NEWSLETTER

Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya

Sawal Walker, Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya – Tahukah anda tahap pembelahan mitosis?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tahap pembelahan mitosis. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai tahap pembelahan mitosis dan gambarnya secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Kita hidup tumbuh dan berkembang karena adanya pembelahan sel yang terjadi ini menjadikan tumbuh kita mengalami penambahan sel pada bagian – bagian yang menyusun tubuh. Pada proses pembelahan sel dapat terjadi melalui pembelahan yang banyak salah satunya adalah pembelahan mitosis yakni pembelahan yang biasanya dilakukan pada bagian sel somatic atau yang merupakan sel penyusun tubuh.

Pada pembelahan tersebut , induk dari sel memiliki sifat sel yaitu diploid yang dari proses ini akan dihadirkan dua anakan sel. Dimana kedua anakan sel ini akan tetap memiliki sifat yang sama seperti indukannya. Mulai dari sifat sang induk yang memiliki sifat diploid dan kromosom. Jumlah sel kromosom dalam anakan pun akan sama dengan indukan. Jika pada saat itu induk memiliki 25 kromosom maka sang anakan juga akan memilki jumlah yang sama.

Pada hewan dan manusia proses pembelahan sel dengan tipe mitosis akan mengalami pertumbuhan dan perkebangan. Contoh nyatanya adalah saat kita pertama kali dikandung adalah berupa zigot dalam hal ini zigot mengalami pembelahan sel secara mitosis. Pembelahan dilakukan secara berulang kali dengan menghasilkan pertumbuhan sedikit demi sedikit hingga muncul embrio.

Pada tumbuhan yang juga termasuk ke dalam jenis mahluk hidup proses pembelahan secara mitosis akan mempengaruhi pertumbuhan yang signifikan pada bagian ujung sebuah akar dan ujung sebuah batang. Untuk proses pembelahan sendiri membutuhkan waktu yang ditentukan oleh jenis organisme dan bagiaman termparatur atau jenis lingkungannya saat itu.

Bila ingin membuktikan waktu dari pembelahan sel ini dapat dilakukan uji coba yang melibatkan tanaman yang bernama Kacang Kapri. Pada percobaan pertama gunakan suhu 15 Derajat dan yang kedua menggunakan suhu 25 Derajat. Maka untuk menuju tahap demi tahap akan diperoleh hasil dimana pada suhu 25 Derajat proses akan lebih cepat. Perbedaan yang ada disebabkan proses reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim enzim yang terdapat dalam tumbuhan.

Baca juga Struktur Pembelahan Sel Beserta Fungsi dan Gambarnya

Tahap Pembelahan Mitosis

Pembelahan sel yang dilakukan secara mitosis biasanya melaui beberapa proses yang diawali dengan peleburan antara dua kelamin yakni jantan dan betina yang kemudian dari proses peleburan ini akan didapatkan sebuah zigot yang memilki sifat 2n atau yang disebut dengan diploid. Dari zigot ini nantinya ia akan terus melakukan pertumbuhan dan pembelahan sel yang dilakukan secara mitosis yang akan menghasilkan jutaan sel. Pada pembelahan jenis mitosis biasanya tidak langsung hanya menjadi dua dengan waktu melainkan melewati berbagi tahapan yang cukup kompleks. Berikut ini adalah tahapan – tahapan yang ada beserta penjelasannya.

1. Tahap Profase

Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya

Di fase ini bagian yang dinamai bang kromatin akan melakukan penebalan dan pemendekan dan menjadikannya membentuk sebuah kromosom. Pada bagian inilah proses peleburan dimulai ada beberapa hal yang menjadi ciri dari proses ini diantaranya

a. Bagian dari sel yakni nucleolus akan hilang
b. Benang benang kromosom mulai membentuk kromosom.
c. Pada bagian yang disebut dengvan Karioteka akan hilang dan dimulainya proses pemecahan
d. Terjadi sebuah proses pengadaan kromosom dan menjadi kromatid
e. Selanjutnya pada bagian ini kromatid yang telah dihasilkan akan melakukan proses perekeatan pada sebuah bagian dari sel yakni sentromer.

2. Tahap metaphase

Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya

Pada bagian ini yang awalnya adalah sebuah benang kromatid akan meluncur menuju bagian tengah dan menempatkan dirinya pada bagian tengah tersebut.

Proses ini terjadi pada bidang ekuator. Tahapan ini memiliki beberapa ciri diantaranya

a. Adanya peleburan sepurna pada saat peleburan karioteka
b. Benang akan ditempatkan pada bagian benang inti dan beberapa ciri lainnya

3. Tahap Anafase

Tahap Pembelahan Mitosis dan Gambarnya

Di tahap anaphase, dua dari bagian kromatid akan memisahkan diri atau memutuskan diri dari pasangan dan melakukan gerakan pergi menuju kutub sel yang umunmya arahnya berlawanan. Pada tahap ini kromatid menjadi kromosom yan baru.

4. Tahap Telofase

gambar Tahap Pembelahan Mitosis

Di fase ini setiap bagian dari sebuah kutup akan menjadi kromosom yang sifatnya sama atau identic. Pada bagian ini pula dinding sel akan membarui dirinya atau dibenuk kembali. Fase ini memungkinkan plasma menjadi dua bagian . atau yang umun disebut dengan instilah tahap sitokinesis

Beberapa ciri dari tahap ini adalah sebagai berikut

a. Di fase ini bagian yang menjadi pengantung kromosom atau yang dinamakan dengan benang spindel akan menghilang
b. Bagian membran inti akan terbentuk akan tumbuh atau terbentuk lagi pada bagian setiap kutub kutub yang ada.
c. Pada bagian nucleolus juga akan dibentuk kembali
d. Bagian yang dinamakan sitoplasma yang tadinya tidak bening menjadi bening

Baca juga 3 Macam-Macam Pembelahan Sel : Amitosis, Mitosis, Meiosis

Penutup

Kesimpulan dari pembahasan ini adalah pada proses mitosis dilakukan pembelahan pada sel yang memiliki sifat 2n atau diploid yang dari pembelahan ini akan dihasilkan dua buah bagian anak sel. Dimana anak sel ini akan tetap memiliki sifat seperti induknya atau memiliki sifat diploid.

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang tahap pembelahan mitosis dan gambarnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *