NEWSLETTER

Ruang Lingkup Geografi Beserta Contohnya

Sawal Walker, Ruang lingkup geografi beserta contohnya – Membahas geografi memang tidak ada habisnya setelah pengertian geografi, kita juga harus mengetahui ruang lingkup geografi. Dalam studi geografi mencakup, analisis gejala manusia dan gejala alam. Masih belum paham tentang ruang lingkup geografi? Tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini. Karena kesempatan kali ini kami akan membahas tentang ruang lingkup geografi, dan contohnya. Penasaran? mari simak penjelasan berikut ini tentang ruang lingkup geografi.

Ruang Lingkup Geografi

Gambar Ruang Lingkup Geografi

 

Dalam materi ruang lingkup geografi menurut Rhoad Murphey, pengertian ruang lingkup geografi sebagai berikut: (a) distribusi dan hubungan timbal balik antara manusia di permukaan bumi dengan aspek-aspek keruangan permukiman penduduk dan kegunaan dari bumi. (b) hubungan timbal balik antara masyarakat dengan lingkungan fisiknya sebagai bagian studi perbedaan area. (c) kerangka kerja regional dan analisis wilayah secara spesifik.  Untuk pertanyaan ruang lingkup geografi, ini dia ruang lingkupnya yang terdiri atas 3 bagian, antara lain:

Baca Juga Pengertian Geografi Secara Umum 

1. Geografi Fisik

Ruang lingkup geografi yang pertama yaitu, Geografi fisik. Geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi, yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Gejala-gejala alam tersebut berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala sesuatu tentang bumi, serta tentang proses-proses fisik yang terjadi di darat, laut, dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Geografi fisik dikaji dengan bantuan ilmu penunjang, di antaranya ilmu astronomi untuk mengkaji antroposfer, meteorologi, klimatologi, dan geofisika untuk mengkaji atmosfer. Contohnya yaitu : proses terjadinya hujan, proses terjadinya pelangi, proses terjadinya siklus air, proses pembentukan tanah, proses sedimentasi, dan perbedaan iklim berdasarkan garis bujur.

2. Geografi Sosial

Geografi sosial mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia di bumi dan interaksinya dengan lingkungan, baik dalam lingkungan sosial, ekonomi, maupun budaya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa geografi sosial (geografi manusia) mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan dampak lingkungan terhadap manusia.

Baca Juga Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Contoh geografi sosial ini yaitu : pola pemukiman masyarakat daerah pesisir sungai, kepadatan penduduk di suatu wilayah terkait dengan relief permukaan tanah, dan pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

3. Geografi Regional

Geografi regional mempelajari topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah atau wilayah tertentu. Geografi regional merupakan bahasan yang menyeluruh, baik dari aspek fisik ataupun sosial sehingga dianggap sebagaio bentuk tertinggi dalam geografi.

Geografi regional bisa pula dianggap sebagai suatu bahasan menyeluruh dari aspek fisik dan aspek sosial pada sebuah wilayah, provinsi, negara, maupun regional tertentu. Contoh geografi regional, yaitu: kepadatan penduduk di wilayah negara-negara Asean, pola persebaran masyarakat etnis Tionghoa di Asia Tenggara, persebaran curah hujan di Indonesia.

Geografi termasuk ilmu tua yang sudah berkembang dari jaman sebelum masehi. Sehingga dalam perkembangaanya mengalami spesifikasi yang melahirkan cabang-cabang ilmu lain. Di bawah ini adalah skema ruang lingkup geografi, yaitu :

Gambar ruang lingkup geografi

Akhir Kata

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan tentang Ruang lingkup geografi beserta contohnya, dimana ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu geografi, terdiri dari 3 antara lain: geografi lingkungan, geografi sosial dan geografi regional. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi sawalwalker.com, sampai jumpa pada artikel Geografi berikutnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *