NEWSLETTER

Pengertian Objek Studi dan Aspek Geografi Serta Perbedaannya

Sawal Walker, pengertian objek studi dan aspek geografi serta perbedaannya – Setelah membahas pengertian geografi menurut para ahli, kini saatnya kita beralih pada objek studi dan aspek geografi. Apakah Anda sudah paham tentang objek studi dan aspek geografi ?, Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang objek studi dan aspek geografi, perbedaannya. Nah, langsung saja simak penjelasan objek studi dan aspek geografi berikut ini.

Objek Studi dan Aspek Geografi

Gambar Objek Studi dan Aspek Geografi

Menganalisis objek geografi dan aspek geografi, setiap bidang memilki obyek yang menjadi bidang kajiannya. Geografi memiliki cara berfikir yang khas dan berbeda dengan ilmu pengetahuan yang lain karena geografi menekankan pembahasannya pada gejala-gejala fisik dan sosial dalam hubungan saling kebergantungan. Berikut pembahasan mengenai perbedaan antara objek studi dan aspek geografi secara lengkap, antara lain :

Baca Juga Definisi Geografi Menurut Wrigley

Objek Studi Geografi

Objek geografi terbagi dua yaitu, objek material dan objek formal. Objek material ilmu geografi adalah fenomena geosfer, yang meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer. Sedangkan Objek formal geografi berupa pendekatan (cara pandang) yang digunakan dalam memahami obyek material.

a. Objek Material

Objek material adalah objek yang mengkaji segala fenomena geosfer baik fisik maupun sosial. Objek material fisik meliputi iklim, tanah, dan air, sedangkan objek studi material sosial adalah persebaran penduduk, mobilitas penduduk, dan pola pemukiman. Objek studi geografi pada objek material terdiri dari lapisan-lapisan bumi atau tepatnya fenomena geosfer yang cukup luas.

  1. Atmosfer yaitu lapisan udara; cuaca dan iklim dalam klimatologi dan meteorologi, dll.
  2. Lithoser, ialah lapisan batu-batuan yang dikaji dalam Geologi, Geomorfologi, Petrografi, dll.
  3. Hydrosfer, adalah lapisan air yang meliputi perairan di darat maupun di laut yang dikaji dalam hidrologi dan Oceanografi, dll.
  4. Biosfer, adalah lapisan kehidupan; flora dan fauna yang dikaji dalam biogeografi, biologi dll.
  5. Antroposfer, ialah lapisan manusia yang merupakan ‘tema sentral’ di antara lapisan lapisan lainnya.Tema sentral artinya diutamakan dalam kajiannya.

b. Objek Formal

Objek material geografi bersangkut-paut dengan bahan kajian, maka objek formal geografi bersangkut-paut dengan cara pemecahan masalah. Jadi objek formal adalah metode atau pendekatan yang digunakan dalam mengkaji suatu masalah. Berbagai macam objek geografi, antara lain :

Baca Juga Pengertian Geografi Menurut Hartshorne

  1. Aspek Keruangan, adalah geografi yang mempelajari suatu wilayah antara lain dari segi nilai suatu tempat dari berbagai kepentingan. Dari hal ini kita dapat mempelajari mengenai letak, jarak, keterjangkauan dsb.
  2. Aspek Kelingkungan, adalah geografi yang mempelajari suatu tempat dalam kaitan dengan keadaan suatu tempat dan komponen-komponen di dalamnya dalam suatu kesatuan wilayah. Komponen-komponen yang terdiri dari komponen tak hidup misalnya tanah, air, iklim, dsb, dan komponen hidup misalnya hewan, tumbuhan dan manusia.
  3. Aspek Kewilayahan, adalah geografi yang mempelajari kesamaan dan perbedaan wilayah serta wilayah dengan ciri khas. Mengenai hal tersebut muncul pewilayahan atau regionalisasi seperti kawasan gurun, yakni daerah-daerah yang memiliki ciri-ciri serupa sebagai gurun.
  4. Apek Waktu, adalah geografi yang mempelajari perkembangan wilayah berdasarkan priode-priode waktu atau perkembangan dan perubahan dari waktu ke waktu. Misalnya perkembangan kota dari tahun ke tahun, kemunduran garis pantai dari waktu ke waktu dsb.

Aspek Geografi

Selain objek studi kita juga perlu mengetahui tentang aspek geografi. Aspek geografi dibedakan menjadi dua yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Aspek fisik yaitu aspek yang mengkaji unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik antara lain meliputi aspek topologi, aspek biotik dan nonbiotik. Sedangkan aspek nonfisik geografi (aspek sosial) mengkaji tentang manusia dan segala aktivitasnya seperti aspek budaya, ekonomi, sosial dan politik. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai aspek geografi, antara lain:

a. Aspek Fisik

Aspek fisik adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik seperti aspek astronomis, kimiawi, biologis dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.

  1. Aspek Topologi, adalah aspek yang membahas letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah dengan ciri khas tertentu.
  2. Aspek Biotik adalah aspek yang membahas mengenai hal yang berkenaan terhadap unsur vegetasi (tumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk.
  3. Aspek Non Biotik adalah aspek yang membahas unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun luat dan kondisi iklim suatu wilayah.

b. Aspek Non Fisik (Aspek Sosial)

Aspek Sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer. Aspek sosial meliputi dari aspek politik, antropologis, ekonomis dan apske berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan). Aspek sosial, manusia dipandang sebagai fokus utama kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan hubungan perilaku manusia terhadap lingkungannya.

  1. Aspek Ekonomi, adalah aspek yang membahas mengenai unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
  2. Aspek Budaya, adalah aspek yang membahas mengenai unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.
  3. Aspek Politik, adalah aspek yang membahas mengenai unsur kepemrintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Objek studi dan aspek geografi serta perbedaannya, dimana dalam menganalisis objek studi dan aspek geografi, setiap bidang memilki objek yang menjadi bidang kajiannya. Objek studi dan aspek geografi yang sudah di jelaskan di atas, semoga dapat membantu adik-adik dalam pelajaran Geografi. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *