NEWSLETTER

Upaya Penanggulangan Gempa Bumi Sebelum Dan Sesudah

Sawal walker, upaya penanggulangan gempa bumi sebelum dan sesudah – Sebelum terjadi gempa bumi, kita harus tahu bagaimana upaya penanggulangan gempa bumi, bukan hanya itu saja kita pun harus mencari solusi penganggulangan gempa bumi apabila hal ini terjadi. Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang upaya penanggulangan gempa bumi, agar lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini, tentang cara menanggulangi masalah gempa bumi, sebelum dan sesudah terjadi yang ada dibawah berikut ini.

Solusi Penanggulangan Gempa Bumi Yang Tepat

Gambar Upaya Penanggulangan Gempa Bumi Sebelum dan Sesudah

Sekarang cara mengatasi gempa bumi bisa kita tahu bersama agar tetap waspadah, karena Indonesia memang termasuk ke dalam wilayah rawan gempa. Bahkan Indonesia dikenal pula dengan istilah Ring of Fire, hal ini karena Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia meliputi lempeng australia, lempeng eurasia dan lempeng pasifik.

Baca Juga Bahaya Gempa Bumi

Maka itu pencegahan gempa bumi kita harus tahu yakni dengan mengetahui informasi seputar gempa, atau antisipasi bagaimana upaya penanggulangan gempa bumi sebelum dan setelah terjadi gempa. Berikut upaya penanggulangan gempa bumi sebelum dan sesudah, yakni :

Baca Juga Penyebab Gempa Bumi

Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Berikut upaya penanggulangan gempa bumi sebelum terjadi, antara lain :

  1. Mengetahui potensi bahaya di rumah
  2. Mengidentifikasi tempat aman di dalam dan luar rumah
  3. Bekali pengetahuan diri sendiri dan anggota keluarga
  4. Siapkan dukungan logistik darurat
  5. Merencanakan mekanisme komunikasi darurat
  6. Membantu komunitas untuk siap siaga

Sesudah Terjadi Gempa Bumi

Berikut upaya penanggulangan sesudah terjadi gempa bumi, yaitu :

1. Bila Berada Dalam Ruangan

Gambar Penanggulangan Gempa Bumi Sebelum dan Sesudah

Utamakan keselamatan Anda lindungi badan dan kepala dari runtuhan bangunan, dengan bersembunyi di bawah meja atau bangunan yang kuat. Carilah tempat yang paling aman, dari runtuhan dan goncangan gempa bumi.

2. Bila Berada di Luar Ruangan

Gambar Saat Terjadi Gempa Bumi

Hindari bangunan yang mudah roboh dari sekitar Anda, seperti pohon, gedung, tiang listrik dll. Selain itu perhatikan tempat Anda berpijak, hindari bila terjadi retakan tanah.

3. Bila Berada di Pegunungan

Gambar  Gempa Bumi Di Pegunungan

Jika Anda berada di daerah pengunungan, waspadah terhadap runtuhan bangunan dan tanah longsor.

4. Bila Berada di Pantai

Gambar Gempa Bumi Di Pantai

Bila terjadi gempa dan Anda berada di pantai segeralah berlari ke daerah yang agak tinggi, karena gempa di dasar laut dapat menyebabkan tsunami.

5. Tetap Waspadah

Gambar Waspadai Gempa Bumi

Waspadah terhadap gempa susulan dan jangan panik, tetaplah berdo’a pada Sang Pencipta demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Upaya Penanggulangan Gempa Bumi Sebelum dan Sesudah, dimana kita harus mengetahui bagaimana upaya penanggulangan gempa bumi sebelum dan sesudah agar tetap waspadah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *