NEWSLETTER

Pengertian Geografi Menurut Hartshorne, Sutikno Dan Beberapa Ahli

Sawal Walker, Pengertian geografi menurut Hartshorne, Sutikno dan beberapa ahli – Berbagai macam pengertian geografi menurut para ahli, salah satunya pengertian geografi menurut Hartshorne. Meskipun berbagai macam pengertian geografi menurut para ahli, tetap tujuannya sama. Bagi Anda yang belum tahu pengertian geografi menurut Hartshorne, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian geografi menurut Hartshorne, dikemukakan pada tahun 1960. Berikut penjelasan pengertian geografi menurut Hartshorne.

Pengertian Geografi Menurut Hartshorne, Sutikno dan Menurut Beberapa Ahli

Gambar Pengertian Geografi Menurut Hartshorne

Definisi geografi menurut Hartshorne, geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsiyang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. Bukan hanya pengertian geografi menurut Hartshorne saja, tetapi masih pengertian geografi menurut beberapa  ahli. Berikut 5 pengertian geografi menurut para ahli, antara lain:

1. I Made Sandy

Pengertian geografi menurut I Made Sandy, geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.

Baca Juga Definisi Geografi Menurut Para Ahli

2. IGI

Pengertian geografi menurut Igi, di Semarang tahun 1988 dan dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 1994 (GBPP 1994), geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

3. Wrigley

Definisi geografi menurut Wrigley, mengemukakan pendapatnya bahwa semua metode analisa dapat digunakan dalam kajian geografi selama analisa tersebut mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Wrigley juga berpendapat bahwa geografi adalah disiplin ilmiah yang berorientasi pada masalah (problem oriented) dalam mengkaji interaksi antara manusia dan lingkungannya.

4. Sutikno

Pengertian geografi menurut Sutikno, geografi adalah ilmu menggunakan pendekatan holistik melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan sistem, serta Historis Untuk Mendeskripsikan dan menganalisis struktur, pola, fungsi dan proses interelasi, Interaksi, interdependensi dan hubungan timbal balik dari serangkaian gejala, kenampakan atau kejadian dari kehidupan manusia, kegiatannya atau budidayanya dengan keadaan lingkungan dipermukaan bumi.

Baca Juga Pengertian Geografi Menurut IGI

5. Erostenes

Pengertian geografi menurut Erostenes, istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276-196SM) yang pada mulanya menggunakan kata geographika, yaitu dari gabungan kata geo yang berarti bumi, dan graphika/graphein yang berarti tulisan atau lukisan. Jadi secara harfiah, Geografi ada ilmu yang menggambarkan tentang bumi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Pengertian geografi menurut Hartshorne, Sutikno dan beberapa ahli, dimana dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *