5 Keperluan Menikah Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Sawal Walker, 5 Keperluan Menikah Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan – Tahukah Anda jika menjelang pernikahan banyak sekali yang harus disiapkan. Hal tersebut terkadang membuat calon pengantin pusing tujuh keliling serta lelah untuk mempersiapkan segalanya saat acara pernikahan berlangsung berjalan lancar. Apalagi jika memang Anda mau dalam acara pernikahan Anda istimewa dan bisa jadi kenangan seumur hidup dari orang-orang terdekat.

Maka dari itu persiapan acara pernikahan dilaksanakan jauh-jauh hari agar tidak keteteran. Karena memang tidak salahnya Anda bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari bukan?, apalagi sebelum hari pernikahan itu sendiri ditetapkan.

Keperluan Menikah Apa Saja Mesti Dipersiapkan Menuju Akad dan Resepsi

Jadi, agar semuanya lancar dan berjalan sesuai rencana semuanya harus dipersiapkan yuk, langsung intip saja artikel yang kami buat ini tentang keperluan menikah apa saja yang harus disiapkan.

1. Gaun Pengantin

Keperluan Menikah Apa Saja 1

Banyak dari wanita yang belum menikah memimpikan saat menikah kelak menggunakan gaun yang sederhana yang sedikit klasik. Namun ada pula yang ingin memakai kebaya tradisional atau pakaian adat sesuai daerah asal. Nah, perlu calon pengantin ingat apapun jenis model pakaian pengantin yang dikenakan, menyiapkan jauh-jauh hari akan jauh lebih baik.

Tinggal Anda putuskan saja ingin menyewa atau membuat sendiri. Apabila menyewa Anda bisa segera mencari penyewaan gaun pengantin sedini mungkin. Sedangkan jika Anda ingin membuat bisa dilakukan menyicil bahan dari sekarang yang membuat hal tersebut jauh lebih baik pastinya. Perlu diingat pula untuk membuat bahan-bahan kain seragam untuk kerabat. KArena bahan atau kain itu bisa disimpan sampai kapanpun sehingga tidak perlu khawatir rusak jika menyimpannya dengan cara baik.

2. Sepasang cincin nikah

Keperluan Menikah Apa Saja 2

Satu set cincin pernikahan merupakan simbol dari sesuatu yang saling melengkapi. Saat telah berumah tangga nantinya pasti terkadang akan merasakan keadaan yang pahit, kadang pula manis. Seperti roda yang berputar yang kapan ada saatnya kita berada diatas atau saat bahagia terkadang pula dibawah atau saat merasa kesedihan.

Maka dari itu dari keadaan tersebut calon pengantin harus bisa saling menyikapinya. Seperti sama bulatnya roda, cincin juga mempunyai kesamaan saat telah terpasang di jari manis masing-masing pengantin. Jadi jika terjadi masalah maka ingatlah bahwa Anda pernah merasa bahagia saat bersama pasangan Anda. 

3. Memilih tempat pernikahan

Keperluan Menikah Apa Saja 3

Anda bisa memilih saat ini juga anatar menyewa gedug atau memanfaatkan halaman sendiri. Jika Anda dan pasangan Anda ingin menyewa gedung, sekiranya bergegas untuk mencari gedung yang sesuai dengan budget. Namun jika ingin mengadakan acara pernikahan di halaman rumah sendiri.

Hal yang perlu dipersiapkan pertama yakni tenda dan dekorasi. Sehingga pas hari H nanti sudah lengkap semua kebutuhan yang harus diperlukan, karena sudah tahu tempat menyewa gedung atau tenda dan perlengkapannya dimana.

4. Makanan

Keperluan Menikah Apa Saja 4

Selain memikirkan tempat pernikahan dan gaun pengantin, Anda juga harus memikirkan katering untuk makanan tamu Anda. KArena hal tersebut jadi hal utama yang harus benar-benar diperhatikan baik-baik. Anda harus benar-benar juga mempersiapkan jauh-jauh hari secara matang karena menyangkut jamuan untuk tamu undangan. Anda tidak boleh sembarangan memilih katering, karena tujuannya disini agar para tamu undangan merasakan kebahagiaan dari pasangan pengantin dengan mencicipi hidangan yang disajikan. 

Jadi, jika Anda datang ke undangan pernikahan teman atau saudara Anda bisa icip-icip dan memilih jasa makanan mana yang menurut Anda lebih baik. Sehingga Anda bisa mengira-ngira jasa katering mana yang juga sesuai budget. Karena demi memuaskan tamu dengan baik Anda harus juga mempersiapkan katering jauh-jauh hari.

Baca juga: Tips Memilih Catering Enak dan Murah Bogor untuk Kepuasan Tamu

5. Souvenir

Hal ini terkadang disipakan oleh calon pengantin secara mendadak. Souvenir memang terlihat sepele, alasannya karena barang tersebut sangatlah mudah untuk diperoleh.

Padahal jika tidak dipersiapkan jauh-jauh hari oleh calon pengantin, hal sepele tersebut bisa menjadi pusing karena dilakukan secara mendadak sebelum hari H. 

Jadi, apabila Anda tidak perlu memikirkannya lagi, maka Anda bisa mempersiapkan souvenir apa yang akan diberikan tamu jauh sebelum hari H. 

Penutup

Mengurus pernikahan memanglah sangat ribet tapi hal tersbut semua jadi salah satu wujud ibadah dan rasa syukur bagi kedua mempelai. Jika sudah mulai di siapkan dari jauh-jauh sekarang, semoga saja semuanya berjalan dengan lancar. Nah, demikianlah 5 daftar hal menikah apa saja yang perlu Anda persiapkan. Bagaimana menurut kamu? Ada yang lain? Share yuk di kolom komentar.

Leave a Comment