lawit ini yaitu SERASAN, MIDAI, NATUNA, TAREMPA, LETUNG, KIJANG, TANJUNG PANDAN, TANJUNG PRIOK, PONTIANAK, SURABAYA, SAMPIT, SEMARANG.

14. Kapal Pelni LAMBELU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute berikutnya adalah kapal pelni Lambelu. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Lambelu juga lumayan besar yaitu sanggup memuat calon penumpang sampai 2.003 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Lambelu ini ada 6 macam kelas yaitu Kelas I (64 Orang), Kelas IB (80 Orang), Kelas IIA (144 Orang), Kelas IIB (96 Orang), Kelas III (355 Orang) dan Kelas Ekonomi (1.264 Orang).

Rute perjalanan yang dilalui oleh kapal pelni Lambelu melalui beberapa pelabuhan nasional yaitu PARE-PARE, BALIKPAPAN, PANTOLOAN, TARAKAN, NUNUKAN, MAKASSAR, BAU-BAU, TOLI-TOLI, MAUMERE, LEWOLEBA.

15. Kapal Pelni LEUSER

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal pelni selanjutnya adalah Lauser. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Leuser tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 970 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Leuser ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang) dan Kelas Ekonomi (916 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Leuser ini yaitu SAMPIT, BAWEAN, SURABAYA KUMAI, SEMARANG, PONTIANAK.

16. Kapal Pelni NGGAPULU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Nggapulu juga lumayan besar yaitu sanggup memuat calon penumpang sampai 2.130 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Nggapulu ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1A (36 Orang), Kelas 1B (56 Orang), Kelas 1s (12 Orang), dan Kelas Ekonomi (1.264 Orang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Nggapulu ini yaitu FAK-FAK, AMBON, NAMLEA, BAU-BAU, MAKASSAR, SORONG, MANOKWARI, WASIOR, NABIRE, SERUI, JAYAPURA, BIAK.

17. Kapal Pelni PANGRANGO

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Pangrango ini cukup kecil hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 500 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Pangrango ini ada 3 macam kelas yaitu kelas 1 (10 orang), kelas 2 (24 orang), dan kelas ekonomi (466 orang). Ditilik dari usia pembuatannya, kapal laut pangrango ini termasuk kapal tua yang sudah berusia 22 tahun karena dibikin pada tahun 1993.

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Pangrango ini yaitu AMBON, SAUMLAKI, TEPA, MOA, KISAR, GESER, BULA, NAMROLE.

18. Kapal Pelni SANGIANG

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute berikutnya adalah Sangiang. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Sangiang tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 510 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Sangiang ini ada 2 macam kelas yaitu Kelas 2 (44 penumpang) dan Kelas Ekonomi (466 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni sangiang ini yaitu: Bitung, Kahikitang, Tahuna, Marore, Lirung, Karatung, Miangas, Karatung, Gorontalo, P.Togian, Poso, Ternate, Sanana, Namlea, Ambon, Tobelo, Buli, Gebe.

19. Kapal Pelni SINABUNG

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Tahukah anda dimana letak keberadaan Gunung Sinabung ? Bila anda belum tahu, letak gunung Sinabung berada di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini mencapai 2460 m (8.071 kaki) yang berada pada titik koordinat 3°10′12″LU 98°23′31″BT. Secara geologi gunung Sinabung termasuk kedalam jenis Stratovolcano.

Gunung ini sejak tahun 1600 tidak pernah tercatat meletus, namun mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir dari Gunung Sinabung yang tercatat yaitu pada tanggal 5 Januari 2014 (dikutip dari wikipedia).

PT pelni juga menamai salah satu kapal lautnya dengan nama gunung ini yaitu SINABUNG. Daftar nama dan rute kapal pelni selanjutnya KM. Sinabung memiliki kapasitas daya angkut Kapal Laut Sinabung tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.906 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Sinabung ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 (144 penumpang), Kelas 2 (364 penumpang), Kelas 3 (594 penumpang) dan Kelas Ekonomi (804 penumpang).

Beberapa pelabuhan yang dilalui oleh KM. Sinabung di bulan Maret – April 2018 yaitu TERNATE, AMBON, NAMLEA, BAU-BAU, MAKASSAR, SURABAYA, TANJUNG PRIOK, KIJANG, BITUNG, PULAU BATAM.

20. Kapal Pelni SIRIMAU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Sirimau tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 969 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Sirimau ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1A (14 penumpang), Kelas 1B (40 penumpang), dan Kelas Ekonomi (915 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Sirimau ini yaitu CIREBON, SEMARANG, SAMPIT, SURABAYA, BATULICIN, MAKASSAR, BIMA, LABUAN BAJO, LARANTUKA, KUPANG, KALABAHI, SAUMLAKI, TUAL, DOBO, TIMIKA, AGATS, MERAUKE.

21. Kapal Pelni TATAMAILAU

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal pelni selanjutnya adalah Tatamailau. Kapasitas daya angkut Kapal Laut Tatamailau tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 969 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Tatamailau ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang), dan Kelas Ekonomi (915 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Tatamailau ini yaitu MERAUKE, AGATS, TIMIKA, TUAL, KAIMANA, FAK-FAK, SORONG, BABANG (BACAN), BITUNG, MOROTAI.

22. Kapal Pelni TIDAR

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Tidar tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.904 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Tidar ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 (40 penumpang), Kelas 2 (88 penumpang), Kelas 3 (288 Penumpang), dan Kelas Ekonomi (1.488 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Tidar ini yaitu BAU-BAU, AMBON, BANDA, TUAL, DOBO, KAIMANA, FAK-FAK, MAKASSAR, SURABAYA, TANJUNG PRIOK.

23. Kapal Pelni TILONGKABILA

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Tahukah anda bahwa salah satu nama kapal pelni yang beroperasi di Tahun 2017 ini menamai salah satu kapalnya dengan nama gunung yang ada di Pulau Sulawesi yaitu Gunung Tilongkabila. Gunung ini berada di Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo dengan ketinggian mencapai 1393 m (4570 kaki). Daftar nama dan rute kapal pelni berikutnya, KM. Tilongkabila memiliki kapasitas tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 970 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Tilongkabila ini ada 3 macam kelas yaitu Kelas 1 (14 penumpang), Kelas 2 (40 penumpang), dan Kelas Ekonomi (916 penumpang).

Rute perjalanan Kapal Pelni Tilongkabila melalui beberapa pelabuhan nasional di Indonesia yaitu LUWUK, BANGGAI, GORONTALO, BITUNG, KOLONEDALE, KENDARI, RAHA, BAU-BAU, MAKASSAR, LABUAN BAJO, BIMA, AMPENAN/LEMBAR, BENOA/DENPASAR.

24. Kapal Pelni UMSINI

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Tahukah anda dimana letaknya Gunung Umsini ? Bila anda belum tahu maka berdasarkan beberapa informasi dari wikipedia menyebutkan bahwa Gunung Umsini ini terletak di Kabupaten Manokwari Provinsi Papu Barat. Untuk menuju gunung ini maka perlu anda ketahui bahwa jaraknya dari Kota Manokwari kearah selatan kurang lebih 75 Km. ketinggian gunung ini mencapai 2.735 m (8.973 kaki) yang berdasarkan geologi gunung ini bertipe strato. Koordinat letak Gunung Umsini berada pada koordinat 1°24′25″LU 133°48′24″BT. Perlu anda ketahui juga bahwa PT Pelni menamai salah satu kapalnya dengan nama gunung ini yakni UMSINI yang juga menjadi daftar nama dan rute kapal pelni.

Kapasitas daya angkut Kapal Laut Umsini tidak terlalu besar hanya sanggup memuat calon penumpang sampai 1.737 orang. Tiket pelni yang dijual untuk Umsini ini ada 4 macam kelas yaitu Kelas 1 (40 penumpang), Kelas 2 (88 penumpang), Kelas 3 (168 Penumpang), dan Kelas Ekonomi (1.441 penumpang).

Adapun pelabuhan tujuan untuk pelayaran kapal pelni Umsini ini yaitu KUPANG, LEWOLEBA, LARANTUKA, MAUMERE, MAKASSAR, SURABAYA, TG. PRIOK, KIJANG.

25. Kapal Pelni WILIS

Nama Kapal PELNI dan Tujuan

Daftar nama dan rute kapal pelni terakhir adalah kapal pelni Wilis. Kapal laut ini mempunyai beberapa kelas kabin yaitu mempunyai 2 kelas kabin yaitu kelas 2 dan kelas ekonomi.

Beberapa pelabuhan yang dilalui oleh Kapal Pelni Wilis yaitu WAINGAPU, LABUAN BAJO, BIMA, MAKASSAR, SELAYAR, MARAPOKOT, ENDE, KUPANG.

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 25 nama kapal PELNI dan tujuan pelayarannya di Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kapal pelni berikutnya.

Sumber: https://www.smicargo.com/daftar-nama-dan-rute-kapal-pelni/

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *