NEWSLETTER

Pengertian Geografi Secara Umum Dan Secara Sempit

Sawal Walker, Pengertian geografi secara umum dan secara sempit – Dalam mempelajari Geografi yang di pelajari pertama adalah pengertian geografi secara umum, baik itu dalam bangku SMP maupun SMA. Bagi Anda yang masih bingung dengan pengertian geografi secara umum, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang, pengertian geografi secara umum, menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang pengertian geografi secara umum di bawah ini.

Gambar pengertian geografi secara umum
Gambar Pengertian Geografi Secara Umum

Pengertian Geografi Secara Umum dan Secara Sempit

Pengertian geografi secara sempit adalah sebuah ilmu yang mempelajari Bumi. Dari segi bahasa, Kata Geografi ditarik dari kata “Geo” dan “Graphein” yang berarti bumi dan tulisan. Jadi, pengertian geografi secara umum adalah tulisan tentang bumi. Atas dasar itulah kalau kita sebut geografi, maksudnya pasti tentang “Ilmu Bumi”. Istilah geografi diperkenalkan oleh Erastothenes tahun 100 SM, sehingga beliau dikenal sebagai peletak dasar ilmu geografi karena memperkenalkan istilah geographika juga telah mencoba menghitung keliling bumi secara matematis melalui perbandingan besar jarak busur Alexandria – Syene (Aswan) dengan keseluruhan bumi.

Pengertian geografi secara umum, dari hasil seminar dan lokakarya para pakar Geografi yang dilaksanakan di Semarang tahun 1988 dirumuskan bahwa :

“Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfera) serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.”

Jadi, yang membedakan geografi dengan ilmu yang lain bukan pada bumi sebagai wujud kajian geografi, malinkan pada cara pandang yang bersifat keruangan dan obyek geografi yang berupa gejala geosfera.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Perumusan definisi geografi mengalami perubahan, sesuai dengan perkembangan kemajuan peradaban manusia dalam memandang bumi. Oleh karena itu, banyak pengertian geografi secara umum yang mendefinisikan geografi dengan berbagai latar belakang dan alasan masing-masing. Di bawah ini adalah pengertian geografi menurut para ahli, antara lain :

  1. Menurut Immanuel Kant (1724-1821) pengertian geografi secara umum, geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan bumi.
  2. Menurut Prof. Bintarto, pengertian geografi secara umum geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yg bersifat fisik maupun yg menygkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
  3. Menurut Preston E James, pengertian geografi secara umum, geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.
  4. Menurut Elsworth Huntington (1876-1947), pengertian geografi secara umum, dalam bukunya (The Pulse of The Earth), geografi adalah study tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya.
  5. Menurut Hasil rumusan dalam Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang tahun 1988 dan dalam Garis-garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Geografi Kurikulum 1994 (GBPP 1994), pengertian geografi secara umum, geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Baca Juga Pengertian Uang Menurut Para Ahil Ekonomi

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang pengertian geografi secara umum dan secara sempit, dimana Geografi adalah sebuah ilmu yang mempelajari Bumi. Dari segi bahasa, Kata Geografi ditarik dari kata “Geo” dan “Graphein” yang berarti bumi dan tulisan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *