Panduan Lengkap: Cara Install CentOS 7 di VirtualBox untuk Pemula

Jika Anda ingin mempelajari Linux atau perlu menguji perangkat lunak di lingkungan Linux tanpa mengganggu sistem operasi utama Anda, menginstal CentOS 7 di VirtualBox adalah pilihan yang sempurna.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam proses instalasi CentOS 7 di VirtualBox, dan kami akan menjelaskan setiap langkah dengan bahasa yang mudah dipahami.

Apa itu VirtualBox?

VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sistem operasi tambahan di atas sistem operasi utama Anda. Dengan kata lain, Anda dapat membuat mesin virtual yang berfungsi seperti komputer sungguhan di dalam komputer Anda. Ini adalah alat yang sangat berguna untuk pengembangan perangkat lunak, pengujian, dan eksperimen dengan berbagai sistem operasi, termasuk berbagai distribusi Linux seperti CentOS 7.

Persiapan Awal

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menyelesaikan persiapan awal berikut:

1. Unduh ISO CentOS 7

Langkah pertama adalah mengunduh file ISO dari situs web resmi CentOS. Pastikan Anda memilih versi CentOS 7 yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu 32-bit atau 64-bit.

2. Unduh dan Instal VirtualBox

Jika Anda belum memiliki VirtualBox diinstal, unduh installer VirtualBox terbaru dari situs web VirtualBox. Instal VirtualBox dengan mengikuti panduan instalasinya.

3. Persiapkan Ruang Penyimpanan

Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di komputer Anda untuk menginstal VirtualBox dan mesin virtual CentOS 7. Ini termasuk ruang untuk file ISO CentOS 7 dan ruang untuk mesin virtual itu sendiri.

Langkah 1: Membuat Mesin Virtual di VirtualBox

Setelah Anda menyelesaikan persiapan awal, kita dapat mulai membuat mesin virtual untuk CentOS 7. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka VirtualBox

Buka VirtualBox setelah Anda menginstalnya. Anda akan melihat antarmuka utama VirtualBox.

BACA JUGA  Cara Membuat Symlink di Linux Ubuntu

2. Buat Mesin Virtual Baru

Klik tombol “New” di bagian atas untuk membuat mesin virtual baru.

3. Beri Nama Mesin Virtual

Pada jendela yang muncul, beri nama mesin virtual Anda. Anda dapat memilih nama apa pun yang Anda suka, misalnya “CentOS 7”.

4. Pilih Tipe dan Versi

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih tipe dan versi sistem operasi yang akan diinstal di mesin virtual ini. Karena kita akan menginstal CentOS 7, pilih tipe “Linux” dan versi “Red Hat (64-bit)”.

5. Tentukan Memori

Selanjutnya, tentukan jumlah memori (RAM) yang akan dialokasikan untuk mesin virtual ini. Sebaiknya alokasikan setidaknya 1024MB (1GB) atau lebih jika Anda memiliki sumber daya yang cukup. Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak memori jika Anda juga menjalankan aplikasi berat di sistem utama Anda.

6. Buat Hard Disk Virtual

Sekarang, mari kita buat hard disk virtual untuk mesin virtual kita. Pilih opsi “Create a virtual hard disk now” dan klik “Create”.

7. Pilih Jenis Hard Disk

Anda akan diminta untuk memilih jenis hard disk virtual. Pilih opsi “VDI (VirtualBox Disk Image)”.

8. Pilih Penyimpanan Hard Disk

Pilih apakah hard disk virtual akan dialokasikan secara dinamis (Dynamic allocation) atau dengan ukuran tetap (Fixed size). Jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, opsi “Fixed size” biasanya lebih cepat, tetapi akan memakan lebih banyak ruang daripada “Dynamic allocation”. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan klik “Next”.

9. Tentukan Ukuran Hard Disk

Selanjutnya, tentukan ukuran hard disk virtual. Kami merekomendasikan setidaknya 20GB untuk instalasi CentOS 7, tetapi Anda dapat mengatur sesuai kebutuhan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang yang tersedia di komputer Anda.

BACA JUGA  Repository yang Harus Ditambahkan Setelah Install Kali Linux

10. Selesai

Setelah Anda mengatur semua pengaturan hard disk, Anda akan melihat ringkasan pengaturan mesin virtual Anda. Klik “Create” untuk membuat mesin virtual.

Langkah 2: Instalasi CentOS 7

Sekarang kita memiliki mesin virtual CentOS 7 yang siap, saatnya untuk menginstal sistem operasi. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Jalankan Mesin Virtual

Kembali ke antarmuka utama VirtualBox dan pilih mesin virtual CentOS 7 yang baru saja Anda buat. Klik “Start” atau “Start” dengan tombol hijau panah atas.

2. Pilih File ISO CentOS 7

Anda akan diminta untuk memilih file ISO CentOS 7 yang telah Anda unduh sebelumnya. Klik folder ikon kuning di sebelah kanan “IDE Secondary Master” dan pilih file ISO CentOS 7 yang sesuai dengan versi Anda.

3. Boot dari ISO

Setelah Anda memilih file ISO, klik “Start” untuk menjalankan mesin virtual. Mesin virtual akan mem-boot dari file ISO CentOS 7 yang Anda pilih.

4. Pilih Bahasa dan Keyboard

Pada layar pertama instalasi CentOS 7, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan selama instalasi. Pilih bahasa yang sesuai dengan preferensi Anda, kemudian klik “Continue”.

Selanjutnya, pilih tata letak keyboard yang sesuai dengan lokasi Anda dan klik “Continue”.

5. Pilih Media Instalasi

Instalator akan mencoba mendeteksi sumber media instalasi. Pastikan media instalasi adalah file ISO CentOS 7 yang telah Anda pilih sebelumnya. Klik “Begin Installation” untuk melanjutkan.

6. Konfigurasi Jaringan dan Hostname

Di langkah ini, Anda dapat mengonfigurasi jaringan dan hostname sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mengikuti konfigurasi default dengan mengklik “Network & Hostname” di sudut kiri bawah.

BACA JUGA  Cara Solved Epson Scan 2 dan Scanner Address di Linux Mint

7. Buat Password Root

Anda akan diminta untuk membuat kata sandi untuk akun root (superuser) di sistem CentOS Anda. Pastikan kata sandi ini kuat dan aman, karena memiliki akses ke semua fitur sistem.

8. Instalasi Sistem

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah konfigurasi, klik “Begin Installation” untuk memulai proses instalasi CentOS 7 di mesin virtual Anda.

9. Konfigurasi User

Sementara proses instalasi berlangsung, Anda dapat membuat akun pengguna biasa yang akan digunakan untuk login ke sistem setelah instalasi selesai. Klik “User Creation” dan ikuti petunjuk untuk membuat akun pengguna.

10. Selesai!

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat pesan bahwa sistem telah berhasil diinstal. Klik “Reboot” untuk me-reboot mesin virtual CentOS 7 Anda.

Langkah 3: Log Masuk ke CentOS 7

Setelah reboot, sistem CentOS 7 Anda sekarang seharusnya siap digunakan. Anda akan melihat layar log masuk (login screen).

1. Login Sebagai Pengguna

Gunakan akun pengguna biasa yang telah Anda buat selama instalasi untuk login. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai.

2. Akses Root

Jika Anda perlu melakukan tugas yang memerlukan hak superuser (root), Anda dapat mengaksesnya dengan perintah su di terminal dan memasukkan kata sandi root yang telah Anda buat selama instalasi.

Selamat, Anda sekarang telah berhasil menginstal CentOS 7 di VirtualBox dan siap untuk menjalankan dan belajar Linux di lingkungan virtual yang aman. Selamat belajar, dan jangan ragu untuk menjelajahi lebih lanjut fitur dan kemungkinan yang ditawarkan oleh CentOS 7!