NEWSLETTER

Syarat Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

Sawal Walker, syarat membuat npwp untuk melamar kerja – Bagi yang ingin membuat npwp untuk melamar kerja, tentunya memerlukan beberapa syarat utama yang mesti dilakukan oleh Anda. Karena Pemerintah Indonesia mewajibkan semua masyarakat, yang mempunyai gaji tetap untuk mempunyai npwp, guna membayar pajak ke khas Negara.

Cara membuat untuk memenuhi persyaratan pajak, bila ingin melamar kerja sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi harus mengetahui langkah apa saja yang mesti dilakukan, apabila belum mendapatkan pekerjaan diperbolehkan untuk membuat NPWP. Nantinya digunakan ketika sudah bekerja untuk dapat membayar pajak, baik untuk perorangan maupun perusahaan.

Beberapa Syarat Membuat NPWP

Syarat Membuat NPWP Untuk Melamar Kerja

Ada beberapa persyaratan yang mesti kita lakukan, agar dapat membuat npwp untuk melamar pekerjaan, berikut dibawah.

Berkas Dokumen

Agar proses pembuatan npwp berjalan dengan lancar, maka kita mesti melakukan persiapan berkas dokumen terlebih dahulu, adapun berkas yang mesti di bawa guna memenuhi persyaratan tersebut sebagai berikut.

  • Membawa Foto copy KTP Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), sementara bagi Warga Negara Asing (WNA) bisa menyiapkan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), Paspor, serta (KITAS).
  • Diharuskan membawa surat pernyataan di atas materai untuk wajib pajak dan benar bahwa Anda nantinya akan menjalankan usaha atau pekerjaan.
  • Membawa surat keterangan tempat kegiatan usaha, atau bisa membawa dokumen izin kegiatan usaha, serta membawa surat pekerjaan bebas dari pejabat Pemerintah Daerah (Pemda). Minimal setingkat Kepala Desa atau Lurah, bila tidak surat tagihan listrik (bukti pembayaran listrik) juga bisa dibawa.
  • Foto copy Kartu NPWP suami untuk istri, ataupun wanita yang sudah menikah.
  • Membawa Kartu Keluarga (KK).
  • Surat pernyataan guna menghendaki hak serta kewajiban perpajakan secara terpisah.

Cara Mendaftar NPWP

Setelah kita semua mengetahui syarat membuat npwp, kini anda bisa mendaftar npwp, tentu kita bisa melakukan pendaftaran dengan cara online maupun mendaftar melalui offline yang langsung datang ke kantor pajak.

Cara Membuat NPWP Offline

Apabila ingin mendaftar NPWP secara offline, anda harus mendatangi kantor pajak yang ada di wilayah tempat tinggal. Nanti akan diminta untuk mengisi sebuah formulir registrasi npwp, jangan lupa untuk sabar antri. Silahkan mengisi persyaratan formulir tersebut, bila Anda telah dipanggil untuk kepengurusan npwp.

Cara Membuat NPWP Online

  • Silahkan mengunjungi website resmi firjen Pajak ereg.pajak.go.id
  • Membuat akun personal.
  • Kemudian login dan pilih menu sistem e-Registration, langsung klik register terlebih dahulu dan isilah data secara benar.
  • Setelah itu lakukan konfirmasi pembukaan akun dengan cek inbox e-mail yang telah didaftarkan, kemudian ikuti petunjuk dari email yang diberikan Dirjen Pajak.
  • Isi lengkap semua formulir pendaftaran NPWP dengan cara login ke menu registration.
  • Kemudian kirimkan formulir pendaftaran dengan menekan tombol daftar.
  • Selanjutnya segera cetak (print) formulir registrasi, serta surat keterangan terdaftar caranya menekan tombol CTRL + P.
    Tanda tangani dan simpan semua berkas dalam folder.
  • Kirim berkas tersebut ke KPP, lanjut scan berkas pengurusan pajak dan login ke ereg.pajak.go.id, kemudian upload.

Baca Juga: Mengetahui Tarif Bayar NPWP Berapa

Penutup

Demikian yang dapat sawal walker bagikan, tentang syarat membuat npwp untuk melamar kerja, semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih senantiasa berkunjung ke sawalwalker.com, sampai jumpa di informasi lainnya.

You May Also Like

Inces Walker

About the Author: Inces Walker

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” – HR Ath-Thabrani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *