NEWSLETTER

Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Beserta Tahapan & Gambarnya

Sawal Walker, Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Beserta Tahapan & Gambarnya – Tahukah anda apa itu pembelahan sel mitosis dan meiosis?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang pembelahan sel mitosis dan meiosis, pada makhluk hidup (manusia, tumbuhan, hewan). Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai pembelahan sel mitosis dan meiosis secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Setiap makhluk hidup yang ada, pastinya akan melakukan regenerasi, berkembang biak, dan memiliki keturunan yang sama dengan si induknya. Dalam perkembangan seksual mereka ada yang dinamakan dengan pembelahan sel, yaitu sebuah sel akan memisahkan diri dan menjadi anak dari sel tersebut. Sel sendiri ialah bagian terkecil yang ada pada tubuh setiap makhluk hidup.

Baca juga Fungsi Pembelahan Sel Secara (Amitosis, Mitosis dan Meiosis)

Tahapan Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

Pembelahan sel atau reproduksi sel memiliki dua jenis yaitu pembelahan sel mitosis dan pembelahan sel meiosis. Berikut ini, adalah penjelasan dan tahapan reproduksi sel mitosis dan sel meiosis.

Pembelahan Sel Mitosis

pembelahan sel mitosis dan meiosis
gambar pembelahan sel mitosis

Pembelahan sel mitosis merupakan pembelahan yang menghasilkan dua sel yang sama dengan sel utama atau induknya. Biasanya pembelahan sel mitosis dilakukan untuk meregenerasi sel-sel yang rusak pada makhluk hidup. Berikut ini tahapan atau fase dari pembelahan sel mitosis.

1. Tahap Interfase
Pada tahap ini, terdiri dari fase G1 (fase tumbuh ke 1), fase S (sintesis),dan fase G2 (fase tumbuh ke 2).

2. Tahap Profase
Dalam tahap profase membran inti dari sel mulai rusak dan menjadi bagian-bagian kecil yang bisa disebut dengan fragmen. Sentriol mulai bergerak ke arah kutub Utara dan Selatan (berlawanan arah). Di dalam kromosom sendiri akan terdiri dari dua kromatid bersaudara.

3. Tahap Metafase
Tahap ini bisa disebut juga tahap pembagian rata DNA. Letak kromosom sudah membagi di tengah-tengah antara kutub Utara dan Selatan. Sedangkan sentriol sudah tidak melekat pada sentromer.

4. Tahap Anafase
Di tahap Anafase kromatid bersaudara yang berada di antara kutub Utara dan Selatan, akan memisah dan berlawanan arah, menuju ke kutubnya masing-masing. Kromatid yang berpisah ini di sebut kromosom anakkan. Saat akhir tahap Anafase tiap sel akan memiliki kromosom yang sama jumlahnya.

5. Tahap Telofase
Telofase merupakan tahap terakhir dari pembelahan sel mitosis. Saat Telofase ini kromatid telah berubah menjadi kromosom yang berada di kutubnya sendiri-sendiri. Sentriol sudah sepenuhnya hilang dan membran sel memisahkan diri menjadi dua bagian sel dengan kesamaan yang identik. Maka selesailah tahapan atau fase pembelahan sel mitosis.

Pembelahan Sel Meiosis

pembelahan sel mitosis dan meiosis
pembelahan sel meiosis

Setelah sebelumnya membahas mengenai pembelahan sel mitosis yang biasanya digunakan untuk regenerasi, maka pada pembelahan sel meiosis berbeda dengan pembelahan sel mitosis. Apa perbedaanya? Yaitu jika pembelahan sel mitosis menghasilkan 2 anakkan dan jika pembelahan sel meiosis menghasilkan 4 anakkan. Selain itu dalam pembelahan sel meiosis terdapat dua tingkat dalam pembelahanya.

Meiosis I

1. Tahap Profase I
Pada proses ini terdapat beberapa tahapan : leptoten, yaitu kromatin beralih menjadi kromosom, zigotin, yaitu sentriol yang ada akan mulai menuju kutubnya masing-masing, pakiten, yaitu setiap kromosom homolog berubah menjadi seperti huruf H(kapital) atau bisa disebut kromatid bivalen, diploten, yaitu kromosom huruf H sedikit terpisah,  diakinesis, yaitu terbentuknya dua sentriol, dan setiap sel mulai memisah.

2. Tahap Metafase I
Setiap kromosom H berada di antara kutub Utara dan Selatan. Kemudian terbentuklah benang-benang sentriol yang berlawanan arah.

3. Tahap Anafase I
Kromosom bentuk huruf H berpisah dan berpencar ke arah kutub yang berbeda.

4. Tahap Telofase I
Di tahap ini sudah terbentuk dua buah sel dengan terbentuknya kembali membran inti dan nucleus, pada masing-masing sel.

Meiosis II

1. Tahap Profase II
Sentriol terbentuk dan mengarah berlawanan, membran inti dan nukleus yang ada sebelumnya akan menghilang, juga sentriol masih melekat pada sentromer.

2. Tahap Metafase II
Seperti tahap Metafase yang lainya di sini kromatid huruf H akan berada di antara kutub Utara dan Selatan.

3. Tahap Anafase II
Di tahap Anafase, sentriol dan kromatid huruf H akan berpisah dan menuju ke kutubnya masing-masing dengan mengandung DNA yang saling identik.

4. Tahap Telofase II
Tiap inti-inti yang tergabung mulai terpisah, sentriol yang ada pada tiap sel akan hilang, membran inti dan nukleus pada tiap sel akan terbentuk lagi. Kemudian tiap kromosom akan berubah kembali menjadi kromatin, dan begitu seterusnya untuk regenerasi selanjutnya.

Setiap pembelahan sel pada makhluk hidup terdapat proses-proses tersendiri yang pastinya dapat membuat makhluk hidup itu dapat bertahan hidup dan melanjutkan keturunannya.

Setiap sel-sel yang rusak entah pada kulit manusia, Batang pohon, kulit binatang, maupun sel pada bakteri, virus, dan amoeba akan melakukan regenerasi apabila mengalami kerusakan. Proses regenerasi sel tersebut, seperti tahapan yang sudah ada di atas.

Apabila tidak ada pembelahan sel maka setiap makhluk hidup tidak akan bisa mempertahankan spesiesnya. Maka bersyukurlah Anda karena setiap makhluk sudah diciptakan dengan kemampun pembelahan sel yang memiliki banyak manfaat dalam penggunaanya di kehidupan sehari-hari.

Baca juga Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap)

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Beserta Tahapan & Gambarnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *