Cara Mengatasi Pesan ‘Maaf, Anda Hanya Dapat Mengirim Pesan ke Mutual Kontak’ di Telegram

Apakah Anda sedang mencari Maaf, Anda Hanya Dapat Mengirim Pesan ke Mutual Kontak di Telegram, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Telegram adalah salah satu platform pesan instan yang sangat populer, dikenal karena privasi yang kuat dan fitur-fitur inovatifnya. Meskipun Telegram relatif mudah digunakan, terkadang pengguna dapat menghadapi pesan kesalahan seperti “Maaf, Anda hanya dapat mengirim pesan ke mutual kontak saat ini.” Pesan kesalahan ini mungkin membingungkan dan dapat menjadi hambatan dalam berkomunikasi dengan pengguna lain. Artikel ini akan memberikan pemahaman tentang pesan kesalahan ini dan solusi lengkap tentang cara mengatasinya.

Mengapa Anda Mendapatkan Pesan Kesalahan ini?

Sebelum kita membahas cara mengatasi pesan kesalahan ini, mari kita pahami mengapa pesan ini muncul. Pesan “Maaf, Anda hanya dapat mengirim pesan ke mutual kontak saat ini” muncul ketika Anda mencoba mengirim pesan kepada seseorang yang bukan kontak Anda di Telegram dan tidak ada saling kontak (mutual contact) antara Anda dan penerima pesan. Artinya, orang yang ingin Anda hubungi belum menyimpan nomor telepon Anda di daftar kontak mereka atau Anda belum menyimpan nomor telepon mereka di daftar kontak Anda.

Telegram menggunakan sistem privasi yang kuat, dan pesan kesalahan ini muncul untuk melindungi pengguna dari pesan spam atau tidak diinginkan dari pengguna yang tidak dikenal. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan tetap berkomunikasi dengan orang-orang baru di Telegram.

BACA JUGA  Cara Membuka Aplikasi Tik Tok Yang Diblokir Oleh Kominfo

Solusi untuk Mengatasi Pesan Kesalahan ini

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi pesan kesalahan “Maaf, Anda hanya dapat mengirim pesan ke mutual kontak saat ini” di Telegram:

1. Tambahkan Penerima ke Daftar Kontak Anda

Langkah pertama adalah memastikan bahwa nomor telepon penerima pesan sudah ada di daftar kontak Anda. Jika belum, tambahkan nomor tersebut ke daftar kontak Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi “Kontak” atau “Kontak Telepon” di perangkat Anda.
  • Tambahkan nomor telepon penerima sebagai kontak baru dengan mengisi informasi yang relevan, seperti nama dan nomor telepon.
  • Simpan kontak tersebut.

Setelah Anda menyimpan nomor telepon penerima di daftar kontak Anda, Anda dapat mencoba mengirim pesan lagi di Telegram.

2. Minta Penerima Menyimpan Nomor Anda

Jika Anda yakin bahwa nomor telepon Anda seharusnya sudah ada di daftar kontak penerima, Anda dapat meminta mereka untuk menyimpan nomor Anda. Ini adalah langkah yang sangat berguna jika Anda tidak ingin mengungkapkan identitas Anda pada awalnya. Berikan nomor telepon Anda kepada mereka, dan jika mereka menyimpannya, Anda dapat mencoba mengirim pesan lagi.

3. Gunakan Telegram Username

Telegram memungkinkan pengguna untuk memiliki username unik yang dapat digunakan untuk berkomunikasi tanpa perlu mengungkapkan nomor telepon Anda. Jika Anda belum memiliki username di Telegram, Anda dapat membuatnya dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Telegram dan ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.
  • Buka “Pengaturan” (Settings).
  • Ketuk “Edit” di bawah “Nama Pengguna” (Username).
  • Pilih username yang Anda inginkan dan ketuk “Simpan.”
BACA JUGA  Caption IG buat pacar tapi gak lebay singkat (Inggris, Sunda dan Jawa)

Setelah Anda memiliki username, Anda dapat memberikannya kepada orang-orang baru yang ingin Anda hubungi di Telegram. Mereka dapat mencari Anda menggunakan username Anda tanpa perlu menyimpan nomor telepon Anda.

4. Gunakan Grup atau Kanal

Jika Anda ingin berkomunikasi dengan sejumlah orang yang tidak termasuk dalam daftar kontak Anda, pertimbangkan untuk membuat grup atau kanal di Telegram. Grup memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan beberapa orang dalam satu tempat, sementara kanal memungkinkan Anda mengirim pesan kepada audiens yang lebih besar. Orang-orang dapat bergabung dengan grup atau kanal Anda tanpa perlu menyimpan nomor telepon Anda.

5. Verifikasi Nomor Telepon Anda

Jika Anda baru membuat akun Telegram atau mengalami masalah terus-menerus dengan pesan kesalahan ini, pastikan bahwa nomor telepon Anda telah diverifikasi dengan benar di Telegram. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Telegram dan ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.
  • Buka “Pengaturan” (Settings).
  • Ketuk “Nomor Telepon” (Phone Number) dan verifikasi nomor telepon Anda.

Setelah Anda berhasil memverifikasi nomor telepon Anda, cobalah mengirim pesan lagi.

Baca juga Cara menghapus akun leomatchbot di Telegram

Kesimpulan

Pesan kesalahan “Maaf, Anda hanya dapat mengirim pesan ke mutual kontak saat ini” di Telegram muncul sebagai bagian dari sistem privasi yang kuat yang digunakan oleh platform ini. Namun, dengan mengikuti solusi-solusi di atas, Anda dapat tetap berkomunikasi dengan orang-orang baru tanpa harus mengungkapkan nomor telepon Anda. Telegram terus mengembangkan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lebih banyak orang, sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan baik dalam pengalaman berkomunikasi Anda.

BACA JUGA  Cara Melihat Story Instagram yang di Hide / Disembunyikan