5 Cara Membalas Undangan Interview Yang Baik dan Benar

Sawal Walker, 5 Cara Membalas Undangan Interview Yang Baik dan Benar | Apakah Anda tahu tentang cara membalas undangan interview ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara membalas undangan interview atau reschedule. Pernahkah Anda menerima email penawaran lowongan kerja dari sebuah perusahaan ?. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara membalas undangan interview secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Membalas Undangan Interview atau Reschedule

Cara Membalas Undangan Interview atau Reschedule
Cara Membalas Undangan Interview atau Reschedule

Mendapatkan undangan wawancara kerja tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Amazing! Anda telah diundang interview kerja.

Bagaimana Anda merespons panggilan interview akan mempengaruhi kesan hrd tentang Anda, bahkan sebelum HRD bertemu dengan Anda. Etika yang tepat diperlukan, langsung dari tahap awal dalam proses rekrutmen. Cara Anda berkomunikasi secara verbal dan tertulis sangat penting.

1. Jawab dengan cepat dan hati-hati

Panggilan interview diterima jika Anda yakin pekerjaan itu cocok buat Anda dan dapat menghadiri wawancara di waktu yang telah ditentukan. Anda harus mempertimbangkan jarak yang ditempuh menuju tempat wawancara dengan tempat tinggal Anda. 

jika Anda sedang bekerja maka selain mengambil cuti perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain. Jika Anda setuju dengan jadwal  interview yang disarankan, Anda dapat menerimanya. 

Jika waktunya tidak sesuai, Anda dapat menginformasikan alternatif jadwal interview ke HRD. Jika Anda memilih untuk menolak kesempatan wawancara, beri tahu HRD beserta alasannya.

Anda dapat menanyakan detail informasi seperti: nama dan jabatan interviewer, alamat kantor yang jelas,  Anda dapat meminta share location atau moda transportasi yang mudah untuk mencapai tujuan.

Dalam banyak kasus, HRD dapat memilih untuk menghubungi Anda secara langsung melalui telepon atau email.

2. Membalas email undangan interview

“Terima kasih atas undangannya” 

kalimat pembukaan email balasan untuk dikirim ke HRD. Jika mereka telah menawari Anda lebih dari satu tanggal dan waktu untuk wawancara, pilih tanggal dan waktu terbaik untuk Anda.

Jika tidak ada yang cocok balas dengan rentang tanggal atau waktu kapan Anda akan tersedia. Mintalah semua detail informasi yang mungkin tidak ada dalam undangan .

3. Menanggapi panggilan interview melalui telepon/WhatsApp

Jangan lupa mengucapkan terimakasihlah kepada hrd karena sudah mendapatkan kesempatan interview. Apabila Anda berhalangan hadir maka wajib  menayakan permintaan jadwal ulang interview. 

Pada tanggal dan waktu wawancara melalui telepon. Jika Anda perlu waktu untuk memeriksa jadwal Anda, beri tahu hrd secara langsung atau telepon kembali sesegera mungkin.

4. Mengusulkan Alternatif Waktu Interview

Jika hari dan waktu yang ditawarkan HRD untuk interview ke Anda tidak ada yang pas, pertimbangkan untuk mengatur ulang jadwal interview. Beri tahu HRD bahwa Anda menghargai undangan interview ini dan Anda tidak sabar untuk bertemu, tetapi jadwalnya bentrok. 

Anda dapat mengatakan bahwa dapat mengatur ulang jadwal interview, tetapi Anda perlu waktu untuk melakukannya dan akan diinformasikan ke HRD secepatnya, atau Anda dapat menyarankan tanggal alternatif.

Selalu berusaha memudahkan hrd karena Anda yang sedang mencari pekerjaan. HRD biasanya akan menindaklanjuti dengan email yang mengkonfirmasi waktu, nomor telepon, alamat dan pewawancara.

5. Datang untuk Interview

Sekarang kami telah berbagi tips untuk etika undangan wawancara, jangan lupa untuk benar-benar muncul di hari H saat interview.

Jangan memberikan informasi bersedia datang interview tetapi tidak muncul diinterview, hal ini akan menurukan value mu dimata hrd

Jika Anda tidak dapat hadir atau berubah pikiran tidak mau hadir, berikan pemberitahuan yang cukup kepada hrd. Tidak datang interview tanpa ada pemberitahuan sebelumnya adalah etika yang buruk dan akan merusak citra profesional Anda. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Penutup

Sekian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 5 Cara Membalas Undangan Interview Yang Baik dan Benar, dimana Pihak perusahaan akan lebih menghargai dan menghormati atas upaya memberi kabar serta konfirmasi dari Anda. Terima kasih telah mengunjungi sawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel umum berikutnya.

Leave a Comment