Cara Mengatasi Unable to Install Grub in /dev/nvme0n1 di Linux Ubuntu

Jika Anda mengalami kesulitan saat menginstal Linux Ubuntu dan menerima pesan error “Unable to install Grub in /dev/nvme0n1,” jangan panik.

Artikel ini akan membimbing Anda melalui solusi praktis dan langkah-langkah mudah untuk mengatasi masalah ini agar proses instalasi dapat berjalan lancar.

Cara berikut bisa juga diimplementasikan pada OS turunan Ubuntu seperti Linux Mint dan lain-lain.

1. Periksa Koneksi Internet dan Sumber Instalasi

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa koneksi internet Anda stabil selama proses instalasi. Linux Ubuntu mungkin memerlukan unduhan tambahan selama instalasi. Selain itu, pastikan sumber instalasi, seperti USB atau DVD, tidak rusak atau tidak lengkap.

2. Gunakan Live USB atau CD Linux Ubuntu

Jika Anda terus menghadapi masalah dengan instalasi Grub, cobalah menggunakan Live USB atau CD Linux Ubuntu. Dengan mem-boot melalui perangkat ini, Anda dapat mengakses sistem secara langsung dan melakukan instalasi Grub secara manual.

3. Periksa Partisi /dev/nvme0n1

Pastikan bahwa partisi tempat Anda ingin menginstal Grub, yaitu /dev/nvme0n1, telah disiapkan dengan benar. Periksa apakah partisi tersebut sudah diformat dengan sistem file yang sesuai, seperti ext4.

4. Perbarui Repository dan Instal Ulang Grub

Buka terminal dan jalankan perintah berikut untuk memperbarui repository dan menginstal ulang Grub:

5. Periksa Pengaturan Boot di BIOS/UEFI

Pastikan pengaturan boot di BIOS atau UEFI telah diatur untuk mem-boot dari disk tempat Linux Ubuntu diinstal. Konfigurasi yang salah dalam urutan boot dapat menyebabkan masalah instalasi Grub.

BACA JUGA  apa perintah untuk menampilkan daftar image yang tersimpan pada mesin docker?

6. Perhatikan Partisi EFI (Jika Menggunakan UEFI)

Jika Anda menggunakan UEFI, pastikan Anda memiliki partisi EFI yang memadai. Grub memerlukan partisi ini untuk menyimpan file-file konfigurasi. Pastikan partisi EFI Anda cukup besar dan belum penuh.

7. Gunakan Boot Repair Tool

Boot Repair adalah alat yang dapat membantu memperbaiki berbagai masalah dengan Grub. Instal alat ini dengan perintah berikut:

8. Ganti Lokasi Instalasi Grub

Coba ganti lokasi instalasi Grub ke /dev/nvme0n1 secara langsung. Ini dapat dilakukan selama proses instalasi atau dengan menggunakan Live USB atau CD.

9. Periksa Ruang Kosong pada Disk

Pastikan bahwa ada ruang kosong yang cukup pada disk yang terkait dengan instalasi Linux Ubuntu. Jika disk penuh, instalasi Grub mungkin gagal.

10. Periksa Log Instalasi untuk Informasi Lebih Lanjut

Jika kesalahan tetap terjadi, cek log instalasi untuk mengetahui detail lebih lanjut. Gunakan perintah berikut:

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya Anda dapat mengatasi masalah “Unable to Install Grub in /dev/nvme0n1” di Linux Ubuntu. Pastikan untuk mencoba setiap langkah dengan hati-hati dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi setelah menerapkan langkah-langkah tersebut.

Selalu cadangkan data penting sebelum melakukan perubahan konfigurasi sistem untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini membantu Anda melanjutkan proses instalasi Linux Ubuntu dengan sukses!

BACA JUGA  Cara Mengatasi Executing grub-install Failed: Solusi Fatal Error di Ubuntu