NEWSLETTER

20 Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli Ekonomi Dunia

Sawal Walker, 20 definisi dan pengertian uang menurut para ahli ekonomi dunia – Tahukah anda pengertian uang menurut para ahli ekonomi?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang pengertian uang menurut para ahli ekonomi, seperti R.J Thomas, Adam Smith, George N Halm, RS Sayear, dan lain-lain. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai pengertian uang menurut para ahli ekonomi dunia secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

pengertian uang menurut para ahli ekonomi

Pengertian Uang Menurut Para Ahli Ekonomi Dunia

Definisi uang secara umum adalah suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi dan berlaku di dalam negara tertentu. Untuk digunakan dengan tujuan untuk dapat melancarkan kegiatan tukar-menukar barang dan perdagangan.

Uang juga disebut sebagai alat penukar yang sah, demikian pentingnya fungsi uang, sehingga keberadaan uang disuatu negara diatur dengan undang-undang. Pengertian uang bagi para ahli ekonomi biasanya memberikan pengertian yang beragam mengenai definisi uang. Weskipun demikian, pengertian umum uang ialah sama, yakni benda yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Berikut pengertian uang menurut para ahli ekonomi dunia dan Indonesia.

1. Albert Gailort Hart
Pengertian uang menurut Albert Gailort Hart adalah suatu kekayaan yang oleh pemiliknya bisa digunakan untuk melakukan transaksi ataupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda.

2. R.S Sayers
Pengertian uang menurut RS Sayear adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam masyarakat sebagai pembayaran utang.

3. Robertson
Uang merupakan sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang dan jasa.

4. Rollin G. Thomas
Pengertian uang menurut r.j Thomas tertuang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

5. A. C. Pigou
Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”.

6. George Simmel
Uang memiliki kemampuan untuk mentransformasikan dan mengubah dunia sosial pada dunia aritmatik dan sebagai sarana reifikasi paling murni.

7. George N. Halm
Pengertian uang menurut george n halm adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar pertukaran dan untuk mengatasi segala kesulitan dalam melakukan barter atau transaksi.

8. Dennis Home Robertson
Uang menurutnya dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang

9. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo
Definisi uang menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo adalah alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya.

10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih
Uang ialah sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

11. Walker
Uang adalah “money is what money does”, yang artinya uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang ialah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain

12. Irma Rahmawati
Definis uang dikemukakan oleh Irma Rahmawati adalah suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

13. Rismsky K. Judisseno
Uang adalah satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

14. Hukum
Pengertian dan definisi uang menurut hukum adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

15. Ensiklopedia Indonesia
Uang adalah segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan juga umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli.

16. Mankiw
Pengertian uang yang dikemukakan oleh Mankiw adalah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

17. Kasmir
Uang adalah alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

18. KBBI
Uang adalah alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

19. Wikipedia
Uang adalah sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

20. Adam Smith
Pengertian uang menurut adam smith adalah media penukaran, namun uang tidak dibutuhkan untuk uang itu sendiri. Maksudnya, ialah uang diciptakan untuk memperlancar pertukaran dan penetapan nilai yang wajar dari pertukaran tersebut, dan uang bukan merupakan sebuah komoditi.

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 20 Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli Ekonomi Dunia, dimana uang selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel ekonomi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *