NEWSLETTER

Perbedaan Fully Funded dan Pay As You Go Dalam Pembayaran Pensiun PNS

Sawal Walker, Perbedaan Fully Funded dan Pay As You Go Dalam Pembayaran Pensiun PNS – Tahukah anda perbedaan sistem gaji pensiun PNS fully funded dan pay as you go?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang perbedaan fully funded dan pay as you go, pada model pembayaran pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS). Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai perbedaan fully funded dan pay as you go secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

perbedaan fully funded dan pay as you go

Perbedaan Fully Funded dan Pay As You Go Beserta Proses Pembayarannya

Perbedaan sistem pembayaran pensiun PNS Pay As You Go dengan Fully Funded tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam aspek sumber pembayaran gaji itu sendiri.

Pay As You Go adalah sistem pembayaran gaji pensiun PNS yang masih diterapkan sampai sekarang ini dan bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Seluruh pembayaran gaji pensiunan PNS dibayarkan secara langsung dari APBN setelah pegawai yang bersangkutan mulai memasuki masa pensiun. Namun dengan sistem ini tidak begitu efektif karena setiap tahunnya APBN mengalami pembengkakan dengan peningkatan beban anggaran mencapai 5 triliun per tahunnya.

Untuk saat ini tidak seluruh gaji pensiunan PNS dibayarkan dari APBN, tetapi juga dari pemotongan gaji pegawai selama masih aktif sebagai seorang PNS. Sesuai data dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), setiap pegawai dalam satu bulan akan dipotong sebesar 10 persen yang terbagi untuk Asuransi Kesehetan, tabungan hari tua dan  gaji pensiunan.

Pay As You Go diartikan sebagai pendanaan langsung oleh pemerintah dan pembayaran akan dilakukan secara bersamaan dengan mulai masuknya pegawai yang bersangkutan sebagai pegawai pensiun. Keuntungan sistem ini  karena penganggaran akan diketahui oleh pemerintah secara jelas, serta besaran untuk pembayaran gaji ditentukan oleh pemerintah yang didasarkan atas jumlah perhitungan yang nyata.

Sedangkan untuk kerugiannya seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa anggaran untuk pembayaran gaji pensiunan akan mengalami kenaikan. Karena semakin lama akan semakin banyak pegawai yang memasuki masa pensiunan, jika terus berlangsung menggunakan sistem Pay As You Go, anggaran yang harus dikeluarkan negara akan sama besar dengan anggaran yang dikeluarkan untuk membayar gaji PNS aktif atau bahkan bisa lebih dari itu.

Karena itu pemerintah berencana untuk mengubah sistem Pay As You Go menjadi Fully Funded. Sebenarnya rencana perubahan ini telah ada sejak tahun 2012 namun belum terealisasi dan mulai direncanakan lagi untuk direalisasikan pada tahun 2017 mendatang.

Sedangkan Fully Funded adalah sistem pembayaran penuh yang pembayarannya berasal dari iuran yang dilakukan antara pemerintah dengan pegawai itu sendiri. Besarannya bisa ditentukan dan disesuaikan, sistem ini berarti bahwa pembayaran gaji pensiunan merupakan hasil dari iuran pemerintah selaku pemberi kerja dan iuran pegawai sebagai pekerja. Besaran iuran dari pemerintah didasarkan pada jumlah gaji PNS setiap bulannya.

Keuntungan dari sistem Fully Funded adalah anggaran iuran pemerintah untuk gaji pensiunan akan berbeda dengan beban anggaran pemerintah dan pembayarannya bisa diperkirakan ketika melakukan pembayaran gaji PNS. Pegawai Negeri Sipil bisa bebas menentukan berapa dana pensiun yang ingin diterimanya nanti sehingga pemotongan akan disesuaikan berdasarkan besarnya pensiun tersebut.

Diakui Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwa penerapan sistem Fully Funded sebagai acuan untuk melakukan pembayaran gaji pensiunan PNS masih membutuhkan sosialisasi kepada semua pihak yang bersangkutan terutama dengan PNS yang akan membayarkan iurannya untuk gaji pensiunan, manfaatnya akan terasa setelah pegawai memasuki masa pensiun.

Proses Pembayaran Pensiun Fully Funded dan Pay As You Go

Proses pembayaran gaji pensiunan menggunakan sistem Pay As You Go dilakukan secara langsung oleh pemerintah dengan memilih lembaga keuangan tersendiri. Gaji pensiunan yang bersumber dari APBN akan diserahkan kepada pemerintah daerah dan nantinya baru akan dibagikan kepada pegawai pensiun melalui lembaga keuangan yang telah dipilih.

Sedangkan sistem Fully Funded semua iuran dari pekerja dan pemberi kerja akan dikumpulkan terlebih dahulu sehingga membentuk anggaran dana pensiun. Iuran dari kedua sumber akan dikumpulkan pada suatu lembaga sebagai pengelola dana pensiun yang saat ini adalah PT. Taspen. Dana pensiun yang terkumpul memberikan kesempatan untuk dilakukan investasi baik melalui pasar modal, properti ataupun pasar uang. Untuk sampai ke tangan pegawai pensiun, gaji tetap akan dibayarkan melalui lembaga keuangan yang dipilih.

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang perbedaan Fully Funded dan Pay As You Go dalam pembayaran pensiun PNS. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis dan marketing berikutnya.

Sumber: http://www.asncpns.com/2015/03/perbedaan-sistem-gaji-pensiun-pns-pay.html

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *