Perbedaan Antara Sekolah TK, PAUD, dan Playgroup

Sawal Walker, Perbedaan Antara Sekolah TK, PAUD, dan Playgroup – Tahukah anda perbedaan TK PAUD dan Playgroup?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang perbedaan sekolah TK, PAUD, dengan Playgrup. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai perbedaan TK, PAUD, dan Playgroup secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

perbedaan sekolah tk paud playgroup

Perbedaan Sekolah TK, PAUD, dan Playgroup

Begini perbedaannya taman kanak kanak, pendidikan anak usia dini, dan kelompok beramain:

1. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Berdasarkan peraturan pemerintah yang tercantum dalam UU pasal 28 ayat 1 Sidiknas nomor 20/2003, PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini merupakan lembaga pendidikan yang diperuntukkan untuk anak usia 1-8 tahun. Usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang harus dioptimalkan secara maksimal. Oleh sebab itu, Kamu bisa mempertimbangkan memasukkan si kecil ke lembaga terkait untuk mengasah keterampilan.

Jadi, Playgroup atau KB, TK dan RA merupakan jenis lembaga pendidikan yang masuk dalam kategori PAUD ya!

2. TK (Taman Kanak-Kanak)

TK terbagi menjadi dua kelas, yakni TK kecil atau TK A untuk anak usia minimal 4 tahun dan TK besar atau TK B untuk 5-6 tahun. Pendidikan sudah dapat dimulai sejak anak berusia 5 – 6 tahun. Masing-masing jenjang memerlukan waktu satu tahun untuk naik ke tingkat selanjutnya. Metode pembelajaran di TK dikemas secara formal. Anak-anak akan masuk ke dalam kelas dan diberikan banyak materi untuk memersiapkan mereka ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Mata pelajaran sudah tergolong banyak, diantaranya, agama, budi pekerti, keterampilan, musik, bahasa, bernyanti, membaca berhitung dan menulis. 

Pada tahap anak masuk ke sekolah TK, ia akan belajar mengenai cara membaca, menulis dan berhitung. Berbeda dengan lingkup pendidikan KB atau Playgroup yang lebih non formal, jenjang pendidikan TK lebih formal. Artinya guru atau staf pengajar akan memberikan materi yang dipersiapkan untuk memasuki jenjang SD atau Sekolah Dasar. Anak-anak akan belajar ilmu agama, bahasa, bernyanyi, budi pekerti, keterampilan, olahraga dan sebagainya.

3. Playgroup / Kelompok Bermain

Merupakan pendidikan usia dini yang diperuntukan bagi anak berusia di bawah 5 yaitu umur 2-4 tahun. Para pendidik biasanya akan memberikan pengajaran yang mampu menstimulasi kecerdasan motorik, sosial dan kognitif anak untuk dapat lebih aktif. Semua kegiatan dikemas dengan sangat sederhana dan menyenangkan supaya anak tertarik melakukan banyak hal dan bereksplorasi. Tidak ada pelajaran yang berat karena semua kurikulum dirancang untuk anak bermain dan belajar berinteraksi dengan teman-temannya.

Jadi, keputusan memasukkan si kecil ke lembaga PAUD baik Playgroup atau TK tergantung dengan kebutuhan ya! Namun, pastikan bahwa si kecil memiliki niat dan mental yang baik untuk mengikuti sistem pembelajaran yang ada. Jika si kecil memang belum siap belajar, sebaiknya Kamu tidak memaksakan ego agar si kecil masuk ke Playgroup terlalu dini.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Lembaga Pendidikan anak usia dini dilaksanakan sesuai satuan Pendidikan masing-masing. Taman Penitipan Anak (TPA) dilaksanakan 3 – 5 hari dengan jam layanan minimal 6 jam. Minimal layanan dalam satu tahun 144 -160 hari atau 32 – 34 minggu.

Kelompok Bermain (KB) setiap hari atau minimal 3 kali seminggu dengan jumlah jam minimal 3 jam. Minimal layanan dalam satu tahun 144 hari atau 32 – 34 minggu. Taman Kanak-Kanak (TK) dilaksanakan minimal 5 hari setiap minggu dengan jam layanan minimal 2,5 jam. Layanan dalam satu tahun 160 hari atau 34 minggu.

Pelaksanaan pendidikan anak usia dini hendaknya dapat melibatkan seluruh komponen masyarakat. Penyelenggaraan pendiikan anak usai dini dapat dilakukan oleh swasta dan pemerintah, yayasan maupun perorangan.

Baca juga Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Perbedaan Antara Sekolah TK, PAUD, dan Playgroup. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.sawalwalker.com semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel paud berikutnya.

Leave a Comment