NEWSLETTER

Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap)

Sawal Walker, Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap) – Tahukah anda apa tujuan pembelahan sel?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tujuan pembelahan sel, dalam pelajaran biologi. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai apa tujuan pembelahan sel secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

tujuan pembelahan sel

Kalian pastinya harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dari pembelahan sel itu sendiri sebelum membahas apa tujuan dari pembelahan sel. Pembelahan sel ialah sebuah peristiwa yang terjadi ketika ada sel yang membelah menjadi 2 atau lebih dan menciptakan bagian sel yang baru. Tentunya setelah terjadinya pembelahan sel, jumlah sel akan semakin meningkat dan menjadi berkali-kali lipat.

Dengan kata lain pembelahan sel merupakan cara sel untuk melakukan reproduksi untuk membentuk sel yang baru lagi dengan salinan dari sel induknya. Pertumbuhan dan juga perkembangan sel juga sangat erat kaitannya dengan pembelahan sel dan fungsinya. Pembelahan sel pada individu atau makhluk hidup pada multi seluler dan uni seluler sangatlah berbeda walaupun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperbanyak sel.

Sebelumnya apakah kalian tahu apa fungsi sel melakukan pembelahan? Untuk memperbanyak? Tentunya bukan hal tersebut saja. Pada umumnya fungsi dari proses pembelahan sel terbagi menjadi 2. Yang pertama tentunya pada makhluk uni seluler atau yang memiliki sel tunggal, proses tersebut merupakan cara mereka untuk berkembang biak. Contohnya yaitu yang dilakukan oleh protozoa, amoeba, dan yang lainnya. Kemudian pada makhluk hidup yang multiseluler atau bersel banyak yaitu sebagai cara mereka untuk memperbanyak sel tubuh sehingga mereka akan terus tumbuh dan berkembang.

Sel utama yang melakukan pembelahan disebut dengan sel induk, dan sel hasil pembelahannya tersebut dinamakan sel anak. Dasarnya proses pembelahan sel terjadi dengan 2 cara berbeda yaitu pembelahan sel secara langsung dan pembelahan sel secara tidak langsung. Tetapi tentunya kalian perlu tahu juga apa sih tujuan sel melakukan pembelahan disamping kita telah mengetahui apa fungsinya.

Karena tentunya tidak dapat dipisahkan bahwa sel merupakan struktur terkecil yang membantu terbentuknya mahluk hidup maka tujuan dari pembelahan sel sendiri akan membantu tumbuh, perkembangan, dan bahkan kelangsungan hidup dari suatu mahkluk hidup yang mereka rangkai. Karena jumlah untuk membentuk suatu individu sendiri memerluka jumlah sel yang sangatlah banyak, maka sel juga harus melakukan pekerjaan keras untuk dapat mewujudkannya.

Tujuan Pembelahan Sel

Tujuan pembelahan sel adalah untuk pertumbuhan dan perkembangan, mengganti sel yang sudah mati atau rusak, berkembang biak, membentuk varisasi individu baru dan lain sebagainya. Dan beberapa tujuan sel membelah diri sebagai berikut.

1. Regenerasi sel-sel yang rusak/mati

Yang pertama yaitu untuk melakukan regenerasi sel-sel yang telah mati atau rusak. Tentunya sel yang sudah ada sebelumnya sewaktu-waktu akan mengalami kerusakan ataupun mati dalam tenggat waktu tertentu maka dari itu untuk menggantikan kekosongan tersebut sel yang baru saja terbentuk sebelumnya melakukan regenerasi dengan sel yang baru untuk melengkapi jaringan sel yang telah disusun.

2. Pertumbuhan dan perkembangan

Kemudian tujuan selanjutnya yaitu seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan.

3. Berkembang biak (reproduksi)

Tujuan ketiga dari pembelahan sel yaitu untuk berkembang biak. Terutama untuk makhluk yang termasuk dalam jenis uni seluler atau bersel satu yang hanya dapat bereproduksi atau berkembang biak hanya dengan menyalin sel induk yang terbelah.

4. Variasi individu baru

Dan tujuan yang terakhir yaitu untuk membentuk variasi individu baru. Pastinya kalian juga tahu bahwa dalam sel sendiri juga membawa DNA atau juga yang sering kita dengar bawaan genetic. Dimana jika kita beri contoh sederhana saja dari manusia.

Setiap manusia pasti memiliki ciri fisik berbeda-beda seperti rambut ikal atau lurus, kulit halus atau kasar, dan lain sebagainya yang merupakan akibat dari percampuran DNA yang dibawa oleh sel induk sendiri. Maka dari itu pembelahan sel juga sangat berperan menentukan ciri khusus yang ada pada individu baru yang akan dihasilkan.

Nah dari keempat tujuan dari pembelahan sel tersebut pastinya akan sangat mempengaruhi apa yang akan terbentuk pada individu baru yang akan dihasilkan. Maka dari itu segala sesuatu yang terjadi dalam proses yang dialami struktur terkecil sekalipun akan berdampak pada organisasi terbesar yang mereka susun.

Dimana struktur terbesar itu sendiri juga merupakan kumpulan dari jutaan salinan struktur terkecil yang saling terhubung juga.

Walaupun pembagian dari proses pembelahan sel itu sendiri memiliki berbagai jenis dan juga melewati fase-fase khusus, tak akan mengubah apa tujuan terjadinya proses tersebut. Namun dari fase-fase yang berbeda dan dilalui oleh setiap sel yang berbeda tentunya akan memiliki fungsi tertentu yang akan membantu pembentukan dan kinerja organ yang telah disusun sedemikian rupa.

Dan juga sel memiliki caranya sendiri untuk terus bertahan hidup sebelum rusak, mati, ataupun teregenerasi. Dimana sel sendiri melakukan semacam reaksi kimia secara otomatis dengan zat atau nutrisi yang telah terserap atau ada. Dan ketika asupan tersebut terhenti dan sel tak lagi dapat melakukan reaksi kimia tersebut maka pembelahan sel pula akan terhenti dan juga sel tidak akan dapat berkembang.

Penutup

Itu semua merupakan beberapa ulasan mengenai tujuan dari proses pembelahan sel yang mungkin dapat membantu kalian semua memahaminya. Semoga materi sekarang yang kami ulas ini tentang tujuan pembelahan sel akan bermanfaat, dan jangan sungkan untuk berbagi ilmu dengan yang lain.

You May Also Like

Sawal Walker

About the Author: Sawal Walker

Ketika Allah memberikanmu nikmat secara finansial, jangan naikkan standar hidupmu, melainkan tingkatkan standarmu dalam berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *