NEWSLETTER

Pembelahan Sel Pada Tumbuhan

Sawal Walker, Pembelahan Sel Pada Tumbuhan – Tahukah anda pembelahan sel pada tumbuhan?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang pembelahan sel pada tumbuhan. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai pembelahan sel pada tumbuhansecara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Tumbuhan merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang bisa mengalami pertumbuhan bisa juga mengalami kematian yang di mulai dari layu kemudain lama kelamaan dan kering. Jika mengalami pertumbuhan , tumbuhan biasanya yang mengalami pertambahan atau bertambah besar adalah bagian pada bagian – bagian tumbuhan mulai dari akar hingga bagian batang atau cabang – cabang yang ada.

Terjadinya penambahan atau perubahan ukuran ini di sebabkan oleh adanya pembelahan sel. Pembelahan sel pada tumbuhan biasanya diawali dengan adanya zaigot atau hasil dari proses meleburnya zat jantan dan betina. Pembelahan trjadi dengan proses yang cukup unik dan cepat di mulai dari misalnya enam belas akan menjadi 32 sel, kemudian dari 32 ini akan menjadi 64, dan seterusnya.

Ada pembelahan sel secara langsung ada juga pembelahan yang terjadi bukan semata – mata tanpa proses yang panjang. Pembelahan terjadi dengan proses mulai dari inti kemudian plasma dan berlanjut ke tahapan belahan sesuai dengan jenisnya. Dalam tumbuhan terdapat 3 jenis pembelahan sel. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Amitosis

Pembelahan sel yang pertama adalah Amitosis yakin pembelahan sel yang dilakukan secara langsung atau dapat kita sebut dengan fragmentasi. Pada pembelahan jenis ini ditandai dengan tampilan yang berbeda pada bagian dengan jumlah kromosom yang ada di dalamnya.

Pada jenis juga terdapat tahapan – tahapan saat akan dilakukan pembelahan ditandai dengan mulai mundurnya inti sel dan dilanjutnya dilanjut dengan pembelahan pada inti sel. Biasanya pembelahan pada inti sel dapat menjadi dua bagian atau malah lebih dari dua.

Pada pembelahan ini di kenal dengan ketidak pastian apakah sifat yang akan dibawa oleh anaknya sama dengan induknya atau tidak. Karakteristik utama dari pembelahan langsung ini adalah pada bagian ini tidak adanya perubahan dahulu namun hanya langsung saja membelah. Contoh dari tumbuhan yang melakukan pembelahan jenis ini adalah ganggang coklat, dan beberapa keluarga tanaman dari Liliacase.

2. Mitosis

Yakni pembelahan yang dikenal dengan nama Cykenesis karena proses pembelahan yang terjadi tidak langsung. Pembelahan ini memungkin sebuah sel untuk dapat membelah dan memilik jumlah kromosom yang sama seperti indukan.

Pembelahan ini hanya dilakukan pada sel yang memiliki jenis atau nama erkariotik dan sel somatic yang merupakan sel yang menyusun tubuh melakukan pembelahan jenis ini. Ada dua garis besar dalam pembelahan sel ini yang pertama adalah dilakukan pembelahan pada inti, dan yang kedua adalah dilakukannya pembelahan pada bagian sitoplasma.

Pada pembelahan ini diawali dengan adanya perubahan yang terjadi di inti sel yang dimana dari inti sel ini akan ada berubaghan berupa terebentuknya kromosom yang akan menjadikan inti menjadi dua bagian yang sama dalam segi ukuran. Dengan cara ini maka bagian masing masing dari inti anak akan memil;iki sifat identic dengan induknya.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan yang pertama adalah interfase, dilanjutkan dengan profase awal, profase akhir, metaphase awal, metaphase akhir, anaphase awal ,anaphase akhir, telofase awal dan telofase akhir.

Baca juga Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya

3. Meiosis

Pada penmbelahan jenis ini akan dihasilakan 4 buah anak sel yang pada masing- masing sel akan memiliki jumlah kromosom sekitar setengah dari induknya. Pembelahan jenis ini biasanya terjadi pada sel nutfah atau yang biasa disebut sebagai sel reproduksi yaitu sel yang memiliki tugas membawa gen.

Dibagian ini anak hasil pembelahan meiosis akan memiliki ciri tidak dapat melakukan pembelahan kembali. Tujuan utama dari pembelahan sel jenis meosis adalah menjadikan keturunan atau zygot yang akan memiliki karakter yang akan sama seperti induknya.

Pada bagian ini terdapat dua fase dasar yakni fase meosis 1 dan meosis 2. Sebenarnya prosesnya hampir sama dengan yang terjadi pada metosis namun pada bagian fase meiosis ini akan terjadi dua kali proses pembelahan pada masing – masing fase. Yakni akan terdapat pembelahan dua kali profase, dua kali metaphase, anaphase, dan 2 telofase.

Pembelahan Sel Pada Tumbuhan

Itulah penjelasan secara umum mengenai pembelahan yang terjadi pada tumbuhan. Setiap mahluk hidup pasti akan mengalami proses pembelahan sel hanya saja prosesnya pada setiap makhluk berbeda jenis dan proses. Yang mana akan bisa ketahui saat kita mempelajari materi pada masing – masing bagian tumbuhan. Dibutuhkan ketelitian dan keuletan dalam melakukan sesuatu karena mustahil mempelajari materi biologi tanpa adanya ketelitian atau sebuah keuletan. Bisa saja hanya dalam beberapa hari orang akan menyerah jika dalam dirinya tidak tertanam kuat jiwa pelajar untuk mempelajari sesuatu. Tidak ada yang tidak mungkin saat Allah saat Tuhan Yang Maha Esa telah berkendak. Jika terjadi maka terjadilah. Untuk itu yakinlah dan berdoalah. Demikian artikel mengenai pembelahan sel yang terjadi pada tumbuhan kali ini semoga dapat bermanfaat.

Baca juga Perbedaan Amitosis Mitosis dan Meiosis dan Dalam Bentuk Tabel

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *