Cara Mengatasi WordPress plugin update failed: -1

Cara Mengatasi WordPress plugin update failed: -1 – Jika Anda pernah mengalami masalah saat mencoba memperbarui plugin WordPress Anda dan mendapatkan pesan kesalahan “update failed: -1”, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara memperbaikinya.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab dan solusi untuk masalah ini.

Penyebab “update failed: -1”

Pesan kesalahan “update failed: -1” biasanya terjadi karena salah satu dari dua alasan berikut:

  • Ada masalah dengan koneksi internet Anda atau server Anda yang menghambat proses pembaruan.
  • Ada konflik dengan plugin lain atau tema yang Anda gunakan yang menyebabkan kesalahan saat memperbarui plugin tertentu.

Solusi “update failed: -1”

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

  • Pastikan koneksi internet Anda stabil dan cepat. Jika perlu, coba gunakan jaringan lain atau perangkat lain untuk memeriksa apakah masalahnya ada pada sisi Anda atau sisi server.
  • Periksa apakah ada pembaruan tersedia untuk WordPress, tema, atau plugin lain yang Anda gunakan. Kadang-kadang, versi lama dari komponen ini dapat menyebabkan konflik atau masalah kompatibilitas dengan plugin yang ingin Anda perbarui.
  • Nonaktifkan sementara semua plugin lain kecuali plugin yang ingin Anda perbarui. Kemudian, coba perbarui plugin tersebut dan lihat apakah berhasil. Jika ya, maka ada kemungkinan ada plugin lain yang menyebabkan konflik. Anda dapat mengaktifkan kembali plugin lain satu per satu dan mencari tahu mana yang bermasalah.
  • Ganti tema Anda dengan tema default WordPress seperti Twenty Twenty-One. Kemudian, coba perbarui plugin tersebut dan lihat apakah berhasil. Jika ya, maka ada kemungkinan ada tema Anda yang menyebabkan konflik. Anda dapat mencari tahu apakah tema Anda kompatibel dengan plugin tersebut atau mencari tema alternatif yang lebih cocok.
  • Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba memperbarui plugin secara manual melalui FTP. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh versi terbaru dari plugin dari situs web pengembangnya atau repositori WordPress. Kemudian, Anda perlu menghapus folder plugin lama dari direktori wp-content/plugins di server Anda menggunakan klien FTP seperti FileZilla. Setelah itu, Anda dapat mengunggah folder plugin baru ke lokasi yang sama dan mengaktifkannya kembali di dasbor WordPress.
BACA JUGA  Cara Setting Plugin WebP Express di WordPress

Kalau cara diatas belum bisa berhasil juga, lakukan cara ini:

  • Hapus plugin Starter Template by WPAstra
  • Lalu install kembali versi terbaru.
  • Selanjutnya coba lakukan update plugin yang lain.

Baca juga: FIX Masalah WP Rocket Tampilan Muncul Karakter Aneh dan Download File Otomatis

Semoga artikel ini membantu Anda menyelesaikan masalah “update failed: -1” saat memperbarui plugin WordPress Anda. Jika Anda masih mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.