NEWSLETTER

Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Sawal Walker, Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya – Bagi Anda yang mau belajar Geografi, terlebih dahulu harus mengetahui tentang penyebab gempa bumi. Apabila belum mengetahui penyebab gempa bumi, tepat sekali telah mengunjungi artikel ini. Karena kami akan mengulas tentang penyebab gempa bumi, secara umum. Salah satu proses penyebab gempa bumi adalah lempeng samudera yang rapat massanya lebih besar ketika bertumbukan dengan lempeng benua di zona tumbukan (subduksi) akan menyusup ke bawah. Untuk lebih lanjut, marilah simak penjelasan mengenai penyebab gempa bumi secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Penyebab Gempa Bumi dan Jenis-Jenisnya Secara Umum

Faktor Gempa bumi secara umum, biasanya terjadi di perbatasan lempengan-lempengan tersebut. Terjadinya gempa bumi yang paling parah, biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Akibat gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi, karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.

Baca Juga Dampak Terjadinya Gempa Bumi 

Penyebab gempa bumi kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan di mana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa Bumi akan terjadi.

Pergeseran lempeng bumi dapat mengakibatkan gempa bumi karena dalam peristiwa tersebut disertai dengan pelepasan sejumlah energi yang besar. Selain pergeseran lempeng bumi, gerak lempeng bumi yang saling menjauhi satu sama lain juga dapat mengakibatkan gempa bumi. Hal tersebut dikarenakan saat dua lempeng bumi bergerak saling menjauh, akan terbentuk lempeng baru di antara keduanya.

Baca Juga Akibat Yang Ditimbulkan Gempa Bumi

Lempeng baru yang terbentuk memiliki berat jenis yang jauh lebih kecil dari berat jenis lempeng yang lama. Lempeng yang baru terbentuk tersebut akan mendapatkan tekanan yang besar dari dua lempeng lama sehingga akan bergerak ke bawah dan menimbulkan pelepasan energi yang juga sangat besar. Terakhir adalah gerak lempeng yang saling mendekat juga dapat mengakibatkan gempa bumi. Pergerakan dua lempeng yang saling mendekat juga berdampak pada terbentuknya gunung.

Jenis-Jenis Gempa Bumi

Berdasarkan posisi kegiatan magma (kedudukan sumber gempanya), maka penyebab gempa bumi dan jenis-jenisnya dibedakan menjadi 4 jenis, yakni :

1. Gempa Bumi Tektonik

Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Penyebab gempa tektonik disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di Bumi, getaran gempa Bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian Bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba.

2. Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi yang ini dikatakan sangat jarang terjadi. Gempa ini disebabkan karena runtuhan-runtuhan goa besar di bawah tanah. Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempa bumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal. Efek dari gempa ini bisa di bilang hanya terasa di wilayah runtuhan saja, melainkan di luar daerah runtuhan tidak akan terasa kuat. Kekuatan gempa runtuhan berkisar antara 5-7 SR dan kekuatan episetrum hanya mencapai wilayah runtuhan saja. Dan biasanya hanya dirasakan di daerah- daerah lokal saja, atau yang berada di sekitaran daerah runtuhan tersebut.

3. Gempa Bumi Vulkanik

Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

Penyebab gempa bumi vulkanik ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.

4. Gempa Bumi Buatan

Penyebab gempa bumi tidak semuanya bersifat alami. Beberapa penyebab gempa bumi ini berasal dari manusia. Salah satunya adalah yang menyebabkan gempa bumi buatan. Gempa bumi buatan merupakan jenis gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas- aktivitas manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir maupun palu yang dipukulkan ke permukaan Bumi. Tidak hanya itu, gempa bumi buatan juga dapat terjadi tanpa disengaja yaitu ketika ada ledakan dahsyat yang terjadi karena kecelakaan.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Penyebab Gempa Bumi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya, dimana salah satu proses penyebab gempa bumi adalah lempeng samudera yang rapat massanya lebih besar ketika bertumbukan dengan lempeng benua di zona tumbukan (subduksi) akan menyusup ke bawah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga  bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *