Cara Install Driver AMD di Linux Ubuntu dengan Mudah

Apakah Anda sedang mencari Cara Install Driver AMD di Linux Ubuntu, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Linux Ubuntu adalah sistem operasi yang populer di kalangan pengguna Linux. Salah satu tantangan yang sering dihadapi pengguna adalah menginstal driver AMD untuk mendapatkan kinerja grafis yang optimal. Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah cara menginstal driver AMD di Linux Ubuntu dengan bahasa yang mudah dipahami.

Mengapa Menginstal Driver AMD di Linux Ubuntu Penting?

Sebelum kita mulai, mari kita pahami mengapa menginstal driver AMD di Linux Ubuntu penting. Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Tanpa driver yang tepat, perangkat keras Anda mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Dalam hal ini, driver AMD dibutuhkan untuk mendapatkan kinerja grafis yang optimal di komputer Anda.

Langkah 1: Memeriksa Tipe Kartu Grafis AMD Anda

Langkah pertama adalah memeriksa tipe kartu grafis AMD yang Anda miliki. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah “lspci” di terminal. Buka terminal dan ketik perintah berikut:

lspci | grep VGA

Perintah ini akan menampilkan informasi tentang kartu grafis Anda, termasuk tipe dan modelnya. Pastikan Anda mencatat informasi ini untuk langkah selanjutnya.

Langkah 2: Mengunduh Driver AMD yang Tepat

Setelah Anda mengetahui tipe kartu grafis Anda, langkah berikutnya adalah mengunduh driver AMD yang tepat untuk Linux Ubuntu. Kunjungi situs web resmi AMD di amd.com dan cari bagian “Drivers & Support”. Di sana, Anda dapat mencari driver yang sesuai dengan tipe kartu grafis Anda.

BACA JUGA  Perbedaan Linux Mint Cinnamon, Mate, dan Xfce

Pilih driver yang sesuai dengan sistem operasi Anda (Linux Ubuntu) dan tipe kartu grafis AMD Anda. Unduh driver tersebut ke komputer Anda.

Langkah 3: Menginstal Dependensi yang Diperlukan

Sebelum Anda menginstal driver AMD, Anda perlu memastikan bahwa semua dependensi yang diperlukan terpenuhi. Jalankan perintah berikut untuk menginstal dependensi yang umumnya diperlukan:

sudo apt-get update sudo apt-get install build-essential linux-headers-$(uname -r)

Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki alat pengembangan yang diperlukan untuk mengkompilasi driver.

Langkah 4: Menginstal Driver AMD

Sekarang, kita siap untuk menginstal driver AMD. Pastikan Anda berada di direktori di mana Anda menyimpan file driver yang telah diunduh. Kemudian, ekstrak file tersebut dan pindah ke direktori yang dihasilkan.

tar -Jxvf <nama_file_driver>.tar.xz cd <nama_directory>

Selanjutnya, jalankan perintah berikut untuk memulai proses instalasi driver:

./amdgpu-pro-install -y

Proses instalasi akan memakan waktu beberapa saat tergantung pada kecepatan komputer Anda. Setelah selesai, Anda perlu melakukan reboot untuk menerapkan perubahan.

Langkah 5: Memeriksa Status Driver AMD

Setelah komputer Anda reboot, Anda dapat memeriksa apakah driver AMD telah diinstal dengan benar dengan menjalankan perintah berikut:

amdgpu-pro --info

Perintah ini akan menampilkan informasi tentang driver AMD yang telah diinstal, termasuk versi dan tipe kartu grafis yang didukung.

Baca juga Cara Mengatasi Kesalahan ‘cannot connect to the Docker daemon: is the Docker daemon running?

BACA JUGA  14 Hal Penting Dilakukan Setelah Install elementary OS

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah berhasil menginstal driver AMD di Linux Ubuntu Anda. Dengan driver yang tepat, Anda dapat menikmati kinerja grafis yang optimal pada sistem Anda. Pastikan Anda selalu mengikuti panduan resmi dari AMD dan menjaga driver Anda tetap diperbarui untuk mendapatkan hasil terbaik.

Artikel ini telah membahas langkah-langkah secara rinci tentang cara menginstal driver AMD di Linux Ubuntu. Semoga panduan ini membantu Anda dan memudahkan proses instalasi driver AMD. Selamat mencoba!