NEWSLETTER

Pembelahan Sel Amitosis dan Penjelasannya

Sawal Walker, Pembelahan Sel Amitosis dan Penjelasannya – Tahukah anda apa itu pembelahan sel amitosis?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang pembelahan sel amitosis, dan penjelasannya. Singkatnya, pembelahan sel amitosis adalah proses pembelahan dari 1 sel menjadi 2 sel tanpa melalui fase-fase atau tahap-tahap pembelahan sel. Lebih jelasnya, marilah simak penjelasan mengenai pembelahan sel amitosis secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Proses pembelahan sel sendiri dapat diartikan sengan proses terbentuknya individu baru yang berasal dari bagian sel induk yang terbelah. Nah sedangkan pembelahan sel amitosis sendiri merupakan proses pembelahan sel induk yang nantinya akan menghasilkan 2 individu tanpa melewati tahapan atau fase-fase pembelahan sel.

Baca juga Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap)

Nah maka dari itu pembelahan sel amitosis dikategorikan dalam pembelahan sel secara langsung dimana tidak seperti meiosis atau mitosis yang memerlukan pembentukan kromosom, membran sel, dan lain sebagainya terlebih dahulu.

Namun sebelum kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai sel amitosis, ada baiknya kalian mengetahui dasar-dasar dari materi yang akan kami sampaikan ini. Yang pertama kalian perlu tahu pembelahan sel tentunya akan melibatkan suatu struktur yang bernama sel.

Sel sendiri merupakan struktur terkecil yang menyusun makhluk hidup, jadi tanpa adanya sel mahkluk hidup terbesarpun tidak akan berwujud atau terbentuk. Kemudian tingkat diatas sel sendiri, atau struktur yang disusun atas beberapa sel yang terhubung dinamakan jaringan yang nantinya akan menyusun sebuah organ.

Tentunya dalam makhluk hidup ada bagian yang dinamakan organ bukan, dan tentunya tidak hanya satu, beberapa organ tersebut akan menyusun jaringan organ yang nantinya akan bekerja untuk melakukan suatu sistem.

Contoh sederhananya yaitu sistem pencernaan yang terdiri dari kerongkongan, lambung, usus, dan yang lainnya. Pembelahan sel amitosis yang terjadi pada organisme uniseluler berfungsi untuk sistem pencernaan yang nantinya akan bekerja untuk mencerna makanan dan nantinya akan menyerap nutrisi dari makanan tersebut.

Nama lain dari pembelahan sel amitosis sendiri yaitu pembelahan biner, dimana pembelahan ini pada umumnya dilakukan oleh makhluk hidup atau organisme yang hanya memiliki sel tunggal atau uniseluler seperti amoeba, bakteri, protozoa dan lain sebagainya.

Karena amitosis sendiri merupakan pembelahan biner yang hanya akan menghasilkan 2 sel anak dan sifatnya akan sama persis bahkan identic. Nah untuk perkembangan selanjutnya sel-sel anak tersebut dapat terus membelah dan memiliki jumlah kromosom yang sama persis dengan sel induk seperti sebelum melakukan pembelahan sel.

Pembelahan sel amitosis sendiri awalnya dimulai dengan terbelahnya inti dari sel atau nucleus menjadi 2 bagian, lalu diikuti dengan terbelahnya sitoplasma. Dan selanjutnya sel akan terbelah menjadi 2 individu atau makhluk hidup yang dapat disebut sel anakan.

Jenis pembelahan sel ini biasanya terjadi pada organisme prokarotik atau eukariotik yang didasarkan pada atau tidak membrane yang membatasi cairan pada inti sel atau nukleoplasma dengan cairan di luar inti sel dimana merupakan bagian yang terdapat organel sel.

Dimana pada dasarnya organisme yang termasuk prokariotik tidak memiliki membran yang membatasi inti sel, dan eukariotik merupakan sebaliknya. Maka hal tersebut akan dapat kita katakan bahwa eukariotik memiliki jenis inti sel atau nucleus sejati. Untuk proses pembelahan yang terjadi pada organisme prokariotik yang dapat kita ambil contoh yaitu terjadi pada bakteri.

Bakteri memiliki DNA yang terdapat pada nucleoid yang terhitung berukuran kecil dibandingkan dengan sel eukariotik. Dimana bakteri memiliki DNA berwujud tunggal, panjang dan juga sirkuler maka dari itu tak perlu lagi dikemas menjadi kromosom sebelum pembelahan sel dilakukan.

Baca juga Struktur Pembelahan Sel Beserta Fungsi dan Gambarnya

Salah satu contoh dari pembelahan amitosis yaitu pada organisme eukariotik yang terjadi pada amoeba. Pembelahan biner tersebut tentunya akan sangat berbeda dengan yang terjadi pada organisme prokariotik yang telah disebutkan sebelumnya.

Pembelahan Sel Amitosis
Pembelahan sel biner pada amoeb

Dalam hal ini kalian dapat menemukan ciri khas perbedaan dalam proses yang dilalui oleh kedua organisme tersebut dengan menganalisis proses pembelahan dan lihat pada kondisi tiap bagian yang membelah pada selnya sendiri. Terutama bagian itulah yang dapat menjadi acuan eukariotik memiliki inti sel sejati.

Nah itu semua merupakan ulasan mengenai pembelahan sel secara amitosis. Kalian dapat mengidentifikasikan pembelahan sel ini dengan cara yang sangat mudah karena pada umumnya pembelahan ini hanya akan dilakukan oleh organisme atau makhluk hidup yang memiliki sel tunggal saja atau uniseluler

Maka dari itu tentunya pembelahan seel secara ini akan memiliki ciri khas yang sangat berbeda dibandingkan dengan pembelahan sel dengan cara yang lainnya. Dan perbedaan yang sangat mencolok yaitu bahwa sel amitosis sendiri akan melakukan pembelahan dengan tahapan tahapan atau fase fase yang sangat sederhana karena tidak akan membelah bagian-bagian sel terlebih dahulu.

Dengan kalian mengamatinya secara cermat kalian tentunya akan menemukan berbagai proses dan bagian yang berbeda baik dari hasil pembelahan maupun ketika pembelahan sedang berlangsung. Pembelahan amitosis juga termasuk pembelahan dengan bagian yang sangat sederhana dibandingkan dengan pembelahan sel yang lainnya.

Karena mungkin untuk kalian akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengingat dan memahami dari tiap-tiap fase yang dilalui oleh pembelahan sel yang lain. Kemudian untuk hasil dari pembelahan sel secara amitosis ini sendiri akan sangat identik dengan sebelum sel induk membelah diri.

Baca juga 3 Macam-Macam Pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Pembelahan Sel Amitosis dan Penjelasannya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *