NEWSLETTER

Pengertian Ruang Menurut Konsep Geografis Dalam Geografi

Sawal Walker, Pengertian ruang menurut konsep geografis – Studi geografi pada dasarnya mengkaji benda, gejala, masalah kehidupan dalam ruang yang menyangkut lokasi, penyebaran dan interaksinya satu sama lain. Tahukah Anda pengertian ruang menurut konsep geografis ?, Jika Anda belum mengetahui pengertian ruang menurut konsep geografis, tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kali ini kami akan membahas tentang pengertian ruang menurut konsep geografis, dalam geografi. Nah, langsung saja mari simak penjelasan pengertian ruang menurut konsep geografis berikut ini :

Pengertian Ruang Menurut Konsep Geografis

Pengertian Ruang Menurut Konsep Geografis

Maksud ruang menurut konsep geografis, wujudnya berbentuk 3 dimensi, bentangnya berupa daratan dan perairan sedangkan ke arah vertikal berupa lapisan udara. Dalam ruang ini benda-benda dan gejalanya terjadi dan tinggal. Berkaitan dengan benda, gejala dan masalah kehidupan tersebut kita dapat mengartikan bahwa semua hal tersebut ada dalam ruang yang disebut permukaan bumi.

Baca Juga Contoh Soal Prinsip Geografi

Salah satu ciri lain geografi adalah pengkajian tentang region yaitu suatu ruang di permukaan bumi yang memiliki kenampakan dan ciri khas. Di dalam region ini terjadi interaksi keruangan yang memberikan ciri tertentu kepada ruang atau region itu. Ruang adalah tempat yang memberikan kita hidup karena di dalamnya terdapat unsur-unsur yang diperlukan untuk kehidupan.

Baca Juga 4 Macam Prinsip Geografi

Arti kata ruang dalam geografi adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfera tempat hidup tumbuhan, binatang, dan manusia. Sedangkan menurut istilah geografi regional bahwa ruang adalah suatu wilayah yang mempunyai batasan geografi, yaitu batas menurut keadaan fisik, sosial, atau pemerintahan yang terjadi dari sebagian permukaan bumi dan lapisan tanah dibawahnya, serta lapisan udara di atasnya. Berikut pengertian ruang dalam studi geografi, antara lain :

Menurut konsep geografis , pengertian ruang adalah…

  1. Tempat di permukaan bumi baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang di gunakan oleh mahkluk hidup untuk tinggal
  2. Gambaran muka bumi baik sebagian atau keseluruhan yang di tuangkan dlm bidang datar
  3. Tempat di mana mahkluk hidup yang tinggal di dlm permukaan air
  4. Tempat mahkluk hidup berkembang biak.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Pengertian ruang menurut konsep geografis, dimana arti ruang dalam geografi adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfera tempat hidup tumbuhan, binatang, dan manusia. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *