NEWSLETTER

Pengertian Pendekatan Keruangan Dalam Kajian Geografi

Sawal Walker, Pengertian pendekatan keruangan dalam kajian geografi – Salah satu, pendekatan geografi adalah pendekatan keruangan. Dalam mempelajari geografi, kita harus mengetahui pengertian pendekatan geografi salah satunya pengertian pendekatan keruangan. Apakah Anda sudah paham tentang pengertian pendekatan keruangan?, Jika masih bingung, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang pengertian pendekatan keruangan, dalam geografi. Langsung saja, mari simak penjelasan pengertian pendekatan keruangan berikut ini.

Pengertian Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Gambar Pengertian Pendekatan Keruangan

Geografi merupakan pengetahuan yang mempelajarai fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Pengertian pendekatan geografi adalah cara pandang yang digunakan dalam ilmu geografi untuk menelaah suatu masalah dalam ruang lingkup geografi. Pendekatan keruangan terdiri dari 3 pendekatan, antara lain : pendekatan topk, pendekatan aktivitas manusia, dan pendekatan region.

Baca Juga Contoh Pendekatan Keruangan 

Pengertian pendekatan keruangan adalah pendekatan yang selalu melihat ruang dalam pengertian tiga dimensi, yaitu atas (atmosfer), bawah (litosfer), dan luasan (hidrosfer, biosfer, dan antroposfer). Sedangkan keruangan adalah segala sesuatu yang memberi ruang bagi obyek materi padat dan memiliki kesatuan utuh dengan lingkungan sekitarnya (UU No. 1 Tahun 1992).

Geografi selalu melihat pola penyebaran suatu fenomena dalam ruang atau permukaan bumi, bagaimana keterkaitan antara fenomena dengan fenomena lain yang berbeda di suatu tempat, fenomena suatu tempat dengan fenomena lain di lain tempat, dan bagaimana pengaruh dari suatu fenomena (gejala) terhadap fenomena (gejala) lain dalam ruang yang jauh lebih luas. Pendekatan yang digunakan tidak hanya dari sudut aspek keruangannya saja

Dalam contoh pendekatan keruangan (spatial approach), seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan, dan manusia. Pengertian pendekatan keruangan menganalisis gejala atau fenomena geografis berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Analisis keruangan merupakan pendekatan yang khas dalam geografi, sebab merupakan studi tentang keanekaragaman ruang muka bumi dengan membahas masing-masing aspek-aspek keruangannya.

Baca Juga Metode Pendekatan Geografi 

Dampak positif dan negatif dari keberadaan ruang seperti itu selalu dikaitkan dengan kepentingan manusia pada saat ini dan akan datang. Pola keruangan berkenaan dengan distribusi elemen-elemen pembentuk ruang. Fenomena titik, garis, dan areal memiliki kedudukan sendiri-sendiri, baik secara implisit maupun eksplisit dalam hal agihan keruangan (Coffey, 1989).

Beberapa contoh seperti cluster pattern, random pattern, regular pattern, dan cluster linier pattern untuk kenampakan-kenampakan titik dapat diidentifikasi (Whynne-Hammond, 1985; Yunus, 1989). Proses keruangan berkenaan dengan perubahan elemen-elemen pembentuk ruang dana ruang. Oleh karena itu analisis perubahan keruangan selalu terkait dengan dengan dimensi kewaktuan (temporal dimension). Dalam hal ini minimal harus ada dua titik waktu yang digunakan sebagai dasar analisis terhadap fenomena yang dipelajari.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Pengertian pendekatan keruangan dalam kajian geografi, dimana pengertian keruangan adalah sesuatu yang memberi ruang bagi obyek materi padat dan memiliki kesatuan utuh dengan lingkungan sekitarnya (UU No. 1 Tahun 1992). Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *