Optimasi Bisnis dengan Digital Marketing

Sawal Walker, Optimasi Bisnis dengan Digital Marketing – Digital marketing adalah pemasaran bisnis yang dilakukan melalui perangkat digital dan jaringan internet. Ada beberapa kanal online yang sering digunakan para pemasar, seperti email, mesin pencari, dan media sosial. Tujuan pemasaran secara digital ini tak lain untuk memasarkan produk atau jasa secara efektif.

Optimasi Bisnis dengan Digital Marketing

Namun, tren digital marketing semakin meningkat dalam lima tahun terakhir. Semakin banyak orang memilih ponsel pintar untuk menghabiskan waktu, semakin besar pula peluang pasar digital marketing. Memasarkan produk atau jasa melalui televisi dipandang sudah ketinggalan zaman. Banyak pemilik bisnis berlomba-lomba menggelontorkan anggaran lebih besar dalam digital marketing.

Mengapa digital marketing begitu populer belakangan ini? Bagaimana digital marketing bekerja hingga mengoptimalkan bisnis Anda? Yuk, simak uraian berikut.

Mengapa Digital Marketing Populer?

Semua jenis usaha membutuhkan pemasaran agar produk atau jasanya dikenal masyarakat. Bukan hanya dikenal, tetapi juga supaya penjualan dan jumlah konsumen meningkat. Digital marketing adalah teknik pemasaran dengan media digital yang dipandang paling efektif dan efisien di era digital seperti sekarang.

Optimasi Bisnis dengan Digital Marketing 1

Perlu Anda tahu bahwa dalam berbisnis, persaingan akan selalu ada. Untuk memenangkan persaingan tersebut, Anda perlu menggunakan teknik marketing terbaik agar bisnis Anda tetap bisa bersaing dengan kompetitor. Ada 4 alasan mengapa digital marketing kian populer, yaitu:

1. Konsumen lebih menyukai media digital

Berapa banyak Anda menghabiskan waktu dengan ponsel pintar dalam sehari? Berapa lama Anda bisa mengintip Instagram Stories atau feed Facebook? Semua kebiasaan itu menunjukkan bagaimana saat ini orang menghabiskan waktu lebih banyak dengan media digital. Selain mudah diakses, orang merasa lebih praktis “window shopping” melalui aplikasi atau website sebelum memutuskan membeli.

2. Konsumen mudah mendapatkan informasi

Saat Anda mencari suatu barang, apa yang pertama kali Anda lakukan? Ya, mengetik kata kunci di mesin pencari. Google bisa memberikan informasi yang Anda perlukan, mulai dari deskripsi, harga, ketersediaan barang, dan lokasi penjual. Mudah dan cepat!

3. Konsumen bisa membeli kapan saja dan di mana saja

Dengan memasarkan bisnis secara digital, konsumen mudah untuk mengakses toko Anda kapan saja dan di mana saja. Malah, toko Anda tampak aktif 24 jam. Konsumen bisa membuka website atau marketplace kapan saja untuk berbelanja. Bahkan, sekalipun lokasi mereka berada di ujung timur Indonesia, pembelian barang tetap bisa dilakukan karena barang akan dikirim sampai ke rumah pembeli.

4. Biaya digital marketing relatif bersahabat

Saat mendirikan toko, Anda perlu memasang plang, spanduk, membuat brosur, atau beriklan di koran agar orang datang ke toko. Namun, dengan pemasaran digital Anda cukup melakukan strategi pemasaran seperti SEO, iklan berbayar, endorse, dan paid promote dengan harga jauh lebih bersahabat ketimbang beriklan di media konvensional.

Strategi Digital Marketing untuk Optimasi Bisnis

Salah satu keuntungan digital marketing adalah Anda bisa menjangkau target pasar tepat dengan mendefinisikan secara spesifik kriterianya. Riset dasar perlu Anda lakukan, seperti mengenali siapa target pasar, apa yang mereka butuhkan, bagaimana cara mereka berkomunikasi, apa minat mereka, bagaimana perilaku pembelian mereka, dan sebagainya.

Optimasi Bisnis dengan Digital Marketing 2

Dengan riset pasar terperinci, pemasaran yang Anda lakukan akan jauh lebih efisien dan efektif. Anda tidak buang-buang waktu dengan memasarkan produk atau jasa pada calon pembeli yang kurang potensial.

Mempersempit target pasar adalah langkah pertama yang perlu Anda ambil dalam menjalankan strategi digital marketing. Kemudian, Anda bisa mencoba 6 taktik digital marketing berikut ini.

1. Organic campaign melalui media sosial

Adalah fakta bahwa sebagian besar pengguna internet aktif di media sosial. Maka, kanal media sosial menjadi tempat tepat untuk membagikan konten, mengarahkan traffic ke website, dan terlibat langsung dengan konsumen. Bisnis online pun wajib mempunyai akun di Twitter, Facebook, Instagram, atau LinkedIn.

2. Memanfaatkan iklan berbayar

Iklan berbayar di media sosial seperti Facebook Ads dan Instagram Ads efektif untuk menjangkau segmen tertentu.

Anda bisa mengidentifikasi siapa saja yang akan melihat, tertarik, dan berpeluang membuka iklan itu.

3. Mengoptimalkan content marketing

Fokus pada menciptakan dan membagikan konten bernilai, bermanfaat, relevan, dan konsisten.

Ini perlu agar konten Anda bisa menarik dan membuat audiens bertahan, serta memicu tindakan menguntungkan dari mereka.

4. Kembali ke email marketing

Email marketing dipandang sebagai cara personal membangun kedekatan dengan pelanggan, tetapi juga bisa menarik traffic ke website atau portal konten lainnya.

5. Bekerja sama dengan influencer

Bekerja sama dengan nano-influencer dan micro-influencer menjadi bagian dari tren media sosial tahun 2020, serta membantu bisnis Anda lebih bergaung di dunia maya.

6. SEO untuk jangka panjang

SEO atau search engine optimization yang tepat akan membantu bisnis Anda mengarahkan traffic secara organik ke website.

Ini cara ampuh guna mempertahankan posisi website Anda dalam waktu lama di halaman pertama hasil pencarian.

Baca juga: Jasa Penulis Artikel SEO

Penutup

Usai menyimak uraian di atas, digital marketing adalah strategi paling mumpuni yang wajib diterapkan untuk mengembangkan bisnis Anda saat ini. Menyisihkan waktu, tenaga, dan modal dalam digital marketing menjadi sebuah investasi penting dalam menempatkan bisnis Anda di peta persaingan bisnis.

Jika masih bingung atau Anda membutuhkan jasa digital marketing agency yang terpercaya, Anda bisa menggunakan jasa dari SAB Digital Agency. Mereka akan membantu Anda untuk menerapkan strategi digital marketing yang dengan kebutuhan dan target bisnis Anda. Kunjungi websitenya di www.sab.id atau telefon di 0811326588.

Jadi, siapkah Anda menerapkan digital marketing untuk optimasi bisnis?

Leave a Comment