NEWSLETTER

13 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Indonesia dan Dari Luar Negeri

Sawal Walker, 13 pengertian Geografi menurut para ahli Indonesia dan dari luar negeri – Sekarang ini masih banyak yang belum tahu, tentang pengertian geografi itu sendiri. Pengertian geografi secara umum maupun pengertian geografi menurut para ahli dapat kita lihat di internet atau media lainnya. Bagi Anda yang masih bingung tentang pengertian geografi menurut para ahli, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kesempatan kali ini, kami membahas tentang pengertian geografi menurut para ahli, di Indonesia dan luar negeri. Nah, di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian geografi menurut para ahli.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Dari Indonesia dan Luar Negeri

Gambar Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian geografi secara umum bisa diartikan sebagai ilmu yang meneliti dan menelaah tentang bumi beserta prinsip, gejala dan aspek-aspeknya yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Definisi geografi menurut para ahli mengalami perubahan, sesuai dengan perkembangan kemajuan peradaban manusia dalam memandang bumi.

Baca Juga Pengertian Geografi Secara Umum

Oleh karena itu, banyak pengertian geografi secara umum yang mendefinisikan geografi dengan berbagai latar belakang dan alasan masing-masing. Di bawah ini adalah macam pengertian geografi menurut para ahli Indonesia atau dalam negeri dan Negara lainnya, antara lain :

1. Immanuel Kant

Pengertian geografi menurut para ahli yang pertama ialah Immanuel Kant (1724-1821), geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan bumi.

2. Eratosthenes

Pengertian geografi menurut para ahli yang ke dua ialah Eratosthenes yang berpendapat pada abad ke-1, istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

3. Bintarto

Pengertian geografi menurut Bintarto, geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yg bersifat fisik maupun yg menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

4. Halford Mackinder

Pengertian geografi menurut para ahli yang ke empat ialah Halford Mackinder, definisi geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

5. Karl Rither

Pengertian geografi menurut para ahli yang ke lima ialah Karl Rither, definisi geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

6. Preston E James

Pengertian geografi menurut Preston E James, geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.

7. Paul Vidal de La Blance

Pengertian geografi menurut Paul Vidal de La Blance, geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.

8. Ekblaw dan Mulkerne

Pengertian geografi menurut Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

9. Elsworth Huntington

Pengertian geografi menurut Elsworth Huntington (1876-1947), pengertian geografi secara umum, dalam bukunya (The Pulse of The Earth), geografi adalah study tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya.

10. I Made Sandy

Pengertian geografi menurut  I Made Sandy, Geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.

11. Haris

Pengertian geografi menurut Haris, Geografi adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi. Pendapat Haris ini dikemukakan di tahun 2012 lalu.

12. Daldjoeni

Pengertian geografi menurut Daldjoeni, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup 3 hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka bumi.

13. IGI

Pengertian geografi menurut IGI di Semarang tahun 1988 dan dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 1994 (GBPP 1994), pengertian geografi secara umum, geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Pengertian geografi menurut para ahli, dimana definisi geografi menurut para ahli mengalami perubahan, sesuai dengan perkembangan kemajuan peradaban manusia dalam memandang bumi. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *