6 Jenis-Jenis Layanan Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui

Sawal Walker, 6 Jenis-Jenis Layanan Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui – Sebutkan jenis-jenis layanan hosting?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang jenis-jenis layanan web hosting yang biasa ditawarkan oleh peruhaan hosting. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai jenis-jenis hosting secara lengkap di sebutkan yang ada dibawah berikut ini.

Apakah Anda memerlukan tempat untuk menyimpan situs web Anda tetapi bingung dengan berbagai jenis hosting web? Menemukan hosting web yang tepat untuk diri Anda sendiri memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Bahkan jika Anda telah melalui daftar web hosting terbaik, Anda mungkin masih terjebak dengan beberapa tanda tanya seperti apa situs web yang tepat untuk Anda.

jenis jenis layanan hosting

6 Jenis Layanan Hosting Yang Biasa Anda Temukan

Untuk Anda yang masih bingung mengenai jenis layanan hosting yang tepat untuk Anda, berikut ini adalah beberapa jenis hosting yang bisa Anda perlu ketahui :

1. Shared hosting

Dengan shared hosting, situs Anda berada di server yang sama dengan banyak situs web lain. Shared hosting adalah opsi termurah yang bisa Anda temukan di mana Anda mendapatkan domain sendiri. Jenis layanan hosting ini umumnya paling cocok untuk situs web kecil tanpa banyak lalu lintas.

Ketika Anda mendaftar untuk paket shared hosting, situs web Anda akan berbagi ruang di server dengan situs web lain. Untuk membuat hal-hal lebih efisien layanan ini dapat menawarkan opsi hosting murah di mana perusahaan hosting menempatkan banyak pengguna di server yang sama.

Beberapa server dapat memiliki lebih dari 1.000 pengguna. Ketika Anda mempertimbangkan bahwa setiap pengguna dapat memiliki beberapa situs, tergantung pada rencana yang mereka daftarkan, Anda akan segera menyadari bahwa satu server dapat memiliki sebanyak 5.000 situs.

2. Free web hosting

Tidak ada yang namanya tumpangan gratis meskipun Anda pikir Anda mendapatkan hosting gratis dengan layanan free web hosting. Dengan layanan hosting web gratis, Anda tidak secara teknis membuat situs web sendiri, tetapi membuat satu halaman atau lebih di situs web orang lain.

Misalnya, WordPress memungkinkan Anda membuat situs atau blog gratis di situs web wordpress.com. Namun, Anda akan menemukan bahwa situs web Anda sebenarnya adalah subdomain dari domain yang lain.

Dengan kata lain, alih-alih www.yourwebsite.com, URL akan menjadi www.yourwebsite.wordpress.com. Layanan hosting akan memberi Anda pilihan untuk menjatuhkan bit WordPress, tetapi Anda harus membayar hak istimewa.
Dengan kata lain, layanan web ini gratis hanya selama Anda tidak keberatan memiliki WordPress di URL Anda saja. Jika Anda hanya tertarik pada hosting hanya karena Anda ingin memiliki blog Anda sendiri untuk mengekspresikan pemikiran pribadi Anda, maka free web hosting mungkin lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda.

3. Virtual Private Server (VPS) Hosting

Virtual Private Server (VPS) Hosting adalah langkah selanjutnya dari shared hosting. Layanan hosting ini adalah opsi yang cukup populer bagi pemilik situs web yang mencari peningkatan dari hosting bersama karena cukup seimbang dari semua sudut pandang, termasuk biaya.

Server VPS masih mengharuskan Anda untuk berbagi ruang dengan pengguna lain di server fisik yang sama, tetapi cara ini bisa dicapai sepenuhnya, berbeda dengan shared hosting. Dengan server VPS, Anda jarang akan memiliki lebih dari 20 pengguna. Manfaat sebenarnya dengan menggunakan VPS adalah pengoperasian hadir dalam bentuk monitor mesin virtual atau hypervisor.

Hypervisor adalah bagian dari perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengoperasikan beberapa mesin virtual pada satu komputer (jdikenal sebagai mesin host) seperti memiliki beberapa komputer virtual pada server yang sama. Masing-masing mesin memiliki jumlah kecepatan CPU, RAM, dan ruang HDD khusus mereka sendiri.

Keuntungannya dengan menggunakan VPS adalah bahwa pengguna tidak dapat memonopoli lebih dari jumlah sumber daya yang telah dialokasikan, sehingga memastikan situs web lain tidak menderita. Jadi, jika situs web pengguna lain mencapai batas sumber daya mereka, situs mereka mungkin turun, tetapi itu tidak akan memengaruhi hosting Anda dengan cara apa pun.

4. Dedicated Server Hosting

Dengan dedicated server hosting, koding yang salah atau situs web yang bermasalah bukan salah siapa pun selain milik Anda karena Anda benar-benar sendirian di server. Jadi, langsung saja, satu manfaat dari hosting khusus ini adalah Anda tidak perlu khawatir tentang situs orang lain yang memonopoli sumber daya Anda, seperti halnya dengan paket VPS.

Saat Anda menggunakan paket khusus, beberapa penyedia sangat senang membiarkan Anda menyesuaikan server hingga tingkat tertentu. Anda mungkin dapat memilih berapa banyak dan apa jenis RAM untuk melengkapi server, serta hardware lainnya, dan Anda juga dapat memutuskan sistem operasi yang menjalankan server.

Dengan kata lain, Anda akan dapat membuat perubahan apa pun yang Anda butuhkan, yang bisa berguna jika Anda berencana menjalankan perangkat lunak khusus di server. Jika teknologi server Anda bukan urusan Anda dan fleksibilitas yang disebutkan di atas membuat Anda takut, Anda dapat memilih rencana terkelola, tetapi Anda masih harus melakukan beberapa hal sendiri.

5. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin jarang Anda temui pada semua penyedia layanan web hosting.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi cloud yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara. Inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Cloud hosting menjelaskan metode mengkonfigurasi server dalam cara yang fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur, dan dapat diandalkan dalam infrastruktur website.

Memang cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan harga paket shared hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang Anda pakai, namun ini akan cocok bagi situs yang berkembang setiap waktu dan menggunakan cloud hosting akan mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

6. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah salah satu jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress.

Seperti yang kita ketahui bahwa WordPress adalah platform website terpopuler dan menguasai semua jenis platform yang ada sekarang, dengan mengetahui hal tersebut banyak penyedia layanan hosting membangun server mereka khusus untuk pengguna WordPress dan bahkan perusahaan hosting seperti Gapurahoster memiliki paket hosting khusus untuk menjalankan WordPress.

Kelebihan menggunakan hosting jenis ini dibanding dengan hosting lain saat anda menjalankan WordPress adalah pada sisi server yang sudah di optimalkan secara khusus agar WordPress berjalan dengan baik, selain itu masih terdapat banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti backup otomatis, mekanisme keamanan, dan lain-lain.

Baca juga 2 Cara Menurunkan Bounce Rate Tanpa Plugin

Penutup

Bagaimana? Manakah jenis layanan hosting di atas yang paling cocok untuk Anda gunakan? Apakah shared hosting, free web hosting, VPS hosting atau dedicated server hosting?

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang 6 Jenis-Jenis Layanan Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui. Sekian dan terima kasih telah mengunjungisawalwalker.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel WordPress berikutnya.

Referensi: puskomedia.id

Leave a Comment